PT Asjaya Indosurya Securities, Customer Relationship Leader

PT Asjaya Indosurya Securities

Advertised: 20-1-11 | Closing Date: 19-2-11


PT. Asjaya Indosurya Securities adalah sebuah perusahaan nasional. Perusahaan ini sudah berdiri  sejak 19 Oktober 1989. Perkemabnagna perusahaan ini didukung oleh para profesional yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Perkembangan perusahaan ini selalu didukung oleh pertumbuhan dan perkembangan yang dilakukan terutama di divisi online trading.

Sejalan dengan tujuan perusahaan yaitu untuk melakukan perluasan dan pengembangan perusahaan, kami mengundang para pekerja muda dan yang berpotensi  dan berorientasi masa depan untuk tumbuh bersama dalam satuan perdagangan online kami. Berikut ini adalah lowongan kerja yang ada di perusahaan kami dan sangat kami butuhkan:


Customer Relationship Leader
(Pelamar diharapkan dapat bekerja di  daerah Jakarta Raya)

Apabila Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan kami, maka Ada dapat memerhatikan beberapa ketentuan yang diperlukan yaitu sebagai berkut:


  1. Pelamar adalah seorang laki-laki, belum menikah dan belum memiliki anak dengan usia maks. 28 tahun
  2. Pelamar memiliki latar belakang pendidikan yang baik yaitu minimal mengantongi sarjana D3 dari universitas terkemuka di Indonesia ,aupun di luar negeri
  3. Apabila Anda memiliki  WPPE, maka akan lebih diprioritaskan
  4. memiliki  pengalaman sekurang-kurangnya 2 tahun kerja dalam pemasaran di asuransi perbankan, sekuritas atau industri properti
  5. Diprioritaskan bagi mereka yang memiliki pemahaman tentang saham Indonesia, Pasar Modal Industri atau Lembaga Keuangan
  6. Memiliki kemampua kepemimpinan yang baik, mampu bekerja dibawah tekanan dan menyukai tantangan
  7. Dapat mengoperasikan komputer dan miliki kemampuan yang memadai untuk bekerja di lingkungan komputerisasi
  8. Kemampuan untuk berbicara bahasa asing akan diperhitungkan



CV Anda dapat dikirim ke:

HRD Online Trading Division
PT. Asjaya Indosurya Securities
Gd. Grha Surya Lt. 2,
Jl. Setiabudi Selatan 1 Kav.9, 12920 Kuningan
Jakarta Selatan.
Email : karir@itradeindonesia.com

PT Artha Nusa Sembada, Staff IT

Jaman IT begini, hampir semua perusahaan harus punya staff IT. Gimana enggak. Kalo nggak mampu menyesuaikan dengan perkembagan zaman, tentu saja perusahaan tersebut akan dkebut, disusul oleh yang lainnya. Nah, kali ini Anda para ahti IT diundang untuk menjalin kerjasama dengan PT Artha Nusa Sembada

Advertised: 28-1-11 | Closing Date: 27-2-11

..... DIBUTUHKAN SEGERA .....

PT Artha Nusa Sembada adalah perusahaan holding company Bank Perkreditan Rakyat yang tersebar di Sumatera dan Jawa. Saat ini, perusahaan yang sedang berkembang ini sangat membutuhkan tenaga ahli di bidangnya untuk menduduki jabatan sebagai :


Staff IT
(Calon pelamar harus memastikan bahwa dirinya mampu bekerja di daerah sekitar Jakarta Raya)


Beberapa ketentuan yang diperlukan apabila Anda ingin mendaftar dalam perusahaan ini adalah sebagai berikut:


  1. Calon pelamara adalah seorang laki-laki. (mohon maaf, pekerjaan ini cukup sulit dan tidak mungkin dipegang oleh seorang wanita. Apabila Anda seorang wanita, sebaiknya jangan berharap untuk melamar)
  2. Pelamar adalah fresh graduates
  3. Pelamar belum menikah, dan juga belum memiliki anak
  4. Pelamar memiliki latar belkanag pendidikan yang sesuai yaitu Jurusan Teknik Informatika, dan harus lulus dengan nilai yang sangat memuaskan, tepatnya: IPK di atas 3.00
  5. Menguasai JSP dengan framework hybernate dan strats
  6. Pernah mengembangkan aplikasi berbasis web. Apabila Anda memiliki daftarnya silakan cantumkan di CV Anda. Hal ini akan menjadi nilai tambah


Bagi peminat, silakan mengirimkan CV, pas foto terakhir dan dokumen-dokumen pendukung lainnya melalui email.

Segera kirimkan.

Email : hrd@group-ans.com

PT Siba Mandiri ( Semarang ), Manager Finance & Accounting

PT Siba Mandiri ( Semarang )


PT SIBA MANDIRI adalah perusahaan trading dengan misi "Satu Untuk Semua" yang bergerak dibisang penjualan Automative Truck, Spare Part, Ban dan perlengapannya di seluruh wilayah Indonesia.

Saat ini perusahaan ini sedang membutuhkan tenaga ahli untuk menduduki jabatan berikut ini:

Manager Finance & Accounting ( MA )
(Jawa Tengah - Semarang)


Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengirimkan surat lamaran kepada perusahaan ini adlah sebagai berikut:

  • Mempu mengidentifikasi berbgaai isu yang sednag terjadi dan mengaitkannya dengan trend yang akan terjadi kemudian, membuat rekomendasi untuk sebuah pengembangan. menyiapkan perencanaan bisnis untuk pengembangan kapital.
  • membuat manajemen penasihat dengan analisi dan rencana didampingi dengan goak dari perusahaan.
  • Bertanggung jawab dalam mengamati perubahan dan grafik akuntasi/keuangan secara terpadu, terjadwal dan teratur
  • Bertanggung jawab dalam up to date AR payment record
  • Membuat reiew.tinjau ulang dan persiapan untuk sebuah ramalan finansial 
  • Mampu menyiapkan budget tahunan dan rencana strategis
  • Mampu memaksimalkan efisiensi harga dan keuangan dan membantu perusahaan dalam membawa bisnisnya ke depan
  • Memainkan peran aktif


Requirements:


S1 Akuntansi / Pajak dengan Brevet A - B sertifikat
Perempuan antara 28 sampai 40 tahun dengan 4 tahun pengalaman minimum
bekerja dengan jam kerja yang fleksibel untuk memenuhi batas waktu
Antusias orang dengan perhatian yang tinggi untuk rincian
Memiliki keterampilan interpersonal yang kuat dengan kemampuan untuk komunikasi
Mampu menjaga prosedur akuntansi dengan departemen lain
Keterampilan dalam pemecahan masalah yang kuat
Bijaksana dalam waktu dan manajemen
Kepemimpinan yang baik, pemikiran konseptual dan analitis
Komunikasi yang baik dan kemampuan presentasi yang baiik
Teliti, mandiri, waktu sadar dan memiliki tingkat integritas tinggi
Berkepribadian ramah dengan keterampilan interpersonal yang baik dan sikap positif



Kirim lamaran di lengkapi CV, pas photo, Ijazah dab Surat Referensi di sertai Gaji yang di minta di kirim ke alamat :

MT Haryono 760 - 762 Blok C Semarang
atau
sibamandiri@hotmail.com

PT. Asjaya Indosurya Securities, Regional Relationship Manager

Advertised: 20-1-11 | Closing Date: 19-2-11


PT. Asjaya Indosurya Securities adalah sebuh perusahaan yang sudah lama berdiri. Tepanya pada tanggal 19 Oktober di tahun 1989. Perusahaan ini dibangu oleh pengalaman yang profssional dan para ahli di bidangnya. Pada saat ini, tentunya searaha dengan pertumbuhan dan perkembangan yang sedang berlangsung, perusahaan ini telah memiliki sebuah divisi perdagangan yang disebut dengan INdosurya Trade.

Dengan berdasarakan pada keinginan perusahaan untuk melakukan ekspansi dan selalu melakukan perkembanga, perusahaan ini mengundang Anda semua, para pekerja muda, yang memiliki orientasi ke masa mendatang, dan memiliki potenis yang cukup baik untuk bekerja di perusahaan ini untuk tumbuh bersama dalam unit kami sebagai seorang

Regional Relationship Manager
(Pelamar akan bekerja di Jakarta Raya apabila diterima di perusahaan kami)

Berikut ini adalha beberapa ketentuan bagi pelamar yang ingin mengisi lowongan kerja kami:
Sedikitnya memiliki gelar bachelor dalam Marketing Management/Finance/Banking dan berasal dari sekolah/universitas yang memiliki reputasi yang baik
Minimal memiliki pengalaman selama 5 tahun di bidang on-lie trading capital markets industries atau Financial Institutions
Sangat diutamakan bagi mereka yang meiliki pengalaman dan pengetahuan yang mendalam mengenai Indonesian stocks
Apabila memiliki WPPE liscence, maka akan menjadi nilai tambaha dalam seleksi calom pelamar di lowongan pekerjaan ini
Memiliki kemampuan yang baik dalam benegosiasi dengan orang lain dan memilik jiwa kepemimpinan yang baik.
Mampu bekerja di bwah tekanan dan memiliki semangat perjuanga yang baik dalam menghadapi berbagai masalah yang menghadang
Memiliki kemampuan yang baik dalam Bahasa Inggris. Bahasa dalam bentuk lisan dan tulisan tentunya.
Selain itu, jjuga harus memiliki kemampuan mengoperasikan komputer dengn baik, khususnya Excel.

Please send your CV to :

HRD Online Trading Division
PT. Asjaya Indosurya Securities
Gd. Grha Surya Lt. 2,
Jl. Setiabudi Selatan 1 Kav.9, 12920 Kuningan
Jakarta Selatan.
Email : karir@itradeindonesia.com

Staf Keuangan Pajak, CV. MEDIATAMA

Sedang mencari lowongan kerja? Saat ini infomrasi berikut akan menjadi berahrag bagi Anda. Sebuah CV bernama CV Mediatama saat ini memerlukan Anda yang cukup qualified di bidang keuangan pajak. CV. MEDIATAMA ini merupakan perusahaan Penerbit dan dan Percetakan. Saat ini perusahaan ini sudah mencetak berbagai jenis bentuk dalam berbagai jenis barang. Tentunya, perusahaan ini sudah berskala nasional, yang artinya adalah merupakan perusahaan yang cukup baik untuk mendukung perkembangan individual Anda. Saat ini perusahaan ini sedang membutuhkan untuk posisi :


Staff Keuangan Pajak
(Jawa Tengah - Surakarta)


Adapun beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut (merupakan bagia dari jb description yang kemudian akan dijelaskan dengan lebih terperinci apabila Anda dinyatakan lulus untuk menjadi pegawai kami)

Membuat SSP dan bukti potong pajak, Laporan Pajak ( PPN ,PPH ) dan melaporkan ke Kantor Pajak, agar kewajiban pajak perusahaan dapat dipenuhi dengan baik sesuai aturan yang berlaku.
Melakukan pembayaran pajak ke Bank/Kantor Pos, dan koordinasi dengan bank agar kewajiban perusahaan dalam hal pajak dipenuhi dengan baik
Menerima daftar rekapitulasi absensi karyawan, berikut potongan-potongan gaji dari Human Resources Department, untuk memastikan perhitungan gaji bulanan dilakukan secara benar dan akurat.
Membuat daftar gaji, slip gaji, laporan transfer ke rekening masing-masing karyawan




Adapun beberapa ketentuan yang harus Anda perhatikan adalah sebagia berikut:

Peamar adalah seorang wanita dengan batas usia tertinggi yaitu 30 tahun
Memiliki latar belakang pendidikan Min. D3 Pajak / S1 Akuntansi dari universitas terkemuka
Sudah memiliki kendaraan dan juga mampu mengendarai motor, atau memiliki SIM C
Menguasai Ms.Office jenis apapun

Kirimkan surat lamaran, cv, ijazah, dan transkrip" dengan format pdf.

Segera kirimkan lamaran dan CV ke :

HRD DEPT CV. MEDIATAMA
Jl. Adi Sumarmo No. 331 Klodran Surakarta
atau email ke ; hrdmediatama@yahoo.co.id

PT Artha Nusa Sembada, Staf Analis

PT Artha Nusa Sembada adalah sebuah perusahaan holding company Bank Perkreditan Rakyat. Hingga saat ini, perusahaan ini udah tersebar sangat luas. Khususnya di di Sumatera dan Jawa. Bagi Anda yang merasa cukup berminat, cobalah untuk melamar. Saat ini, perusahaan PT Artha Nusa Sembada sedang membutuhkan  tenaga ahli di bidangnya untuk menduduki jabatan sebagai :


Staf Analis

Staf analis yang dibutuhkan adalah untuk perusahaan yang berada di kawasan Jakarta Raya.


Apabila ada salah satu di anatara Anda yang berminat, saran saya, Anda segera menghubungi perusahaan terkait segera atau mengirimkan lamaran. Berikut ini adlaah beberapa etentuan yang diberikan oleh perusahaan PT Artha Nusa Sembada apaliba Anda berminat untuk memenduudki jabatan Staf Analis di perusahaan tersebut.


  1. Pelamar adalah seorang Laki-laki / Perempuan
  2. Anda boleh seorang Fresh graduates, dengan ketentuan khusus yaitu belum menikah dan belum memiliki anak
  3. pelamar harus lulus dari Jurusan akuntansi, dengan persyartana khusus yaitu memiliki IPK atau indeks prestasi kumulatid atau GPA minimal 3.00. IPK tinggi diutamakan.
  4. Pelamar sudah menguasai bagaimana caranya memanajemen keuangan dan akuntansi perbankan

Apabila Anda meras abahwa Anda adalah orang tepat yang dicari oleh perusahaan ini serta merasa cukup qualified untuk memegang jabatan ini, maka saran kami Anda segera mengirimkan CV. Jangn lupa sertakana pula pas foto terakhir dan dokumen-dokumen pendukung lainnya yang sekiranya dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi perusahaan kami. Surat lamara yang Anda butuhkan dapat dikirim melalui email dalam waktu 2 ( dua ) minggu melalui alamat email dibawah ini.

ket: apabila Anda merasa belum qualified, jangan kirimkan CV Anda.

Email : hrd@group-ans.com

Administrator di Marketing Sentratama Indonesia (Frontier Consultant group)

Marketing Sentratama Indonesia (Frontier Consultant group)

Advertised: 27-1-11 | Closing Date: 26-2-11

Anda suka dengan marketing? Merasa menjadi seseorang yang cukup kreatif dan sesuai dengan kualifikais yang kami berikan? Sebuah perusahaan Interior Design dari Singapura yang bercabang di Kelapa Gading, Jakarta membutuhkan beberapa kandidat untuk menempati posisi


Administrator
(Jakarta Raya)



Apabila Anda berminat, Anda dapat melihat terlebih dahulu beberapa kualifikasi yang diperlukan utuk dapat menduudki posisi yang saat ini dibutuhkan oleh perusahaan terkait. berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

Pelamar adalah seorang wanita/pria
usia yang diperbolehkan untuk melamar hanya bagi yang berusia 25 - 35 tahun.
Pendidikan minimal yang diperlukan adalah Diploma di bidang Administrasi, keuangan atau akuntansi
Memiliki pengalaman yang cukup memadai di bidang yang berhubungan min 1 (satu) tahun sebelumnya.
Memiliki kemampuan yang baik dalam mengoperasikan komputer (MS Office)
Memiliki kemampuan yang baik dalam menggunakan aplikasi akuntansi seperti Quickbooks (kemampuan untuk mengoperasikan program ini sangat diperlukan karena merupakan program keuangan yang sangat bagus dan direkomendasikan)
Memiliki kemampuan berbahasa Inggris lisan dan tulisan yang baik. tentunya, Anda akan sangat dekat dalam hal ini.
Dapat berbicara dalam bahasa Mandarin merupakan sebuah nilai tambah lain yang pastinya akan sangat diperlukan oleh kami
memiliki jiwa pekerja keras, bertanggung jawab serta mandiri dalam berbagai urusan pribadi

apabila ada hal yang ditanyakan Anda dapat bertanya setelah Anda diterima atau dengan terlebih dahulu mengirimkan surat lamaran Anda.

Kirimkan CV, transkrip terakhir dan pasfoto terbaru ke:

Perkantoran Gading Bukit Indah M/15- M/16
Jl. Bukit Gading Raya, Kelapa Gading Permai,
Jakarta Utara 14240.
Email: office@frontier.co.id

Staf Akuntan PT. Royal Korindah

Mnjadi seornag akuntan merupakan hal yang diimpikan oleh banyak orang karena tipe pekerjaannya yang selalu dalam posisi aman. entuada risiko, tapi tentunya tida terlalu besar, nyaman, dan tidak terlalu banyak masalha yang perlu dihadapi. PT. Royal Korindah kali ini menawarkan posisi tersebut kepada Anda yang mungki merasa cukup qualified untuk duduk di kursi ini.

PT. Royal Korindah ini adalah sebuah perusahaan Manufacture yang bergerak di bidang False Eyelashes. Tentunya, bekerja di perusahaan ini cukup prospektif untuk perkembangan individu Anda sekaligus. Saat ini perusahaan ini telah berstandar Internasional. Tentu, dengan label ini maka hanya Anda yang ahli dan berstandar tinggi yang dapat meduduki jabatan akuntan yang dibutuhkan. Untuk lebih lengkapnya lagi. berikut ini adalaah beberapa persyaratan yang harus Anda perhatikan. APabila Anda merasa belum qualified, sebaiknya jangan mengirimkan lamaran kepad aperusahaan ini.

Accounting Staff & Admin Staff
(Jawa Tengah - Purbalingga)

Pelamar adalah seorang Pria / Wanita
Usia tertinggi yang diperbolehkan untuk menjadi pelamar adalah 30 tahun
Pendidikan minimal yang diperlukan adalah sarjana D3 yang berasal dari jurusan akuntansi/management/sekretaris
Dengan sangat cerdas dapat menganalisis buku, mengetahui dasar-dasar akuntansi dan atau kesekretariatan yang umumnya digunakan maupun tidak
Bahasa Inggris yang baik (secara aktif maupun pasif)
Memiliki jiwa/kepribadian yang cukup komunikatif
Familiar dengan pemrograman komputer min. Ms Office & Open Office

Apabila Anda berminat merasa memiliki kualifikasi yang memadai, Anda dapat mengirimkan berkas lamaran lengkap Anda. Kemudian, dikirim ke :

Factory PT. ROYAL KORINDAH (HR & GA Departement)
Jl. Banjaransari, Kembaran Kulon, Purbalingga 53319

Apabila Anda tidak dapatmelakukannya, maka dapat pula dikirim melalui email dengan alamat sebagia berikut
Atau melalui email di : pga@ptrk.com

Lowongan di Chevron Pusat di Jakarta

Bagi pemburu lapangan kerja di bidang perminyakan dan gas, chevron, salah satu perusahaan terkemuka di dunia dan mempunyai jaringan kerja terbesar dan terbaik akan membuka lapangan kerja untuk bekerja di chevron. Lapangan kerjanya enak dan di kota, bukan di pedalaman, ini bekerjanya di Jakarta. Dalam bagian pengeboran dan pengecekan proyek pengeboran tentunya membutuhkan pemeriksaan, atau audit, nah kira-kira tugas Anda dan tim nantinya adalah menjadi pemeriksa soal teknis dari pengeboran tersebut.



Chevron sudah lama di Indonesia, sudah terkenal juga hebatnya ya. Banyak juga kenalan saya yang makmur hodupnya saat bekerja di chevron, baik yang di jakarta atau yang di sumatera. Kembali ke pekerjaan Anda, diharapkan tentunya yang berpengalaman, khususnya dalam mensupport bagian pengeboran minyak. Lokasi kerjanya di Jakarta. Kalau di pengumuman yang saya baca, nantinya harus bisa Active in look backs, lessons learnt, and Best Practice shares. Offers ideas for solutions to more complex problems. Clearly communicates and represents D&C positions to multi-functional teams.


Untuk selengkapnya dapat dilihat di pengumuman ini, lebih baik dilihat dulu siapa tau Anda cukup beruntung dan dapat bekerja di Chevron bila Anda suka bekerja dan bekerja di perusahaan bergaji besar seperti Chevron. Silakan copy dan paste link ini di browser Anda untuk lihat pengumumannya http://oilgasvagancy.blogspot.com/2011/01/drilling-completion-engineer-dc-exp-dw.html

Network Engineer PT Mastersystem Infotama - Jakarta Raya

We are a Cisco Systems Gold Partner, Microsoft LAR, and HP Premier Partner.

As an IT Solution & System Integrator company, We are inviting an outstanding people to contribute and participate in the rapid growth of the company for the following position:

Network Engineer
(Jakarta Raya)



Requirements:

Pria/Wanita
Maksimal usia 30 tahun
Minimal S1 jurusan Ilmu Komputer / Informatika / Electro dengan IPK min 3.2
Diutamakan yang memiliki sertifikasi CCNA (junior NE) or CCNP (senior NE)
Pekerja keras, dapat bekerja dalam tim, mampu berkomunikasi dengan baik, dan mau terus belajar
Memiliki analisa yang baik, dan diutamakan yang menguasai bahasa Inggris (Toefl 450)
Minimal 1 tahun pengalaman dalam maintance jaringan, TCP/IP, Windows, Router, perangkat Cisco, WAN, berpengalaman dalam trouble shooting jaringan, pengalaman di bidang routing, switching, bridging, network security & VLAN
Untuk NE (Microsoft) lebih diutamakan kandidat yang memiliki sertifikat MCITP
Applicant melampirkan pas photo dan CV terbaru ke: recruitment@mastersystem.co.id

Assistant Talent Manager Agensi Pekerjaan Recruit Express Sdn Bhd - Kuala Lumpur

Since 1996, Recruit Express has emerged as a leading recruitment consultancy because we remain focused on our mission to facilitate the success of our clients in business by matching the right people within the shortest time. With our vast network of resources, extensive databases and defined recruitment processes, we create an ideal platform for employers and job seekers to meet, facilitating the hiring success of our clients, while opening doors for quality and talented people to further enhance their career opportunities.
In our relentless pursuit of excellent service, we have adopted best practices and dynamic growth strategies in expanding our operations across the Asia Pacific regions: we now operate from 18 offices in Singapore, Taiwan, Malaysia, Hong Kong and Australia, as well as affiliates in Shanghai, Tokyo and Bangkok. With over 300 committed consultants from various professional backgrounds and disciplines in the Asia Pacific region, we make a difference by delivering the best services to our clients and candidates alike. We continue to live up to our mission in Malaysia: To Help People Find Good Jobs and Our Clients to Succeed in Business
Assistant Talent Manager
MYR 6000 - 9000
(Kuala Lumpur)
Responsibilities:

Attraction, Recruitment & Selection
Developing job descriptions, preparing advertisements, screening job applications, interviewing and selecting candidates when required.
Ensuring employee experience in the recruitment and selection processes is consistent with the employment brand
Developing recruitment pipelines, improve recruitment practices and promote consistent employment brand to the market
Performance Management
Managing performance review process and monitor compliance
Coaching partners, associates and staff on the process
Reporting on success measures of process (to Global TM) and analysing performance review data to determine areas of focus required
Termination Processes
Conducting and analysing Exit Interviews
Monitoring of termination processes including return of Firm property and liaising with payroll
Ensuring compliance with relevant legislation and policies regarding dismissals
Workforce Planning
Work with Partners and Managers on workforce planning
Implementing remuneration strategy including annual benchmarking process
Retention & Engagement
Create and implement succession plans for key personnel and develop programs aimed at their retention and growth.
Training & Development
Draw up yearly training plan for the firm to ensure necessary skills and capabilities are developed across all levels. Review and plan training modules as necessary
Oversee and facilitate training sessions
Conduct training on general areas
Work closely with Global TM on Baker & McKenzie programs such as ATP,ASP, Legal Studies Scholarship Program to name a few.
Strategies, Policies & Procedures
Develop actionable strategies and solutions aligned with the firm's Talent Management objectives.
Developing, drafting and implementing HR policies and procedures
Continuously audit existing talent management programs and processes to determine areas for improvement.
Reinforce key programs and ensure execution.
Requirements:


Candidate must possess at least a Diploma, Advanced/Higher/Graduate Diploma, Bachelor's Degree, Post Graduate Diploma, Professional Degree, Social Science/Sociology, Business Studies/Administration/Management, Human Resource Management, Others or equivalent.
At least 6 year(s) of working experience in the related field is required for this position.
Preferably Managers specializing in Human Resources or equivalent.
Possesses a minimum of 6 years related working experience with at least 3
years in supervisory role.
Knowledge and familiarity with management and talent management related
strategies and concepts is important
Proficient knowledge on the entire HR Portfolio. Possesses the ability to solve
complex HR issues and demonstrates keen critical thinking skills.
SAP HR experience would be an advantage.
Is well versed with the Malaysian employment laws, regulations and trends.
Full-Time positions available.
Interested candidates please send your resumes in WORD Format to diyana@recruitexpress.com.my (attn to Ms Diyana) or call Ms Diyana at 03-2713 8338 for more information.

PT Smart Multi Finance, Manajer Trainee Dpartment

PT Smart Multi Finance merupakan sebuah perusahaan yang cukup terkenal karena prestasinya. Kali ini, prestasi yang dimiliki oleh perusahaan terkenal ini adalah dinobatkannya PT Smart Multi Finance sebagai Perusahaan Pembiayaan 4 Besar Terbaik dengan Rating 148 Nasional untuk Kategori Perusahaan Pembiayaan beraset 100 M - 1 Trilyun (Info Bank Awards 2010 - Edisi Agustus 2010). Tentu saja, sengan sangat gamblang kita dapat mendapatkan info ahwa perusahaan ini saat ini sedang mengalami progres yang baik dan berkembang begitu pesatnya. Untuk mendukung perusahaan ini, saat ini dibutuhkan tenaga-tenaga ahli profesional yang memiliki integritas dan tenaga-tenaga muda yang  berkualitas dan ahli di bidangnya. Pegawai yang diinginkan oleh perusahaan ini adalah mereka yang tidak gentar dalma menghadapi berbagai tantangan yang ada. Khususnya, untuk mendududki posisi yang penting di mana ia dituntut untuk memiliki keampuan leadership yangbaik. Hal tersebut, juga akan didukung oleh gaji yang baik, bonus yang mencengangkan dan fasilitas serta keuntungan lain yang dapat diperoleh untuk perkembangan perusahaan dan individu pegwai.

Berikut ini adalah tenaga yang dibutuhkan:


Management Trainee Departement Operation (BOP)
(Cabang-cabang di Indonesia)

Beberepa ketentuan yang harus dipenuhi:

Pelamar adalah Pria/Wanita dengan batasan usia tertinggi yaitu 25 tahun
Lulus/ berlatar pendidikan S1 dari PTN/PTS yang memiliki akreditasi A, dan memiliki GPA yang baik dan konstan, min 3,00
Sebelum telah bekerja di posisi yang sama minimal selama 1 tahun (Multifinance/Bank diutamakan)
Bersedia ditempatkan di Jakarta, Bogor, Sukabumi, Purwakarta, Bandung, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Pasuruan, Jember, Medan, Pekanbaru, Makasar, Tarakan, Tanjung, Sampit, Palangkaraya, Mataram, Maumere, Ende, Tangerang, Bekasi, Depok, Surabaya, Balikpapan dan Banjarmasin

Email : hrd@smartfinance.co.id
atau
PO BOX 4354 JKP 10043

Akuntan di Manulife Financial

Siapa yang belum tahu menulife? Tentu.. Siapa saja tahu banyak mengenai perusahaan yangcukup terkenal ini.Manulif percaya, bahwa dengan bekerja bersama kita dapatlah menjadi orang yang yang sukses.

Kedisiplinna yang ditanamkano oleh perusahaan ini beratikan bahwa sesuatu yang didasarkan oleh sebuah fakta dan kebijakan yang dibuat harus memiliki konsistensi, trackrecord yang cukup panjang dari sebuah pertumbuhan dan kesuksesan sebagai sebuah perusahaan yang memenangkan. Para pegawai di perusahaan ini selalu berkontribusi untuk itu, menyebarkan semangat tersebut, merealisasikannya, dan selalu percaya bahwa mereka akan selalu menjadi seseorang yang adaptif--bisa menghadapi segalam macam hal.

Didukung oleh para trainer yang profesional dan berpengalaman kepemimpinan selalu ada kesempatan untuk mengembangkan karier kita secara mendunia hanya dengan proses dan kedisiplinan.

Bagaimanapu, sebuah program karier itu tidak hanya menjadi ukuran ntuk sebuah kesuksesan. Kami percaya bahwa tempat bekerja yang mampu mengembangkan pegawainya secara profesional dan individual akan dipandang. Hanya dengan teru berbagi dan menanamkan nilai etnik yang mendefinisikan kami, dan juga kami mengajarkan mereka untuk selalu berprogres bersama dan sukses bersama.

Fresh Graduate Hiring (FGH)


Manulife Financial Indonesia mencari fresh graduate dengan keinginan kuat untuk belajar dan tumbuh dengan organisasi kami. Kami mencari bakat dan talenta individu dari sekolahsarjana, khususnya computer sciene, informasi dan teknologi, sistem informasi, administrasi binis, sekretaris (diploma)m finansial, akunting, metmaika, marketing, dan keramahtamahan.

Fresh Graduate Hiring (FGH)
(Aceh, Jakarta Raya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Lampung, Riau, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara)

Beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan untuk aplly lowongan pekerjaan ini

Fresh graduates dari universitas yang memiliki reputasi yang baik.
Cermat dalam detail, telilti, mmampu berkeja di bawah tekanan

This is an opportunity to build your professional skills and to nurture your career with us.
Interested parties, please send your detailed resume, with subject (FGH) to Email: Recruitment_Id@manulife.com

Risk MIS PT Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance) - Jakarta Raya

PT WOM Finance, Tbk, PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk. is one of the leading motorcycle financing company since 1982. With the new vision : “Realizing Your Dreams, Touching Your Heart”, WOM Finance trying to be more than a strategic business partner – but also to helps Indonesian people to realize the dreams of owning different type of motorcycle.







In addition to expanding its sales network, WOM Finance invite young, dinamic, potential candidates to grow with us as :

Risk MIS
(Jakarta Raya)
Requirements:


Candidate must possess at least a Bachelor's Degree, Computer Science/Information Technology or equivalent.

Male / Female.

At least 3 year(s) of working experience in related field are required for this position, esp. in Banking / Financial Company.

2 Full-Time positions available.



Send Your CV to :



PT. Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk.

Mega Glodok Kemayoran,


Office Tower B Lt. 11


Jl. Angkasa kav. B6,


Kota Baru, Bandar Kemayoran Jakarta

Risk MIS PT Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance) - Jakarta Raya

PT WOM Finance, Tbk, PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk. is one of the leading motorcycle financing company since 1982. With the new vision : “Realizing Your Dreams, Touching Your Heart”, WOM Finance trying to be more than a strategic business partner – but also to helps Indonesian people to realize the dreams of owning different type of motorcycle.







In addition to expanding its sales network, WOM Finance invite young, dinamic, potential candidates to grow with us as :

Risk MIS
(Jakarta Raya)
Requirements:


Candidate must possess at least a Bachelor's Degree, Computer Science/Information Technology or equivalent.

Male / Female.

At least 3 year(s) of working experience in related field are required for this position, esp. in Banking / Financial Company.

2 Full-Time positions available.



Send Your CV to :



PT. Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk.

Mega Glodok Kemayoran,


Office Tower B Lt. 11


Jl. Angkasa kav. B6,


Kota Baru, Bandar Kemayoran Jakarta

FUND MANAGER Based in Shenton Way, Singapore

We are a Singapore mainboard listed company with principal activities in investment holding, wholesale distribution of food and allied fast moving consumer goods, food manufacturing, retailing, food court management and property investment.  We are currently looking for suitable candidates to fill the following vacancy in our recently set up fund management operations based in Singapore.



FUND MANAGER
(Singapore - Based in Shenton Way, Singapore)

Responsibilities:



Reporting to the Chief Executive Officer, the incumbent will be mainly involved in a variety of activities related to the role including investment research, fundamental analysis of equities, M&A evaluation and investor relations in relation to the real estate industry.
Requirements:

A Degree in Business or Finance. An additional professional certification in a relevant area (e.g. CFA) would be an advantage.
5 years of relevant working experience in the above-mentioned areas.  Prior working experience should be in Singapore or a jurisdiction with a sound regulatory regime in relation to fund managers.
Fulfils the requirements of a "fit and proper" person – this refers to fulfilling the requirements of honesty, integrity and reputation; competence and capability; and financial soundness.
An ability to speak Mandarin and read Chinese is essential.

If you are keen to further your career in Singapore, you are encouraged to apply.  Please forward your detailed resume, stating current and expected salaries to:

grouphr@auricgroup.com

Staf Akuntan di PT Extra Mile Technology

Apakah Anda berminat untuk berkerja dengan  barang-barang impor yang sangat menarik? PT Extra Mile Technology adalah sebuah perusahan importir aksesoris computer. Perusahaan ini bertempat di Mangga Dua, Jakarta. Selain itu, perusahaan ini saat ini memegang lisensi tunggal untuk berbagai produk Disney. Tentu, akan sangat menyenangkan apabil Anda bisa bekerja untuk erusahaan ini. Apabila Anda cukup berminat untuk menduduki posisi sebagai berikut


Advertised: 24-1-11 | Closing Date: 23-2-11
Accounting Staff
(Jakarta Raya)

yang dapat Anda lakukan sekarang adalah melamar segera. Tentu, dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi. yaitu sebagia berikut ini:

  1. Seorang wanita
  2. Usia tertinggi yang diizinkan adalah 30 tahun (apabila Anda lebih tua dari umur 30, maka akan menjadi hal yang memberatkan pertimbangan kami untuk tidak memilih Anda)
  3. Bagi fresh graduated, lowongan akan tetap dibuka
  4. Menguasai bagaimana caranya membuat sebuah laporan keuangan dengan baik (dibutuhkan pekerja yang rapi dalam membuat laporan keuangan sehingga mudah dibaca)
  5. Bekerja dengan teliti, apik, tegas, detail, rapi dan bisa berkerja secara tim (apabila nantinya memang dibutuhkan)
  6. Mampu bertahan untuk bekerja di dalam tekanan dan keriuhan (pelamar dengan stabilitas emosi tinggi akan diutamakan)
  7. Memiliki sifat yang setia, jujur dan bertanggung jawab selama bekerja dengan perusahaan
  8. Bagi yang menguasai program Accurate, maka hal ini akan menjadi nilai tambah bagi Anda
Untuk itu, bagi Anda yang merasa cukup quaified bagi posisi ini Anda harus sesegera mungkin untuk mengirimakan surat lamaran. Surat lamaran yang dibutuhkan dapat dikirim melalui alamat yang ada di bawah ini.


admin@tokousb.com

Sangat Dibutuhkan Finanace Executive

Siapa yang belum tahu PT yang satu ini? Yak! PT. Katexindo Citramandiri. Perusahaan ini adalah perusahan anak dari group TAL, bertempat di  KBN Cakung, Jakarta. Perusahaan ini bergerak di bidang manufaktur dan selalu mengedepankan kebutuhan akan brand bagi pria dan wanita

Bagi perusahaan yang sudah cukup terkenal ini, membuka lapangan kerja bagi Anda sekalian merupakan hal yang sangat penting. Karena mereka yakin, Andalah yang membawa kesuksesan pada perusahaan ini nantinya. Untuk itu, Katexindo mencari Anda yang merasa memiliki kualifikasi yang baik utuk turut serta dalam memajukan perusahaan ini. Katexido mencari Anda yang memiliki motivasi yang tinggi dan dapat berkembang di lingkungan yang sangat kompetitif.

Saat ini, perusahaan Katexindo Citramandiri mencari Anda yang sesuai dengan kecakapan berikut ini

Finance Executive
(Code : FA-06)
(Khususnya bagi Anda yang tinggal di Jakarta Raya atau mau bekerja di Jakarta Raya)

Persyaratan yang harus dipenuhi:
(Keterangan khusus: Anda hanya akana diperbolehkan untuk mengirim jika merasa  cukup memiliki kualifikasi sesuai dengan apa yang dicantumkan di bawah ini)

1. Strata 1 akuntansi
2. Memiliki pengalaman bekerja sebelumnya dalam keuangan dan akuntansi
3. Memiliki pengalaman dalama mengelola GL, AR dan juga Income Statement
4. Berkemampuan fasih dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
5. Mau bekerja di daerah sekita Jakarta bagian utara

Anda juga dapat menyerahkan aplikasi/lamaran Anda dengan CV yang lengkap. pas photo terbaru, transkrip nilai, track record.

Surat lamaran yang ingin Anda kirimkan dapat dikirimkan ke alamat berikut ini

HCM Dept. PT. Katexindo Citramandiri
Jl. Jawa Raya Blok D-29
KBN Cakung Cilincing
Jakarta Utara 14140, Indonesia

Visit our group website at www.TALgroup.com

Mill Manager di Triputra Agro Persada

Lowongan kerja di perusahaan kelapa sawit saat ini semakin luas. Triputra Agro Persada merupakan salah satunya. Bagi Anda yang berminat untuk bekerja di sektor industri minyak dan juga karet terutama di wilayah terbesarnya yaitu di Kalimantan Barat, coba lirik perusahaan ini. Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari Triputra Group. Perusahaan ini saat ini bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan karet. Dengan memiliki luas lahan sebesar 200.000 ha. Perusahaan ini mengajak Anda untuk mengeksplorasi kedalaman potensi yang ada. Selain di Kalbar ada pun beberapa wilayah yang menjadi anak cabang peusahaan ini. Yaitu di daerah  Jambi, Kalteng, Kaltim dengan jumlah karyawan mencapai 6000 orang. Untuk mendukup program ekspansi tersebut, perusahaan ini membuka kembali lapangan kerja bagi Anda yang berminat dan merasa cukup qualified untuk terjun ke bidang ini. Yaitu menjadi seorang

Mill Manager 
an bekerja di Kalimantan


Beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:


  1. Pelamar memiliki riwayat pendidikan yang baik, dan minimal mengatongi ijazah S1
  2. Usia Maksimal pelamar adalah 35 Tahun
  3. Pengalaman pelamar sedikitnya adalah  4 Tahun sebagai Mill Manager di sebuah pabrik kelapa sawit lain.
  4. mampu mengorganisasi sebuah perusahaan
  5. Memiliki kualifikasi dan kemampuan secara teknis dalam mengelola sebuah perusahaan termasuk dalam operasional, mengatur rencana dan memiliki skill dalam menangani masalah lainnya
  6. bersedia untuk ditempatkan di perusahaan kami di Kalimantan


Apabila Anda berminat, berikut adalah yang harus Anda lakukan
Kirimkan CV Lengkap Anda melalui alamat berikut ini:



TRIPUTRA AGRO PERSADA GROUP
RECRUITMENT & DEVELOPMENT DEPARTMENT
The East Building 23th Floor
Lingkar Mega Kuningan Street Kav. E 3.2 No.1
Kuningan - South Jakarta 12950


hr.recruitment@tap-agri.com
dapat juga dengan mengunjungi web berikut ini
www.tap-agri.com

Manager di PT Ganda Sawit Utama

PT. Ganda Sawit Utama bergerak di bidang produksi minyak kelapa

sawit menawarkan pekerjaan untuk menjadi manajer. Pekerjaan ini

mengambil tempat di Kalimantan timur (bagi Anda yang tinggal di luar Kalimantan, mohon perhatikan syarat ini) Karyawan yang diinginkan

dalam pekerjaan ini adalah seseorang yang mampu memimpin sebuah

proyek pertanian dan mengelola lahan pertanian, serta membuat sebuah progres dalam mengelola tanah mineral. Selain itu, pelamarjuga harus menjadi seseorang yang mendalami informasi, mampu membuat laporan dan publikasi ilmiah. Pelamara harus memiliki kemampuan dalam menyelola air untuk pengembangan perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa ketentuan yang diperlukan:
1. Pelamar lulus atau mendapatkan gelar sarjana dari universitas yang memiliki akreditasi yang baik
2. Minimal memiliki pengalaman dalam bidang palm, atau mampu mengatasi agrikultur palm

3. Memiliki kemampuan dalam membuat tugas-tugas menggunakan office, yaitu Word Excel dan juga Power point.
4. Control productivity crop & labour productivity
5. Memiliki kemampuan yang baik dalam Bahasa Inggris
6. Memiliki kemampuan dalam memimpin sebuah kelompok, memiliki kemampuan berpikir bedasarkan konsep yang mantap, memiliki standar kualitas yang tinggi dalam bekerja, mampu mengelola dengan baik.

Bagi yang berminat untuk menempati lowongan tersebut dan merasa cukup qualified, silakan hubungi:

PT. GANDASAWIT UTAMA
Jl. Raya Pluit Selatan Blok. S No. 8
Pluit, Penjaringan
Jakarta Utara 14440

Atau, dapat pula dengan mengirimkan email melaui email berikut ini

hrd@gandasawit.com

Bagaimana cara mengenali 8 kepribadian dalam mengelola keuangan

Setiap orang memiliki money archetype(budaya dalam diri saat menghadapi keuangan) yang berbeda. Perbedaan archetype ini membuat cara pandang seseorang terhadap uang menjadi berbeda pula. Termasuk bagaimana seseorang memperlakukan uang.
Tipe archetype bukan menunjukkan kepribadian Anda, namun lebih dalam mengarahkan tempat di mana anda berada. Artinya, bagaimana karakter dan kebiasaan Anda mengenai pengelolaan keuangan bisa dikenali dari sini. Dengan mengenali karakter ini, sebagai individu Anda bisa menghindari dari kebocoran keuangan. Dampak positif lainnya lebih terasa pada pasangan. Anda dan pasangan bisa lebih saling mengenali dan mampu mencari solusi keuangan yang menyeimbangkan hubungan.



Coach Yuza Aziz dan Coach Tom MC Ifle, pemilik iCOACH, memaparkan delapan macam money archetype dan dampaknya:

1. Innocent
Seseorang yang memiliki tipe ini cenderung memiliki rasa takut , tidak percaya diri, dan tidak mau memikirkan masalah keuangan. Orang-orang tipe ini memiliki rasa ketakutan yang tinggi ketika dihadapkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan keuangan. Dia merasa tidak memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mengatur segala seuatu tentang uang.

Dampaknya, jika seseorang mendapatkan uang dalam jumlah besar, akan mudah habis. Karena kebiasaan yang dimiliki orang dengan tipe ini cenderung tidak bertanggungjawab dengan uang.

"Orang yang karakter innocent-nya aktif dalam dirinya, cenderung tidak belajar tanggung jawab. Karena kebiasaannya, setiap mendapatkan uang hanya akan diserahkan kepada orang lain, misalnya kepada orangtua, untuk mengelolanya," kata Tom kepada Kompas Female, di sela workshop "Money Coaching" di Hotel Harris, Kelapa Gading Jakarta, Jumat (9/7/2010).

2. Victim
Kebanyakan orang yang memiliki tipe ini cenderung akan menyalahkan orang lain ketika mengalami suatu masalah. Mereka akan merasa khawatir jika masalah yang dihadapi akan berbalik menimpa diri mereka. Oleh karena itu, untuk menyelamatkan diri, mereka akan menyalahkan orang lain sebagai penyebab terjadinya masalah tersebut. Karakter mendasarnya, orang tipe ini tidak mudah percaya kepada orang lain.

Dampaknya, uang menjadi tidak produktif. Karena tipe victim ini tidak mempercayakan uangnya untuk investasi atau menabung di bank, misalnya. Uang hanya akan disimpan dalam brankas atau bahkan di bawah bantal, karena tidak percaya lembaga keuangan.

3. Martyr
Orang-orang pada tipe ini memiliki kecenderungan berkorban buat orang lain. Meskipun demikian, setelah berkorban untuk orang lain, mereka mengharapkan suatu balasan. Sisi negatifnya, dengan banyaknya pengorbanan yang dilakukan untuk orang lain, orang tipe ini seringkali mengabaikan dirinya sendiri.

Dampaknya, tipe martyr ini tidak pernah bisa menabung. Orang lain akan sangat mengandalkan si martyr ini untuk meminjam uang. Bahayanya lagi, tipe ini tidak berani atau bahkan malas menagih piutang.

"Efek negatif lainnya, karena terlalu banyak menyuapi, orang lain yang dibantunya menjadi manja dan tidak produktif," papar Tom.

4. Fool
Tipe ini cenderung memiliki spontanitas yang tinggi, dan bertindak tanpa dipikirkan lebih matang. Mereka tidak berpikir tentang masa depan. Apa yang ada sekarang, itulah yang dilakukan.

"Fool di sini lebih kepada konyol. Karakternya malas, mengharap uang cepat atau instan," kata Tom, menyebut tipe ini sebagai spekulator yang tidak disiplin.

Dampaknya, spekulator ini berani berhutang hanya untuk kesenangan semata.

5. Tyran
Orang-orang yang memiliki tipe ini cenderung takut kehilangan uang. Biasanya, orang pada tipe ini memiliki sifat yang serakah dan tidak pernah puas. Seringkali mereka bekerja terlalu keras tanpa memperdulikan berbagai hal lain di sekelilingnya. Bahkan tidak jarang juga, orang pada tipe ini tidak memperhatikan kesehatannya.

Dampaknya, tipe ini selalu merasa tidak pernah cukup dengan kondisi keuangannya. Akhirnya cenderung memanipulasi dan terlalu mengontrol.

6. Warrior
Berbeda dengan kelima tipe di atas, tipe ini memiliki kecenderungan untuk menciptakan ide menjadi realitas. Orang-orang dengan tipe ini memiliki sifat yang bijaksana, mempunyai target yang jelas untuk masa depan, dan juga kalkulatif dalam perhitungan pemasukan dan pengeluaran. Mereka juga memiliki kepercayaan diri dan sukses dalam masalah keuangan.

Tipe ini sangat sehat, kata Tom. Orientasinya yang jelas menuju sasaran membuatnya sukses secara finansial. Tipe seperti ini biasanya ditemui pada para pengusaha sukses yang disiplin dengan keuangannya.

7. Magician
Orang yang memiliki tipe ini cenderung menjadikan masa lalu sebagai suatu pembelajaran. Mereka juga berusaha untuk mengubah suatu ide menjadi realitas walaupun terlihat tidak mungkin. Orang-orang dengan tipe ini cenderung memiliki sifat idealis, percaya diri, dan mengandalkan diri sendiri. Mereka percaya bahwa mereka memang dapat mengerjakannya.

Tipe seperti inilah yang diharapkan, kata Tom. Dia menjadi tuan atas uangnya dan tidak menjadi hamba atas uang, apalagi mendewakan uang.

8. Creator/Artist
Tipe ini biasanya mengikuti panggilan hati dalam melakukan berbagai hal. Mereka juga memiliki sifat yang idealis dan spiritual yang cukup baik. Mereka juga terbiasa untuk menciptakan sesuatu.

Kecenderungannya, tipe ini bekerja demi passion dan tidak realistis. Bahkan terlalu ekstrem, seakan tidak membutuhkan uang.

"Orang dengan karakter seperti ini mensabotase dirinya dengan penyangkalan. Membutuhkan uang tetapi seperti tidak butuh, bahkan mau bekerja meski tak dibayar," jelas Tom.

Dengan mengenali berbagai tipe ini, Anda sebagai individu apalagi bersama pasangan bisa saling menyeimbangkan diri. Dengan begitu akan lebih mudah menemukan perencanaan dan solusi keuangan.

Bagaimana cara memahami “must have” dan “nice to have”

Tidak ada satu orang pun yang menginginkan kondisi keuangannya ”lebih besar pasak daripada tiang”. Akan tetapi, tidak satu orang pun bisa memastikan bahwa kondisi keuangannya akan baik-baik saja. Bahkan, seseorang yang setiap tahunnya mengalami kenaikan pendapatan belum tentu kondisi keuangannya akan lebih baik. Kenapa? Karena jumlah kenaikan pengeluaran bisa saja lebih besar ketimbang kenaikan pendapatan. Oleh karena itu, kata kunci untuk menstabilkan kondisi keuangan, atau bahkan membuatnya jadi lebih baik, adalah pengelolaan pengeluaran atau biaya.


Biaya, hakikatnya bisa dibagi menjadi dua, yakni biaya untuk membiayai sesuatu yang bersifat must have dan biaya yang bersifat nice to have. Dalam realitasnya, banyak kalangan mengalami kesulitan untuk membedakan kedua biaya tersebut. Contohnya, untuk memenuhi kebutuhan primer saja, seperti sandang, pangan, dan papan. Sekilas, pemenuhan semua kebutuhan tersebut merupakan biaya-biaya yang bersifat must have. Padahal tidak demikian.
Sandang, misalnya. Bahwa setiap orang mesti menutupi tubuhnya dengan sandang merupakan keharusan. Akan tetapi, apa merek sandang yang akan dibeli dan berapa harganya bukanlah kebutuhan, melainkan keinginan dan itu tergolong nice to have. Ringkasnya, mengontrol biaya pengeluaran sebenarnya adalah bagaimana memahami karakteristik biaya yang bersifat must have dan yang nice to have. Bagaimana konkretnya?

Must have lebih bersifat substansi atau fungsi dari suatu barang. Misalnya kendaraan. Seseorang membutuhkan kendaraan sebagai alat transportasi. Namun, apakah kendaraan tersebut harus berharga mahal, buatan Eropa, berbentuk sedan mewah, dan lain sebagainya, itu merupakan nice to have.

Langkah berikutnya, pertama, pastikan seluruh biaya yang akan Anda keluarkan berdasarkan suatu perencanaan. Jika ingin kondisi keuangan Anda tidak masuk dalam kondisi ”lebih besar pasak daripada tiang”, maka disiplin dalam membuat perencanaan dan melaksanakannya adalah mutlak. Perencanaan pengeluaran biaya itu bisa bersifat tahunan, bulanan, dan mingguan. Buat dengan rinci kebutuhan pengeluaran Anda. Lalu pada setiap item renungkan lebih dulu, apakah rencana pengeluaran itu suatu keharusan atau sekadar keinginan.

Perencanaan
Kedua, me-review perencanaan pengeluaran sebelum diimplementasikan. Katakanlah seluruh rencana pengeluaran yang sudah dibuat diyakini berdasarkan sesuatu yang bersifat must have. Apakah persoalan selesai? Belum. Cek dulu implementasinya. Artinya, pada saat pelaksanaan, bisa jadi item yang hendak dibiayai sudah bukan kebutuhan lagi. Apa misalnya? Pada bulan Juni, Anda berencana untuk membeli sepatu baru. Ternyata, sepatu yang Anda miliki masih bagus. Pembelian sepatu baru tentu tidak lagi menjadi kebutuhan.

Ketiga, melakukan inovasi terhadap biaya yang hendak dikeluarkan. Inovasi biaya jauh lebih strategis ketimbang dua hal yang dipaparkan di atas. Bagaimana maksudnya? Contoh sederhana, Anda mengalokasikan dana untuk membiayai transportasi ke kantor, misalnya untuk membeli bensin. Ini memang kebutuhan.

Akan tetapi, pernahkah Anda berpikir bahwa biaya bensin kendaraan tidak selalu mesti ditanggung sendiri? Kok bisa? Sangat bisa. Jika Anda tinggal di kompleks, Anda sebenarnya bisa mengajak tetangga untuk bersama-sama naik kendaraan Anda ke kantor. Lalu untuk biaya bensin ditanggung bersama. Mungkin Anda merasa malu untuk melakukan hal tersebut. Namun, coba gunakan rasionalitas. Malu berarti tambahan biaya. Atau jika tidak mau menggunakan cara tersebut, bisa memilih cara sebaliknya, yakni Anda yang menumpang kendaraan tetangga Anda. Jika Anda melakukan hal ini tiga kali dalam seminggu, hitung berapa besar penghematan yang bisa dilakukan dalam setahun.

Inovasi biaya juga bisa dilakukan dalam konteks yang lain, apalagi yang sifatnya kebutuhan sekunder atau tertier, misalnya perjalanan wisata. Saat ini, hampir semua kalangan membutuhkan wisata. Akan tetapi, tidak semua kalangan mampu merencanakan dan membiayai perjalanan wisata secara baik. Misalnya, membeli tiket pesawat menjelang keberangkatan. Jelas, harga tiketnya akan sangat mahal. Padahal, tiket pesawat apalagi yang promo bisa akan sangat murah jika dibeli jauh-jauh hari.

Itu inovasi biaya dalam konteks mengatur pengeluaran. Yang lebih canggih adalah jika inovasi biaya itu bisa diterapkan dalam pengaturan seluruh aset Anda. Salah satu contohnya adalah jika Anda memiliki aset tidak produktif. Anda punya rumah lebih dari satu. Rumah yang tidak Anda tempati adalah biaya. Karena Anda mesti menanggung biaya listrik, air, pemeliharaan, dan lain sebagainya. Agar rumah tersebut tidak menjadi beban, maka mesti diproduktifkan, misalnya disewakan, sehingga ia menjadi sumber pendapatan.

Agar kondisi ”lebih besar pasak daripada tiang” bisa dihindari, maka terhadap seluruh item rencana pengeluaran yang telah dibuat bisa dilakukan telaah, apakah ada ruang untuk menerapkan inovasi di dalamnya. Yang paling sederhana adalah rencana belanja bulanan Anda, apakah frekuensi belanja secara bulanan lebih cocok dan efisien ketimbang, misalnya, belanja per dua bulanan, atau belanja melalui pesanan.

Jadi, inovasi biaya sebenarnya bukan sekadar dalam konteks barang yang akan dibeli, tetapi juga dalam hal tata cara membelinya. Contoh lain, belanja pada saat musim sale bisa dikategorikan sebagai inovasi biaya, sepanjang barang-barang yang dibeli memang merupakan kebutuhan. Jadi bukan karena faktor emosional. Selamat mencoba.

Bagaimana cara menggunakan uang untuk kontribusi social

Jika merujuk pada delapan tipe money archetype atau budaya dalam diri saat menghadapi keuangan, Anda bisa menjawab akan diapakan uang Anda. Tentu saja setiap individu bisa memiliki lebih dari satu dari delapan tipe ini. Namun bagaimana kecenderungannya, uang untuk kesenangan, merancang masa depan, atau pengorbanan seperti membantu orang lain?

Tom Martin Charles Ifle, Mentor Coach yang juga praktisi hipnoterapi, menyebutkan dari workshop Money Coaching minggu lalu, sebagian besar peserta ingin menggunakan uangnya sebagai bentuk konstribusi sosial.



Pelatihan kepada peserta yang mencapai 30 orang ini (kebanyakan pasangan dan pemilik usaha), mendapati bahwa 80 persen peserta memilih kontribusi sosial dalam penggunaan uangnya. Sebanyak 20 persen menggunakan uangnya untuk perencanaan masa depan keluarga (termasuk pendidikan anak), sedangkan sisanya sebesar 10 persen untuk pembiayaan pendidikan secara umum.

Keinginan membantu orang lain sebagai bentuk kontribusi sosial, dalam money archetype, bisa dikatakan sebagai pengorbanan atau juga sebagai bentuk realisasi ide dengan target yang jelas.

Jika sebagai pengorbanan saja, kecenderungannya orang dengan tipe ini tidak bisa menabung. Namun jika menggunakan uang untuk sosial dengan disiplin pengelolaan uang dan terencana, kebutuhan kontribusi bisa terpenuhi tanpa mengorbankan diri sendiri.

"Orang lain cenderung mengandalkan si martir ini untuk meminjam uang. Bahayanya lagi, tipe ini tidak berani atau bahkan malas menagih piutang. Efek negatif lainnya, karena terlalu banyak menyuapi, orang lain yang dibantunya menjadi manja dan tidak produktif," papar Tom kepada Kompas Female, menjelaskan tipe yang senang berkorban tanpa berpikir realistis.      

Sedangkan tipe satunya, lebih bijaksana dengan tetap bisa memberikan kontribusi sosial namun juga mempunyai target yang jelas untuk masa depan. Tipe ini sifatnya lebih kalkulatif dalam perhitungan pemasukan dan pengeluaran. Mereka juga memiliki kepercayaan diri dan sukses dalam masalah keuangan.

"Tipe ini sangat sehat dengan orientasinya yang jelas menuju sasaran membuatnya sukses secara finansial," tambah Tom.

Jadi, boleh saja berkontribusi namun tetap butuh perhitungan matang, tak sekadar menjadi martir untuk orang lain, atau bahkan untuk diri sendiri.

Lowongan Application Developer Omega Integration Pte Ltd - Singapore

Omega Integration is a well-established company providing customers with a comprehensive on-stop solution of telecommunication systems and services from systems design, consultation, configuration and engineering, through installation, integration and implementation, to commissioning, field service and on-going maintenance throughout the region. In line with our expansion plans, we are seeking talented and committed individuals to join us.

Application Developer

(Singapore)
Responsibilities:

The role is responsible for analysis, design, and software development, customize, configure, testing and implementation, training and support all modules of Dynamics AX system 2009.
Participation in process review workshops. Understand the application functionality from an end-user’s perspective.
Design application from functional scenarios and conceptual designs. Clear understanding of Dynamics AX interfaces. Derive, communicate and improve architectural and coding standards for the product.
Create detailed tactical development plans, to meet negotiated iteration deliverables on time.
Creation of detailed Technical Specifications according to functional requirement.
Dynamics AX X++ development. Participation in Conference Room Pilot workshops and testing cycles.
Responsible for Data Migration.
Report the status and progress on behalf of the development team, as required.
Assist and train junior developers as required. Provide training for end users.
Requirements:

A Degree holder in Computer Science or IT or related discipline.
Strong knowledge of all modules of Microsoft Dynamics AX, SQL Server Database 2005/2008 (5+ years minimum), SQL Server Reporting Services (SSRS - 2005/2008), and .NET. Familiarity with Accounting, Manufacturing, Project, HRM, and Supply Chain business processes.
Proven track record of Dynamics AX 2009 / Axapta development. Candidates with MS Dynamics AX certification will be preferred.
At least 3 years experience in MS Dynamics AX development using Morph X and X++ and SSRS skills.
The ideal candidate must have 2+ years full life-cycle implementation experience with Dynamics AX. You should also have strong communication skills with the ability to communicate at all levels. Strong interpersonal skills and team player. Ability to work within timelines.
Maintain existing system code and develop new functionality for the Dynamics AX system.
Experience in Enterprise Portal development.
Windows SharePoint Services and/or SharePoint Server experience a plus.
Successful candidates will deliver not only product-development skills but business knowledge and experience of best-practice in a commercial environment.
Strong knowledge of all modules of Microsoft Navision may also apply.
Contact Information

Interested applicants are invited to send or fax in their detailed resumes with current and expected salary, a non-returnable photograph and contact number to:

Omega Integration Pte Ltd
10 Toh Guan Road #04-18 TT International Tradepark Singapore 608838
Alternatively, applicants may email us the resume at
hr_recruit@omegain.com

Lowongan Senior Sales Engineer PT Indo Kaya Energi - Jakarta

Our company is an established Indonesian company providing an extensive range of products and services to the Indonesian Energy Industry. (http://indokayaenergi.com)

Senior Sales Engineer
(Jakarta Raya - Jakarta)

 Responsibilities:

The major assignment of service are: preparing the sales projections,quotations, order acceptance, sales order requisition, job/work order to the production department,basic sales forecast, follow up the quotations released. Evaluating the competitor prices and product and managing sales & Marketing of company products to the petroleum, petrochemical, power generation, Fertilizer and general industries.

Requirements:

Male,
Age; below < 40 years old,
A bachelor degree in Engineering (Mechanical), preferably majoring in Petroleum Engineer from reputable university such as: ITB, Trisakti and UPN Jogjakarta,
3 (three) years of working experience in similar position,
Willing to travel and relocated in several company's branches.
Should you meet those requirements, please send us your update resume or CV with recent photograph and other related documents to:
adi@indokayaenergi.com & recruitment@indokayaenergi.com

Sales Admin Assistant / Executive Vacancy at Selangor

We, Chundi Incorporated, develop quality home that lets you revisit the quality of living life by delivering tropical modern design houses built to a high quality standard comparable to more expensive high end bungalows. We deliver a high concept living theme with green street layout offering a fresh, healthy green environment and purpose built centralized park and lake to promote recreation and exercise in a caring neighborhood. On top of this, full security protecting individual houses and the whole living environment is our main concern commitment towards you.


We would like to hire the position below:
Sales Admin Assistant / Executive
(Selangor)
Responsibilities:

To handle loan arrangement / documentation, progress billing, credit control and all matters pertaining to Sales Administration functions.
To ensure progressive payment are promptly collected within the agreed payment terms.
To monitor timely deliver of invoices, statements and reminder letters to purchasers.
To update all relevant details communicated with debtors for future reference and handle VP, subsale, refinancing and etc.
Requirements:

Candidate must possess at least Professional Certificate / Diploma, any field.
At least 1 year of working experience in the related field is required for this position.
Required skill(s): Knowledge & experience in IFCA's Developer system; able to liaise with purchasers, solicitors, financiers, contractors & authorities;
Work independently with good interpersonal & communication skills.
Required language(s): Bahasa Malaysia, Chinese, English.
Independent, pleasant attitute, initiative, productive.
Fresh graduates are encourage to apply.
This is NOT a sales/ marketing position.
Interested candidates please apply via Jobstreet.com or you may apply directly to:

Chundi Incorporated Sdn Bhd
 Unit No. 309, Block A,
Pusat Dagangan Phileo Damansara II,
15, Jalan 16/11 Off Jalan Damansara,
46350 Petaling Jaya, Selangor

Fax: 60-3-79608928

Email: finance@chundi.com.my

Sales Admin Assistant / Executive Vacancy at Selangor

We, Chundi Incorporated, develop quality home that lets you revisit the quality of living life by delivering tropical modern design houses built to a high quality standard comparable to more expensive high end bungalows. We deliver a high concept living theme with green street layout offering a fresh, healthy green environment and purpose built centralized park and lake to promote recreation and exercise in a caring neighborhood. On top of this, full security protecting individual houses and the whole living environment is our main concern commitment towards you.


We would like to hire the position below:
Sales Admin Assistant / Executive
(Selangor)
Responsibilities:

To handle loan arrangement / documentation, progress billing, credit control and all matters pertaining to Sales Administration functions.
To ensure progressive payment are promptly collected within the agreed payment terms.
To monitor timely deliver of invoices, statements and reminder letters to purchasers.
To update all relevant details communicated with debtors for future reference and handle VP, subsale, refinancing and etc.
Requirements:

Candidate must possess at least Professional Certificate / Diploma, any field.
At least 1 year of working experience in the related field is required for this position.
Required skill(s): Knowledge & experience in IFCA's Developer system; able to liaise with purchasers, solicitors, financiers, contractors & authorities;
Work independently with good interpersonal & communication skills.
Required language(s): Bahasa Malaysia, Chinese, English.
Independent, pleasant attitute, initiative, productive.
Fresh graduates are encourage to apply.
This is NOT a sales/ marketing position.
Interested candidates please apply via Jobstreet.com or you may apply directly to:

Chundi Incorporated Sdn Bhd
 Unit No. 309, Block A,
Pusat Dagangan Phileo Damansara II,
15, Jalan 16/11 Off Jalan Damansara,
46350 Petaling Jaya, Selangor

Fax: 60-3-79608928

Email: finance@chundi.com.my

Bagaimana cara menghindari teman yang ingin meminjam uang

Satu-dua kali Anda mengabulkan permintaan teman yang ingin meminjam uang, dan bersyukur karena teman tersebut membayar pada waktunya. Namun karena sang teman ini tahu Anda selalu mengabulkan permintaannya, ia jadi seperti mengandalkan Anda. Setelah itu, pembayaran hutang mulai tidak lancar seperti biasanya, dan pada hutangnya yang terakhir teman ini mulai sulit dihubungi. Kasus lain, ada teman lain yang ingin mencicil hutang dengan pembayaran minimum seperti kartu kredit. Bedanya, ia tak ingin dikenakan bunga. Wah, enak betul!

Hal inilah yang menyebabkan Anda berpikir-pikir lagi jika ada teman lain yang ingin berhutang. Selain uang Anda tidak kembali, hubungan pertemanan pun jadi terganggu. Namun Anda juga tidak tega saat teman tersebut "mengemis" pengertian Anda, seperti untuk membayar uang sekolah anak, atau membayar ongkos rumah sakit. Bila hal seperti ini terjadi, apa yang harus kita lakukan?
1. Apakah dia teman dekat Anda? Bila Anda cukup mengenalnya, Anda akan tahu apakah ia berkata dengan jujur dalam menggunakan uang tersebut dan membayarnya tepat waktu. Anda mungkin akan berkata dalam hati bahwa Anda ingin menolongnya, toh Anda mempunyai tabungan yang cukup. Namun dalam banyak kasus, meminjamkan uang bukan cara terbaik untuk membantu teman. Tanyakan untuk apa uang sebanyak itu, dan tunjukkan bahwa Anda peduli. Setelah ia menjelaskan kebutuhannya, katakan bahwa Anda harus berkonsultasi dengan suami atau keluarga Anda lebih dulu. Tunggu hingga dua atau tiga hari, untuk memberi kesempatan teman Anda meminjam uang dari pihak lain, sekaligus mencari tahu tentang situasi teman ini dari teman-teman yang lain.
2. Jika ia bukan teman dekat, atau teman yang sudah bertahun-tahun tidak memberi kabar, keputusan terbaik adalah dengan mengatakan, "Sori, tapi aku punya aturan untuk tidak meminjamkan uang ke teman." Pernyataan ini menunjukkan ketegasan sikap Anda, tanpa menyakiti hati teman Anda. Meskipun Anda tidak tega, bersikaplah tegas pada diri Anda sendiri. Jika selama ini ia tak pernah berusaha dekat pada Anda, atau menghubungi Anda, artinya ia hanya mau memanfaatkan Anda. Katakan juga bahwa karena Anda sudah menikah, kebijakan mengenai uang tidak lagi hanya berasal dari Anda, tetapi juga dari suami.
3. Tanyakan pada diri Anda, apakah teman tersebut layak diberi pinjaman? Seringkali terjadi, Anda tidak mengetahui kondisi keuangan teman yang sesungguhnya, dan ternyata ia punya kebiasaan gali lubang-tutup lubang. Atau, ia meminjam uang karena ingin membeli sesuatu yang terlalu mahal untuknya. Bisa juga karena kartu kreditnya sudah masuk kategori bad debt (kredit macet) di bank, sehingga ia tak bisa lagi menggunakannya. Perhatikan juga apakah ia masih sering nongkrong di coffee shop, padahal merengek terus untuk meminjam uang. Teman seperti ini tidak layak diberi pinjaman, karena ia tidak punya tanggung jawab dengan keuangannya.
4. Apakah ia meminjam uang untuk urusan bisnis? Pelajari permintaannya, apakah ia mengundang Anda untuk menjadi investor, atau sekadar untuk membiayai ongkos produksi. Jika Anda bertindak sebagai investor, Anda berhak mendapatkan pembagian keuntungan (jumlahnya bisa Anda diskusikan). Namun hal ini membutuhkan evaluasi lebih lanjut. Apakah entrepreneurship-nya dapat diandalkan? Apakah ia memiliki potensi untuk membuat bisnisnya sukses? Sedangkan bila ia hanya ingin meminjam untuk untuk membiayai ongkos produksi misalnya, Anda bisa meminjamkannya, namun dengan menetapkan bunga. Bagaimana pun juga, uang Anda dipergunakan untuk membiayai salah satu elemen bisnis. Bunga ini juga bisa menjadi "senjata" saat ia mulai mangkir. Bunga akan terus berjalan setiap bulan jika ia belum membayar.
5. Jika teman Anda memiliki alasan yang dapat diterima untuk meminjam uang (misalnya membiayai ongkos rumah sakit), periksalah kondisi keuangan Anda sendiri. Apakah Anda mampu memberikannya atau tidak. Pastikan jumlah yang mampu Anda berikan. Jika tidak mampu, Anda bisa menawarkan separuh dari yang ia minta. Dengan memiliki gambaran yang jelas mengenai kondisi keuangan Anda, Anda tidak akan mengalami risiko problem keuangan yang menyulitkan Anda sendiri nantinya.
6. Jika jumlah uang yang ingin dipinjam cukup besar, lebih baik Anda membuat kesepakatan tertulis. Banyak orang yang mendadak "amnesia" jika menyangkut urusan berhutang. Adalah kewajiban Anda untuk menagih hutang, dan bukannya segan atau risih meminta uang Anda kembali. Terutama jika hutang ini menyangkut transaksi bisnis, penting untuk mendapatkan semua dokumen legal untuk menghindari konflik di masa depan.
7. Sebelum mengatakan "Ya". Tanyakan pada diri Anda sendiri, dapatkah Anda membayangkan apa yang terjadi bila teman Anda tidak mampu membayar kembali, atau menghilang tanpa membayar? Bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi pertemanan Anda? Apakah jika suatu saat ia kembali untuk meminjam uang, sanggupkah Anda mengatakan "Tidak" kali ini? Apakah Anda akan merelakan uang Anda jika ia tidak membayar?
8. Jika Anda berkata "Tidak". Akan lebih sulit menagih-nagih hutang seorang teman, daripada mengatakan "Tidak" sejak awal. Pastikan teman Anda memahami situasi ini. Bersikaplah konsisten dengan keputusan Anda, dan jangan tergoda untuk membantunya. Teman sejati tidak akan menentang Anda jika Anda memutuskan untuk tidak meminjamkan uang padanya.

Bagaimana cara melakukan general check up untuk keuangan anda

Kenapa Anda ke dokter? Karena Anda tidak ingin sakit, tentunya. Nah, general check-up bukan hanya dibutuhkan oleh tubuh, tetapi juga oleh kondisi keuangan. Kapan terakhir Anda melakukan check up terhadap kondisi keuangan Anda?

Hitung ulang berapa penghasilan Anda per bulan, lalu hitung juga berapa total pengeluaran per bulan. Apakah hasilnya masih surplus? Kalau ya berapa persen, surplus Anda dibandingkan dengan total penghasilan. Atau malah defisit? Berapa besar? Lalu bagaimana cara Anda menutupi defisit tersebut? Sangat mungkin Anda berutang, misalnya dengan menggunakan kartu kredit. Kalau situasi ini berlangsung terus, berarti keuangan Anda memang ”sakit” dan akan menjadi masalah besar jika terus dibiarkan. Agar tidak menjadi masalah, coba cermati dulu bagaimana kondisi kesehatan keuangan Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan di atas.


Yang utama adalah, apakah keuangan Anda setiap bulan mengalami surplus atau defisit. Umpamakan penghasilan Anda Rp 10 juta. Lalu biaya pengeluaran, termasuk untuk membayar utang, adalah sebesar Rp 10 juta juga, atau malah lebih. Kalau faktanya seperti ini, kondisi keuangan Anda berada dalam keadaan tertekan. Kenapa? Karena untuk menutupi biaya pengeluaran saja, penghasilan Anda sudah tidak memadai.

Lalu apa solusinya? Naikkan penghasilan dan atau kurangi pengeluaran. Untuk menaikkan penghasilan memang bukan perkara mudah. Akan tetapi, untuk mengurangi pengeluaran bukan pula tidak mungkin. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi angsuran utang Anda. Nilai angsuran diturunkan sehingga Anda masih memiliki cash flowpositif. Memang, di sisi lain, utang Anda boleh jadi akan lebih lama lunasnya. Namun, paling tidak, pengeluaran Anda lebih kecil ketimbang penghasilan. Akan tetapi, ini pun dengan catatan Anda tidak membuat utang baru.

Jika realitasnya adalah sebagaimana dipaparkan di atas, apakah kondisi keuangan Anda tergolong sehat? Kondisi keuangan seperti itu masih dalam keadaan kurang sehat. Artinya, cash flow Anda tidak defisit, tetapi tidak ada dana lebih yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Dengan kata lain, kondisi keuangan Anda akan seperti itu seterusnya. Aset juga tidak akan bertambah.

Fase sehat
Bagaimana agar kondisi keuangan bisa masuk dalam fase cukup sehat? Harus ada surplus yang bisa dialokasikan untuk mencapai suatu tujuan keuangan. Seperti contoh di atas, katakanlah penghasilan Anda sebesar Rp 10 juta. Lalu, katakanlah Anda lebih hemat sehingga pengeluaran Anda umpamakan hanya sebesar Rp 7 juta per bulan. Berarti, Anda memiliki surplus sebesar Rp 3 juta.

Apakah kondisi keuangan seperti ini sudah bisa dianggap sehat? Tunggu dulu. Cek lagi tujuan keuangan Anda. Katakanlah dalam dalam 5 tahun mendatang Anda ingin memiliki aset senilai Rp 300 juta. Berarti, setiap tahun Anda mesti mengalokasikan Rp 60 juta. Dengan kata lain, setiap bulan mesti tersedia Rp 5 juta. Padahal, surplus yang Anda miliki hanya sebesar Rp 3 juta. Konkretnya, meskipun setiap bulan keuangan Anda surplus, tetapi tujuan keuangan Anda 5 tahun mendatang tidak akan tercapai.

Lantas di mana masalahnya? Surplus Anda kurang besar. Ini bisa terjadi karena struktur pengeluaran Anda yang masih kurang optimal. Kurangi pengeluaran yang kurang perlu. Mungkin Anda mengatakan semua pengeluaran Anda adalah perlu. Oke, itu hak Anda. Akan tetapi, coba cek, dalam struktur pengeluaran Anda ada komponen biaya konsumsi dan juga komponen utang. Bagaimana strategi keuangan Anda dalam menyelesaikan utang?

Jika Anda mampu mengurangi biaya konsumsi dan pembayaran utang Anda sebesar Rp 2 juta per bulan, Anda akan memperoleh surplus sebesar Rp 3 juta + Rp 2 juta, atau sejumlah Rp 5 juta. Namun, di sisi lain, tentu saja konsumsi Anda mesti dikorbankan dan utang Anda masih akan terus berlangsung. Akan tetapi, tidak mengapa, sepanjang Anda mampu melunasinya kendati dalam waktu yang cukup panjang.

Dana darurat
Jika Anda mampu melakukan langkah di atas, kondisi keuangan Anda berada dalam kategori cukup sehat. Ya, cash flow Anda tidak defisit dan memiliki surplus untuk mencapai tujuan keuangan yang masih sederhana. Namun, keuangan Anda tetap belum aman. Kenapa? Karena Anda belum memiliki yang namanya emergency fund dan dana darurat.

Pernahkah Anda terpikir kalau tiba-tiba terjadi krisis ekonomi, lalu perusahaan tempat Anda bekerja bangkrut dan Anda mengalami PHK? Semua itu memang tidak diinginkan. Akan tetapi, sekali lagi, hal tidak terduga bisa saja terjadi. Oleh karena itu, Anda mesti berjaga-jaga dalam bentuk emergency fund. Berapa besar? Tergantung Anda. Namun, lazimnya, nilai dana yang tersimpan dalam rekening emerging fund harus sekitar 6 bulan penghasilan. Kenapa 6 bulan? Karena dalam kurun waktu 6 bulan diharapkan Anda sudah memperoleh pekerjaan baru.

Kesimpulannya, kondisi keuangan baru bisa dianggap sehat jika cash flow keseharian Anda positif, memiliki surplus dana yang dialokasikan untuk mencapai tujuan keuangan di masa mendatang, baik melalui tabungan maupun investasi lainnya, dan juga memiliki alokasi dana untuk berjaga-jaga. Namun, mesti diingat, ketiga hal di atas tidak diukur dari nilai nominal, melainkan dari perspektif tujuan keuangan pribadi.

Bagaimana cara meminjam uang kepada keluarga

Meminjam uang kepada saudara atau orangtua menjadi pilihan ketika kita memerlukan pinjaman "lunak", dalam arti cepat, "tidak perlu bunga," dan cara mengembalikan yang luwes. Pinjaman dengan cara ini tentu saja tidak akan didapat dari lembaga keuangan mana pun. Walaupun di sebelah rumah ada tetangga, tapi "gengsi keluarga" dan rasa malu karena harus membuka aib keluarga lebih berbicara.
"Paling aman dan nyaman untuk yang pertama diutangi adalah orangtua, setelah itu saudara kandung, bisa dari pihak suami maupun istri, kemudian tante atau om. Kalau kemungkinan-kemungkinan itu tak ada, baru ke tetangga atau lembaga keuangan," papar psikolog Dra Tiwin Herman, MPsi, direktur utama lembaga konsultan psikologi Psiko Utama.
Ketika harus meminjam

Jika Anda mengalami keadaan terdesak, seperti masuk rumah sakit atau harus merenovasi rumah, dan ingin meminjam uang kepada anggota keluarga lain, menurut Tiwin yang pertama harus dipikirkan adalah mau berutang kepada siapa atau saudara yang mana. Boleh dari pihak suami atau istri. Yang jelas, utang harus dilakukan kepada yang dianggap "berlebih". Setelah itu, baru perhatikan hal-hal berikut:
1. Jadikan kedekatan hubungan sebagai bahan pertimbangan.
2. Meski sesama saudara kandung, kedekatan satu sama lain belum tentu sama. Nah, kalau kebetulan yang berlebih itu adalah saudara yang kita rasa lebih dekat, tentu lebih enak memintanya. Tetapi kalau sebaliknya, perlu strategi khusus. Tentukan dulu uang yang akan dipinjam untuk keperluan apa, berapa, bagaimana, dan kapan membayar utangnya. Setelah itu barulah Anda dan suami menghadap ke saudara yang bersangkutan bersama-sama.
3. Komitmen harus dipegang meski utang ini, misalnya, akan tanpa bunga. Kembalikan uang yang dipinjam sesuai tenggat waktu yang disepakati bersama. Walaupun dengan keluarga sendiri, kita tidak bisa seenaknya meminjam uang. Akan tidak etis jika kita sampaikan hanya sambil lalu atau bahkan lewat SMS.
Berikut adalah etika meminjam uang menurut Tiwin:

* Orangtua sendiri atau mertua
Sebaiknya suami-istri menghadap bersama dan menjelaskan tujuan dan penggunaan uang yang diajukan sebagai utang. Sekalian dibicarakan bagaimana rencana pembayarannya. Perkara setelah itu mengajukan guyonan, "Nanti bayarnya gimana, nih? Bayar penuh atau separuh?" boleh saja. Tetapi yang mengajukan guyonan sebaiknya harus anak sendiri dan bukan yang berposisi sebagai menantu.

* Kakak atau adik yang sudah berumahtangga
Sebaiknya suami-istri menghadap bersama di hadapan pasangan suami-istri kakak atau adik dengan penjelasan yang sama dengan tujuan mengajukan utang. Sangat tidak disarankan untuk mengajukan guyonan sebagaimana kepada orangtua. Bahkan yang berutang harus bertanya perihal bunganya. Apakah nanti kakak atau adik yang menyatakan tidak ada bunga dan yang dibayar cukup 75 persen saja, itu bonus namanya.

Komitmen dan etika
Ketika menjadi pihak yang berutang, itu artinya Anda sudah dipercaya oleh keluarga. Maka komitmen dan etika harus dijaga. "Pinjam uang ketika benar-benar diperlukan dan jangan meminjam uang untuk barang konsumtif," tegas Tiwin.
Ketika mengembalikan uang, sebaiknya suami-istri menghadap kembali ke pemberi pinjaman. Bila dia kemudian menyatakan uang cukup ditransfer, itu soal lain.
"Bila sampai terjadi tidak tepat waktu dalam membayar, sampaikan alasannya, dan jangan diam tanpa kabar, kemudian berikan komitmen baru. Setelah ada uang, selesaikan kewajiban. Meski dengan saudara, jangan berusaha untuk 'memanfaatkan' karena bisa jadi bumerang. Di saat kita benar butuh, bisa jadi saudara kita tak mau lagi membantu," tambahnya.

Jangan keterusan
Urusan meminjam uang menjadi masalah ketika Anda terus melakukannya. Karena itu berarti ada yang salah dalam pengelolaan keuangan atau gaya hidup keluarga Anda. Di sisi lain, juga akan menjadi masalah kepada saudara yang lain karena berarti Anda menjadi "beban" dan mengganggu mereka.
"Keluarga lebih menjelaskan adanya ikatan darah, tetapi bukan berarti 'penanggung kehidupan' dan tempat berutang. Setiap orang diharapkan dapat mandiri yang merupakan salah satu ukuran kedewasaan. Konsep ketika anak yang tua, yang sudah berhasil, kemudian membantu saudaranya yang lebih muda adalah baik. Tetapi ketika sudah berkeluarga, maka pembicaraan masalah keuangan sudah tidak bisa lagi sebebas dulu karena masing-masing sudah memiliki keluarga yang harus diperhatikan," tutup Tiwin.

Bagaimana cara meminjam uang dari teman

Kebutuhan tak terduga bisa datang kapan saja. Termasuk saat kondisi keuangan menipis, bahkan habis tak tersisa. Meminjam uang menjadi solusinya, termasuk dari teman Anda. Normal saja sih, meminjam uang dari teman. Namun, ada aturannya agar hubungan pertemanan tak jadi rusak karena masalah utang.

Yang perlu Anda persiapkan sebelum meminjam uang adalah menuliskan sejumlah hal seperti surat kesepakatan, surat perjanjian, timeline, tingkat bunga, serta penjelasan tertulis tentang kebutuhan personal Anda.



Setelah menyiapkan dokumen tertulis tersebut, jalankan tekniknya:

1. Jelaskan secara rinci alasan meminjam uang
Anda perlu menjelaskan mengapa Anda membutuhkan pinjaman uang dari teman. Tak sekadar mengatakan jumlah pinjaman dan untuk apa digunakan, tetapi juga jelaskan bagaimana uang tersebut akan digunakan. Apalagi jika jumlah pinjaman cukup besar. Penjelasan yang lebih rinci akan membuat teman Anda mempertimbangkan keinginannya untuk meminjamkan uang.

2. Sebutkan jumlah pinjaman secara spesifik
Teman Anda bukan bank yang memiliki dana cair dalam jumlah banyak. Bagaimanapun, kondisi keuangan pribadi lebih terbatas dibandingkan institusi keuangan. Jadi, sebutkan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan melebihkan. Berikan angka spesifik sesuai jumlah yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan darurat Anda.

3. Membayar cicilan melebihi anggaran
Jika Anda sudah bersepakat dengan teman untuk membayar cicilan dengan anggaran tertentu, upayakan untuk membayar lebih, sehingga Anda bisa menyelesaikan utang lebih cepat dari jadwal. Cara ini melegakan bagi Anda karena bisa lebih cepat terbebas dari beban utang. Selain itu, teman Anda juga bisa segera mendapatkan kembali uangnya. Menyelesaikan cicilan lebih awal lebih aman daripada menunggak utang kepada teman.

4. Negosiasikan bunga
Hubungan pertemanan menjadi tak nyaman karena urusan pinjam-meminjam uang. Bukan lantaran pinjamannya, melainkan karena jumlah bunga yang diinginkan salah satu pihak terlalu tinggi. Buatlah kesepakatan bersama dengan melakukan negosiasi. Anda juga perlu menawarkan bunga pinjaman yang kompetitif tetapi masih terjangkau oleh keuangan Anda.

5. Carilah saksi
Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Bagi teman dekat yang sudah terbangun rasa saling percaya, tak sulit untuk mengeluarkan dana pinjaman. Namun, tak semua orang bisa mudah percaya. Jika merasa perlu, datangkan saksi saat Anda membuat surat perjanjian pinjaman uang, terutama jika jumlah pinjaman terbilang besar. Kontrak perjanjian perlu dibuat formal, dengan materai jika perlu. Saksi bisa pihak lain yang terpercaya atau bahkan pengacara. Kebutuhan saksi disesuaikan dengan jumlah pinjaman tentunya.

6. Berikan nilai tambah
Berikan pelayanan kepada teman yang meminjamkan Anda uang, seperti memberikan voucer diskon yang Anda miliki kepadanya. Atau, jika Anda memiliki bisnis atau produk tertentu, berikan diskon kepada teman Anda.

Bagaimana cara memanfaatkan selera untuk menambah uang

Persoalan keuangan kebanyakan orang muncul karena lebih memenangkan keinginan daripada kebutuhan. Artinya, keinginan memenuhi selera, seperti memiliki model tas atau sepatu yang menjadi kesukaan, memicu belanja lebih tinggi. Kebiasaan memenuhi selera di awal masa gajian lantas membuat uang tak bersisa. Padahal banyak kebutuhan yang harusnya dipenuhi lebih dini, cicilan hutang misalnya.
Dengan membuat prioritas pengeluaran (baca Trik Menghabiskan Gaji Tanpa Rasa Bersalah), persoalan keuangan yang umum terjadi ini bisa terselesaikan. Memang dibutuhkan konsistensi dan kedisplinan untuk mengubah kebiasaan.


Jika mampu mengubah kebiasaan, Anda akan bisa memenuhi semua selera yang tak pernah ada batasnya itu, tanpa mengorbankan kebutuhan wajib lain. Atau sebaliknya, Anda tak perlu mengorbankan keinginan memenuhi selera karena harus memenuhi semua kebutuhan prioritas.

Perencana keuangan, Ahmad Gozali, mengatakan selera yang dimiliki setiap orang bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan penghasilan. Maksudnya, jadikan selera atau keinginan untuk menggali kembali potensi diri dan menambah penghasilan.

"Selera tidak ada batasnya, sedangkan salary ada batasnya. Dalam jangka pendek, selera harus dikalahkan dengan mengikuti batasan salary. Namun dalam jangka panjang, Anda bisa mengikuti selera, dengan mendorong potensi diri yang masih bisa dikembangkan untuk menambah penghasilan," jelas Gozali dalam workshop keuangan diadakan EXPERD
bertema "Salary VS Selera" di Barcode, Kemang, Jakarta, Sabtu (24/7/2010) lalu.

Gozali menyampaikan, sebenarnya Anda sudah bisa memenuhi selera dengan penghasilan yang ada saat ini, berapapun jumlahnya. Namun keinginan untuk memenuhi selera yang terus muncul tanpa batas bisa dipenuhi, asalkan Anda berupaya lebih giat meningkatkan kemampuan diri.

"Bisa jadi banyak potensi dalam diri yang belum digali. Jika sudah digali, akan banyak kesempatan terbuka bahkan untuk meningkatkan penghasilan. Tentu saja dengan memenuhi empat prioritas lebih dahulu, lalu sisanya masih banyak uang yang bisa dibelanjakan memenuhi
berbagai selera," kata Gozali kepada Kompas Female.

Persoalannya, apakah empat prioritas kebutuhan Anda sudah dipenuhi? Jika belum, kurangi belanja yang sifatnya konsumtif untuk memenuhi selera. Lalu mulailah merencanakan keuangan, jangka pendek (mengalahkan selera) dan jangka panjang (mengikuti selera).
"Rata-rata inflasi setiap tahunnya 7 - 9 persen, bahkan pernah mencapai 12 - 15 persen. Sedangkan gaji rata-rata naik hanya 5 persen saja. Kenaikan gaji tak bisa mengejar inflasi. Belum lagi kebutuhan yang terus berkembang, dengan bertambah dan berkembangnya anak misalnya," Gozali menjelaskan.

Selera, bisa menjadi motivasi lain untuk mengejar ketertinggalan penghasilan dari tingginya inflasi. Caranya, segera memulai perencanaan keuangan dengan menentukan prioritas sesuai kondisi finansial Anda.

Bagaimana cara menginovasi keuangan keluarga

Apakah Anda termasuk keluarga muda yang baru menikah, atau paling tidak memiliki satu atau dua anak yang masih kecil? Apakah istri dan suami sama-sama bekerja dan menghasilkan pendapatan bagi keluarga? Jika ya, bagaimana caranya Anda mengatur pendapatan keluarga?

Berdasarkan asa normatif dalam pengelolaan keluarga, sesungguhnya tidak ada istilah uang yang bersumber dari pendapatan suami atau istri. Ketika dua orang bersepakat membangun rumah tangga, maka penghasilan pasangan tersebut mesti disebut sebagai penghasilan keluarga.

Pada zaman modern ini, tulang punggung keluarga tidak selamanya ada di pundak suami. Banyak juga para istri yang bekerja. Selain itu, tidak sedikit para istri yang bekerja karena sudah sejak sebelum menikah memang sudah memiliki penghasilan sendiri.


Pertanyaannya kemudian, apakah kalau istri sudah sejak lama memiliki penghasilan sendiri, maka setelah menikah dan tetap bekerja, penghasilan yang diperolehnya semata-mata untuk memenuhi keperluan pribadi? Semestinya adalah tidak. Karena, pasangan suami istri pada hakikatnya memiliki tujuan keuangan yang sama, yakni terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan, dan papan untuk keluarga.

Lantas bagaimana agar paradigma yang selama ini berkembang di sebagian kalangan, sebagaimana diuraikan di atas, bisa diubah? Kemuan dan kebesaran hati. Itu jawabannya. Bagaimana konkretnya?

Komitmen dan tujuan keuangan
Pertama, komitmen. Ketika Anda berumah tangga, itu berarti Anda sudah siap untuk berbagi penghasilan untuk keperluan rumah tangga Anda. Jika Anda masih menggunakan ideologi individual dalam rumah tangga Anda, itu tidak ada bedanya dengan hidup sendiri. Ujung-ujungnya akan bermuara pada masalah keuangan. Oleh karena itu, memiliki komitmen untuk berbagi merupakan fondasi dalam pengelolaan keuangan keluarga. Jika selama ini suami -istri sudah telanjur menggunakan paradigma, penghasilan merupakan hak masing-masing, maka ubahlah paradigma tersebut. Tidak ada kata terlambat.

Kedua, menentukan tujuan keuangan secara bersama. Berapa banyak aset yang ingin dimiliki? Bagaimana menyiapkan biaya anak sekolah? Dan lain sebagainya. Setiap keluarga memiliki hak untuk menentukan tujuan keuangannya masing-masing. Namun, yang menjadi kata kunci adalah bagaimana membuat prioritas dari tujuan keuangan tersebut. Siapa yang mesti mengalah dan apa yang mesti diutamakan.

Contoh sederhana adalah kebutuhan kendaraan untuk keluarga. Bisa jadi, karena ketidaksamaan pandangan akhirnya dana keluarga habis untuk membeli barang yang tidak produktif. Yang paling sering terjadi adalah soal mobil. Bisa jadi si suami ingin mobilnya berjenis sedan. Tujuannya, agar kalau ke kantor bisa lebih bergaya. Akan tetapi, sang istri ingin jenis kendaraan yang bisa memuat banyak orang karena masing ingin bepergian bersama-sama keluarga besarnya. Jika tidak ada titik temu, keluarga tersebut kemudian membeli dua mobil yang notabene tidak produktif.

Hal semacam ini bisa mengakibatkan dana untuk pembelian mobil membengkak, dan dapat mengganggu pencapaian tujuan keuangan keluarga. Oleh karena itu, dalam konteks tujuan keuangan ini, kedua pihak sejatinya mesti bersedia untuk mengalah dan mengutamakan aset yang bersifat produktif. Sementara untuk aset konsumtif sebaiknya berdasarkan fungsi dan kebutuhan dasar, bukan sekadar keinginan belaka.

Tujuan keuangan dan alokasi pendapatan
Ketiga, bagaimana cara mencapai tujuan keuangan keluarga? Setiap tujuan keuangan bisa dicapai dengan menyisihkan penghasilan ke dalam tabungan, dan setelah mencukupi, maka tabungan tersebut dipergunakan untuk memenuhi tujuan keuangan itu tadi.

Lebih modern lagi, penghasilan yang disisihkan tersebut dialokasikan tersebut disalokasikan untuk berinvestasi hingga jumlahnya terus bertambah, sampai suatu ketika jumlah tersebut bisa memenuhi tujuan keuangan keluarga, apa pun tujuan tersebut.

Akan tetapi, bagaimana jika tujuan keuangan tersebut, misalnya memiliki rumah atau apartemen ingin diperoleh saat ini? Apakah tidak bisa? Bisa, beli rumah atau apartemen dengan cara berutang. Selanjutnya, utang tersebut dicicil dan diangsur dari penghasilan bulanan suami dan istri. Intinya di sini adalah suami dan istri mesti memiliki kesepakatan, jika hendak mencapai tujuan dengan cara berutang, maka tanggung jawab ada di kedua pihak.

Konsekuensi yang lain, dari seluruh penghasilan keluarga, setiap bulannya harus disisihkan secara konsisten dana untuk mengangsur pembayaran utang. Itu berarti keinginan untuk membelanjakan dana bagi keperluan lain mesti dikurangi. Dengan kata lain, jika tidak mampu disiplin menyisihkan penghasilan untuk membayar utang kredit rumah, maka rumah itu sendiri bisa hilang dan tujuan keungan yang hendak dicapai dengan berutang akan pupus.

Keempat, mengalokasikan pendapatan suami dan istri untuk peruntukkan yang jelas, termasuk investasi dan juga pengeluaran biaya kebutuhan sehari-hari. Caranya? Penghasilan kedua pihak dimasukkan dalam sebuah rekening tabungan, dan itulah yang disebut dengan penghasilan keluarga. Lalu, dari seluruh penghasilan tersebut dipilah untuk kebutuhan sehari-hari atau konsumsi, dan juga investasi. Di sini, yang terpenting adalah keterbukaan kedua belah pihak. Setiap bulan, suami dan istri bersama-sama meninjau kondisi keuangannya. Begitu seterusnya.

Bagaimana cara mengatasi kesulitan dalam berutang

Rasanya sulit dipercaya jika ada manusia di dunia ini yang terbebas dari ikatan utang. Contohnya saja, membeli rumah yang membutuhkan dana besar sehingga memaksa kita untuk berutang. Belum lagi biaya anak sekolah hingga kuliah. Seringnya, kondisi semacam ini membuat utang sulit lepas dari tangan. Bagaimana mengatasinya?

Si utang baik
Bicara tentang utang, idealnya tak mencapai 36 persen dari penghasilan kotor Anda. Dan, patokan inilah yang biasanya dilihat oleh bank ketika akan meminjamkan dana besar, taruhlah untuk rumah.



Akan tetapi, tak bijak juga jika Anda menghindari utang karena berarti seluruh penghasilan akan tersedot untuk memenuhi kebutuhan berdana besar sehingga tak ada dana cadangan untuk keperluan darurat.

Jika begitu, apa yang harus dilakukan oleh pasangan ketika dihadapkan dengan utang?

Pertama, ketahui apa yang dimaksud dengan utang baik dan utang buruk. Definisi utang baik adalah segala sesuatu yang Anda butuhkan, tetapi belum bisa didapatkan, kecuali dengan menjual semua aset.

Contoh utang baik adalah membeli rumah. Alasannya, kecil kemungkinannya bisa melunasi pembelian rumah sekaligus. Namun, jangan terlalu ambisius dalam membeli rumah idaman, pastikan Anda telah menghitung secara finansial selama masa cicilan berlangsung. Yang jelas, semakin rendah pinjaman Anda, semakin singkat pula waktu mencicil.

Yang lainnya adalah membayar pendidikan tinggi untuk anak.

Daripada mengorbankan dana pensiun atau asuransi kesehatan, lebih baik Anda berutang (jika tak memiliki asuransi pendidikan). Sebab, pendidikan adalah investasi abadi dan suatu hari nanti akan menghasilkan lebih banyak lagi keuntungan material untuk sang buah hati.

Jenis utang baik lainnya yang bisa Anda ambil adalah investasi kendaraan bermotor, seperti mobil. Pertanyaannya adalah, jika Anda sudah mempunyai mobil, perlukah membeli mobil lain? Jawabannya ditentukan dari kondisi mobil yang dipakai. Jika memang sudah tua dan sering rusak, lebih baik jual dan investasikan dalam bentuk mobil yang lebih layak plus tidak rewel. Karena biaya perbaikan mobil memakan biaya besar, lho! Padahal, dananya bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain.

Awas utang buruk
Lantas, apa yang disebut dengan utang buruk? Ia adalah barang atau jasa yang sebenarnya tak diperlukan, tapi Anda menginginkannya, padahal penghasilan sama sekali tak mencukupi. Karakteristiknya adalah biasanya murni untuk konsumsi sesaat, membuat penghasilan bersih Anda menyusut, menghapus kemungkinan untuk investasi atau penghasilan yang lebih besar. Kasus terparah dari kasus ini adalah mismanajemen penggunaan kartu kredit yang biasanya berbunga tinggi.

Jika tak ingin terlilit utang buruk, yang harus dilakukan sebenarnya sederhana, yaitu mengetahui pola pengeluaran dan analisis mana yang tak penting atau tak diperlukan. Misalnya, ketika pergi berbelanja bulanan, Anda sering tergoda untuk membeli peranti elektronik atau aksesori, yang sebenarnya tak perlu dibeli. Hindarilah kebiasaan ini dengan meneguhkan niat atau buatlah daftar belanjaan yang mendetail sejak di rumah.

Alihkan juga pola pikir ketika berbelanja. Jangan berpikir, "Saya sudah bekerja keras, saya layak membeli baju seharga sekian juta atau berlibur ke Pantai X yang menghabiskan biaya berpuluh juta". Padahal nyatanya, utang kartu kredit Anda sudah membubung tinggi hingga jutaan rupiah. Bukankah lebih baik dana dialihkan untuk membayar cicilannya?

Bukan tidak boleh, lho, menggunakan kartu kredit. Tetapi, lebih baik gunakan untuk kebutuhan besar atau mendadak. Seperti ketika anggota keluarga sakit, kartu kredit bisa saja dipakai untuk membayar uang muka perawatan di rumah sakit sembari menunggu cairnya klaim asuransi kesehatan.

Jangan lupa juga untuk selalu membayar tagihan kartu kredit. Cobalah membayar lebih tinggi dari cicilan minimum, ya. Akan tetapi, lebih baik jika memprioritaskan membayar tagihan kartu kredit dengan bunga tertinggi dan tentukan batas maksimal pembayaran per bulan tanpa mengganggu kebutuhan primer lainnya.

Lalu, tagihan yang lainnya dibayar dengan cicilan minimum. Begitu tagihan dengan bunga tertinggi selesai, lanjutkan ke tagihan lain yang bunganya lebih tinggi lainnya setelah bunga yang pertama dan seterusnya.

Masih ada pilihan
Lantas bagaimana jika utang sudah merambat, apakah sudah terlambat? Yang terpenting adalah jangan panik karena tidak akan menyelesaikan masalah, malah memperumit. Tetaplah fokus pada tujuan utama, yaitu melunasinya.

Meski membutuhkan waktu lama dan harus mengorbankan beberapa kebutuhan sekunder, pada akhirnya semua untuk kebaikan Anda, kan? Jangan juga melanjutkan kebiasaan berutang, tidak perlu panik jika melihat sesuatu yang ingin Anda beli. Selalu pikirkan baik-baik, apakah Anda benar-benar memerlukannya? Jika ya, Anda bisa menabung atau jika Anda kurang andal menabung, ikuti saja program tabungan berencana di bank.

Terakhir, pada dasarnya yang harus dicamkan adalah bukan berapa banyak dana segar yang dimiliki, melainkan apakah ada cara untuk membuat uang Anda "bekerja keras" sehingga bisa menghasilkan lebih banyak uang lagi seperti melakukan investasi.

Bagaimana cara mengakhiri kebohongan financial

Masalah keuangan kerapkali menjadi sumber konflik. Hal ini kerap membuahkan kehancuran hubungan, termasuk hubungan suami istri. Penyebabnya bukan hanya karena perbedaan penghasilan (istri berpenghasilan lebih tinggi), atau gaya hidup besar pasak daripada tiang. Membohongi pasangan tentang penggunaan uang menjadi bentuk perselingkuhan yang berbahaya.


Menurut survei dari Harris Interactive, satu dari tiga orang telah ditipu pasangan mereka tentang uang. Sedangkan satu dari empat orang mengatakan bahwa pasangan mereka telah menyembunyikan informasi keuangan dari mereka. Perselingkuhan keuangan seperti inilah yang berpotensi menghancurkan hubungan, bahkan mengganggu petualangan seksual pasutri.

Dayana Yochim, pengarang The Motley Fool's Guide to Couples & Cash: How to Handle Money with Your Honeymenegaskan kebohongan finansial menjadi pertanda buruk hubungan pasutri.

"Persoalannya bukan hanya karena nilai uangnya. Problem ini bicara soal kekuasaan, otonomi, kekhawatiran, harapan, nilai personal, dan kepercayaan," kata Yochim.

Kebohongan keuangan seperti apapun tak bisa dilihat sepele. Untuk skala besar contohnya utang kartu kredit yang membludak. Atau membohongi pasangan, bahwa Anda membeli barang yang disukai karena diskon 75 persen, padahal Anda membelinya dengan harga penuh. Persoalan kebohongan keuangan semakin kompleks jika pada akhirnya Anda tak mampu menyelesaikannya sendiri. Apalagi jika sudah menyangkut pihak lain yang dirugikan. Pasangan pun mau tidak mau menjadi terlibat dan turut bertanggung jawab, jika tak ingin terlibat masalah keuangan yang lebih besar lagi. Di sinilah konflik uang akhirnya merusak hubungan.

Agar tak terjebak dalam situasi tak menyenangkan ini, sebaiknya mulailah jujur dan terbuka, caranya:

"Jika saat ini Anda sedang melakukan pembohongan keuangan, segeralah mengaku. Katakan terus terang dan dengan penuh sesal. Mengertilah keadaan pasangan yang merasa dikhianati karenanya," kata psikoterapis Bonnie Eaker Weil, PhD, yang juga penulis buku Financial Infidelity: Seven Steps to Conquering the #1 Relationship Wrecker.

Kemandirian finansial perlu dibahas sejak awal. Utarakan kepada pasangan bahwa Anda perlu memiliki kehidupan finansial mandiri. Pisahkan rekening tabungan khusus untuk Anda. Anda pun bisa melakukan perencanaan keuangan untuk diri sendiri. Misalnya untuk dana pensiun, investasi, atau yang lainnya, dengan penghasilan Anda.

"Anda harus punya uang sendiri dan kemandirian finansial. Kondisi finansial perempuan cenderung rentan apalagi jika ditinggalkan suami, karena meninggal atau perceraian. Anda perlu jujur dan terbuka kepada pasangan bahwa Anda memerlukan uang di rekening pribadi. Namun pastikan Anda tetap berkontribusi atas keuangan bersama dan tetap bertanggung jawab untuk mengisi rekening bersama," jelas Weil.

Buat kesepakatan finansial bersama pasangan. Aturan seputar uang perlu dirancang untuk menyelamatkan finansial individual atau keluarga. Anda dan pasangan perlu menyepakati batas pengeluaran. Misalnya, Anda dan pasangan dilarang secara sepihak menghabiskan uang dengan nilai tertentu dari rekening bersama. Prinsipnya, selalu diskusikan atau konsultasikan kebutuhan dan pengeluaran bersama pasangan. Buat juga kesepakatan untuk memberikan waktu memanjakan diri sendiri seminggu sekali. Berikan anggaran untuk me time dengan kesepakatan bersama.

Catat semua hal seputar keuangan. Pastikan untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran personal maupun bersama pasangan. Cara ini perlu dilakukan untuk menghindari perselisihan. Bukan maksudnya tak percaya kepada pasangan. Namun dengan catatan keuangan yang tertata rapi, Anda dan pasangan pun bisa mengontrol pengeluaran demi kondisi finansial yang lebih ajeg.

Featured