Home » , » Beberapa Alasan Memilih Lensa Kamera

Beberapa Alasan Memilih Lensa Kamera

Kamera SLR atau DSLR memang dibuat agar lensa dari kamera tersebut dapat dibongkar pasang sesuai selera. Ini pula yang menjadikan fotografi menggunakanDSLR menjadi semakin beragam, karena hasil foto satu lensa dengan lensa yang lain akan berbeda. Untuk itulah anda harus tahu lensa mana yang akan anda pakai dalam suatu sesi pemotretan.

Jika anda telah mengetaui hal tersebut sekarang mari berpindah ke masalah selanjutnya, yaitu tidak bisa kita membeli semua jenis lensa untuk satu kamera. Selain akan menjadikan kurang maksimal, juga tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk membeli lensa kamera yang harganya ada yang menyamai harga kameranya sendiri. Untuk itu anda juga harus mempertimbangkan lensa kamera apa saja yang anda ingin miliki.


Beberapa pertimbangan yang harus anda lakukan mungkin adalah sebagai berikut.

Focal length-nya.
Besaran focal length adalah yang menentukan seberap jauh zoom anda. Semakin kecil atau pendek focal length suatu lensa maka sudut gambar yang ditangkap akan semakin lebar, dan semakin besar focal length akan semakin terasa pembesaran objeknya atau yang kita sebut dengan zoom.
Focal length dari lensa – lensa kamera yang saat ini dipasarkan dapat dibagi menjadi :
  • Wide dan Ultrawide. Lensa dari jenis ini mempunyai panjang focal length sampai 35mm. Lensa seperti ini digunakan untuk menangkap foto yang tidak menonjolkan satu buah objek, seperti foto pemandangan, gedung – gedung tinggi, ataupun foto keluarga. Dengan dipakainya lensa ini, sudut tangkap akan menjadi lebih lebar, sehingga tidak menyulitkan untuk menangkap setiap momen yang ada.
  • Standart length. Lensa dari jenis ini memiliki fokus dari 50 sampai 55 mm. lensa ini biasanya adalah lensa bawaan saat kita membeli kamera. Lensa ini dipergunakan untuk mengambil gambar standart yang tidak memerlukan sudut atau teknik pengambilan khusus.
  • Lensa tele atau telephoto. Lensa ini menggunakan panjang focal length sebesar 85-200mm. Untuk lensa jenis ini anda hanya dapat memotret objek yang tidak terlalu dekat dengan anda. Lensa ini biasanya digunakan untuk memberikan efek fokus kepada objek yang ada jauh didepan kita.
  • Lensa super tele atau super telephoto. Lensa ini mempunyai focal length sebesar 300-800mm. Lensa ini jarang ditemui, karena kegunaannya yang tidak semua orang membutuhkan. Lensa ini biasanya digunakan para fotografer alam liar, dimana para fotografer tersebut tidak harus mendekeat untuk mengambil gambar.
 Fix atau Zoom
Komponen kedua yang harus diperhatikan saat membeli lensa kamera adalah titik fokusnya. Dalam jenis titik fokunya lensa dibagi menjadi dua, yaitu lensa zoom dimana titik fokusnya dapat kita atus sendiri dan lensa fix yang dimana titikfokusnya tidak dapat kita rubah sehingga apabila kita ingin melakukan zoom suatu objek dengan menggunakan kamera fix, kita harus maju mendekati objek tersebut. Tapi jangan salah, bahwa lensa kamera ini biasanya memberikan efek ketajaman yang luar biasa dibandingkan dengan lensa zoom.

Kemampuan diafragmanya
Semakin besar diafragma maka semakin anda mendapatkan cahaya dan semakin mudah anda mengatur itik pencahayaan. Itulah kenapa lensa dengan ukuran diafragma lebih besar akan lebih baik.

Kebutuhan fotografi dan finansial anda.
Pertimbangan yang terakhir adalah mengenai anda sendiri. Coba anda tanyakan jenis fotografi seperti apakah yang anda inginkan, apakah anda membutuhkan lensa tele ataukah malah lensa super wide. Dan juga perhitungkan budget anda dalam membeli lensa, karena lensa yang bagus tidak akan dijual dengan harga murah.

Featured