Home » , » Mendongkrak Performa Windows XP Agar Berjalan Lebih Cepat

Mendongkrak Performa Windows XP Agar Berjalan Lebih Cepat

Tidak bisa kita pungkiri sampai saat ini sistem operasi windows masih merupakan sistem operasi paling banyak digunakan, paling tidak dinegara kita Indonesia. Sistem windows mempunyai user interface yang friendly sehingga banyak orang enggan untuk meniggalkan sistem operasi windows ini.

Tapi kadang kita merasa kinerja windows berjalan tidak seperti dulu pada waktu pertama kali kita install. Ini dikarenakan setiap kali kita menggunakan komputer dan program-program didalamnya sebenarnya kita meningglakna sampah berserakan sedikit demi sedikit sehinga membuat penuh sistem. Jika terjadi seperti itu maka performa Windows menjadi lambat dan kurang bisa maksimal.


Dalam bahasan kali ini akan diterangkan bagaimana membuat windows XP anda kembali ke performa aslinya sebagai berikut dibawah ini :

Matikan beberapa services windows yang tidak berguna
Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mematika services (program bawaan windows) yang tidak anda perlukan. Caranya adalah masuk ke menu run (winkey+R) kemudian ketik “services.msc” tanpa tanda petik kemudian tekan enter.
Setelah muncul jendela services local, cari service dengan nama Alerter, Indexing Service, Netmeeting Remote Desktop Sharing, Remote Desktop Help Session, Net Logon, Clipbook, Computer Browser, dan Human Interface Access Device. Pada service diatas klik kanan dan pilih properties kemudian ganti pada combo box startup type menjadi disabled.
Kemudian sialakan Restart komputer anda untuk mengetahui hasilnya.

Hapus prefetch data.
Prefetch data adalah data yang dibuat windows saat memindahkan data dari memory utama ke memory sekunder. Hapus prefetch data ini agar windows dapat berjalan lebih cepat. Windows prefetch ini terdapat pada direktory C://windows/prefetch.

Atur menjadi performance orientation
Pada windows XP sebenarnya telah diberikan sebuah pengaturan standart untuk membuat kinerja windows lebih cepat. Cara membuka pengaturan ini adalah dengan cara klik kanan pada my computer, kemudian pilih properties. Sorot tab advance kemudian pilih performance. Rubah dari “let’s windows xxxx” menjadi “adjust best performance”.

Manfaatkan program – program pembantu.
Memanfaatkan program - program  yang disediakan third party yang bertujuan untuk meningkatkan performa komputer anda.

Featured