Home » » Cara Memilih Provider Internet Yang Cepat

Cara Memilih Provider Internet Yang Cepat

Kali ini saya akan membahas suatu permasalahan yang sebenarnya cukup penting, yaitu tentang pemilihan provider internet, dikarenakan kita tidak dapat melakukan aktivitas berinternet apabila kita tidak berlangganan atau membeli kuota internet dari perusahaan internet provider. Lebih mengerucutnya lagi, provider yang akan saya bahas adalah yang berupa mobile dan beasr, yaitu antara telkomsel, xl, indosat, tri. Keempat provider internet ini cukup dapat dihandalkan dan banyak digunakan banyak orang, namun kali ini saya akan coba membandingkan keempat provider tersebut.

Kecepatan Akses Internet

Untuk kecepatan akses dalam berinternet, dapat dikatakan bahwa 4 provider ini adalah yang paling unggul di indonesia karena sudah cukup lama beredar di indonesia dan mendapat untung cukup banyak sehingga bisa mengembangkan infrastruktur penunjang akses internet mereka. Kecepatan yang mereka tawarkan umumnya sama karena teknologinya masih mirip-mirip, akan tetapi seringkali ada teknologi yang lebih unggul pada telkomsel sehigga dia dapat memberi akses internet yang lebih baik, umumnya karena jangkauan sinyalnya yang lebih kuat.

Misalnya untuk iklan yang hingga 7,2 mbps, nah itu semua provider ini mengaku bahwa kecepatannya hingga segitu, tapi hanya dapat dicapai bila kita sinyalnya penuh dan dekat sekali dengan tower pemancar sinyal mereka, kalau kita agak jauh maka hampir dipastikan bahwa kecepatan internet tidak akan segitu. Sama berlaku untuk semua provider ini.

Harga Kuota

Harga kuota internet paling murah biasanya ada pada 3 dan indosat bila diantara 4 provider ini. Tapi kini indosat lebih murah dikarenakan dia memberi bonus besar sampai bergiga-giga bila digunakan antara jam 9-17 sehingga total kuota yang bisa digunakan akan jauh lebih besar dibanding yang lain dan kecepatannya juga relatif stabil pada kecepatan tinggi. Lain lagi dengan 3, ini bisa murah karena kalau kita sering bersosial media maka bisa jadi ini dapat membantu anda karena kuota untuk facebook dia beri gratis, jadi walau buka banyak foto dan video asalkan di facebook maka banyak file pun tidak akan mengurangi kuota milik kita. Bila pengguna sosial media tentu akan menjadi keuntungan tersendiri bila menggunakan 3, dan yang karyawan akan dapat sinyal murah kalau pakai indosat.

Untuk telkomsel dan xl, relatif agak mahal bila dibanding yang 2 itu. Kalau telkomsel saya dapat mengerti karena sinyalnya sangat luas dan cukup kuat sehingga internetnya paling stabil walau masih masuk kategori tidak stabil, paling tidak paling stabil diantara 4 ini, harganya agak mahal dan kalau habis kuota akan memotong pulsa kita tanpa pemberitahuan. Kalau xl saya sudah coba tapi tidak bisa kecepatan tinggi tapi harganya mahal.

Jangkauan Area Sinyal

Jangkauan sinyal telkomsel adalah paling unggul, bila sering bepergian keluar kota maka saya pribadi mengharuskan diri pakai telkomsel karena agar tetap bisa dapat sinyal. Pengalaman saya pakai xl dan indosat, bila keluar kota sedikit saja yang agak pinggiran kota bear, maka sinyal sudah agak susah, jangankan untuk internet, untuk melakukan terima dan balas sms saja kadang gagal kalau dalam mode sinyal 3G. Padahal untuk bisa internetan kan enak yang 3G soalnya kalau edge itu sangan lambat dan sama saja suka mengalami gagal load halamana yang ingin kita buka.

Pada 3, sinyalnya mungkin nebeng telkomsel karena luas juga, tpi kecepatannya agak kecil, mungkin karena nebeng telkomsel tapi tidak 100 persen sehingga kecepatannya tidak sebaik telkomsel walau ada sinyalnya tapi suka gagal juga berinternetannya kecuali dengan opera mini.

Stabilitas

Nomer 1 ialah telkomsel, indosat nomor 2 dan 3 bersaing ketat dengan xl, sinyal 3 paling kurang stabil walau jangkauannya luas. 3 Sayang sekali melewatkan kestabilan padahal itu sangat penting, harga sudah berhasil murah dan jangkauan luas, alangkah lebih baik bila dia juga stabil, mudah-mudahan lain kesempatan bisa lebih baik lagi ya 3.

telkomsel memang sudah terbukti paling stabil, di tengah kota relatif tidak akan putus internetannya walaupun sedang youtubean dan melakukan downlaod dan upload jumlah file yang besar. Walau sesekali dia putus koneksinya tapi sudah yang terbaik dan terhitung jarang dibanding 3 provider yang lainnya ini.

Kesimpulan

Jadi saya pribadi setelah banyak pengalaman menggunakan ini saya pilih telkomsel untuk provider internet andalan saya, saya sudah menggunakan 4 provider ini selama berbulan-bulan sehingga saya tahu seluk beluknya. Untuk indosat murah tapi pengalaman saya pribadi agak kurang stabil. Xl dan 3 tidak saya gunakan sebagai provider internet utama saya karena tidak cepat bila dibanding yang telkomsel dan indosat, xl lebih stabil tapi jangkauan tidak luas, 3 tidak stabil dan tidak cepat, dia enak pada kegiatan yang membutuhkan kecepatan internet tidak cepat. Sekian dari saya.

Featured