Home » , » Tips dan Trik Membersihkan Lensa Kamera

Tips dan Trik Membersihkan Lensa Kamera

Fotografi saat ini telah banyak diminati. Baik dari kalangan pelajar sampai bussinesman. Tapi kadang kita temui bahwa mereka yang masih awam kadang tidak mengerti bagaimana cara merawat kamera mereka, khususnya pada bagian lensa dimana lensa kamera adalah bagian paling sensitif dari sebuah kamera.

Pernahkah anda mengalami saat memotret suatu objek, timbul seperti bercak-bercak ditepian foto? Itulah yang disebut sebagai jamur pada lensa kamera. Adanya objek pengganggu seperti ini akan menimbulkan ketidaksempurnaan pengambilan gambar.

Untuk itulah akan dijelaskan bagaimana cara membersihkan lensa kamera dengan benar, sehingga anda dapat secara mandiri merawat kamera anda.

Pertama kita harus menyiapkan peralatan untuk membersihkan lensa kamera yang kita punya. Peralatan ini cukup mudah ditemui disekitar kita, hanya mungkin ada satu peralatan yang khusus dibuat untuk membersihkan lensa kamera.
Baiklah, peralatan yang harus disiapkan adalah:
  • Kuas dengan bulu halus, pilih kuas dengan bulu paling halus, usahakan untuk menggunakan kuas baru untuk memastikan bahwa kuas benar-benar bersih. Dan satu lagi, pilihlah kuat yang bulu –bulunya tidak gampang lepas.
  • Dust blower. Alat ini mirip pompa kecil, hanya saja alat ini memang khusus dipergunakan untuk meniup debu ditempat-tempat tertentu, seperti di lensa kamera ini cotohnya.
  • Tissue, tissue yang digunakan juga usahakan yang mempunyai permukaan lembut dan tidak gampang sobek.
  • Kain micro fiber.
  • Lens pen. Untuk dua item terakhir ini dapat anda beli ditoko kamera.
Langkah - langkah yang anda lakukan untuk membersihkan lensa kamera anda adalah sebagai berikut :
  • Bersihkan lensa dengan menggunakan kuas, dangan cara menggosokkan ujung kuas ke lensa kamera dengan sedikit ditekan tetapi jangan terlalu keras karena malah dapat merusak lensa kamera anda.
  • Setelah dirasa debu-debu besar hilang sekarang lakukan tiupan ke sekeliling lensa kamera menggunakan dust blower. Ini bertujuan untuk mnyingkirkan debu – debu halus yang masih menempel di lensa kamera kita.
  • Debu ini mungkin belum terasa mengganggu sekarang, tapi lama kelamaan akan menumpuk dan mengotori lensa kita.
  • Jika tidak ada noda minyak atau bekas yang menempel pada lensa kamera kita maka anda dapat meloncati langkah 3 dan 4 ini. Langkah ketiga adalah dengan mengelap lensa kamera menggunakan tissue, ini ditujukan untuk menghilangkan noda yang menempel pada lensa. Gerakan yang dilakukan adalah memutar satu arah dimulai dari sisi luar kemudian berangsur-angsur kedalam.
  • Coba lihat setelah dibersihkan menggunakan kertas tissue apakah noda yang menempel pada lensa kamera telah benar-benar hilang. Jika belum maka anda perlu membeli cairan khusu untuk membersihkan lensa.
  • Usapkan sedikit cairan tersebut pada kain microfiber, kemudian usapkan sebagaimana tadi mengusapkan tissue pada lensa. Setelah dirasa cukup, tiup-tiuplah dengan ringan lensa kamera anda sehingga cairan yang ada pada lensa cepat mengering.
  • Setelah kering, maka gunakan lens pen pada lensa. Cara penggunaannya sama dengan cara mengusapkan tissue tadi.
Demikian cara membersihkan lensa kamera dengan sederhana. Dijamin lensa kamera anda akan bersih kembali dan siap untuk digunakan mengabadikan momen – momen penting dalam hidup anda.

Featured