Home » » Tutorial Cara Partisi Memori Eksternal Android

Tutorial Cara Partisi Memori Eksternal Android

Cara Partisi Memori Eksternal Android - Android merupakan ponsel pintar dengan berbasis open source.  Dengan  menggunakan open source memberikan kemudahan untuk anda mengembangkan android anda.  Anda dapat mengunduh apapun aplikasi dan mengganti apapun semau anda.  Android sendiri membutuhkn sokongan memori yang cukup.  Partisi memori eksternal android  mutlak dibutuhkan untuk memudahkan pengelolaan data. Dalam Android terdapat memori eksternal dan internal yang dapat digunakan secara bersama namun dengan kapasitas yang berbeda.


Munculnya saran untuk cara partisi memori eksternal android disebabkan karena sangat terbatasnya memori internal yang terdapat pada ponsel android anda. Untuk mengakali ini maka memori eksternal anda sebaiknya anda partisi untuk memberikan nilai lebih pada ponsel android anda.  Ada beberapa fungsi dari partisi memori eksternal android. Pertama, dapat memindahkan aplikasi yang terinstal di memori internal ke memori eksternal dengan aman. Kedua, memberikan ruang lebih bagi memori internal.

Dari paparan ini ada cara yang mudah untuk partisi memori eksternal android anda, dengan aplikasi Mini Tool partition. Berikut beberapa langkah sederhana dalam menjalankan aplikasi ini.
  • Silakan anda download software Mini Tool Partition dan install di computer atau laptop anda.
  • Lakukan back up pada memori anda. pilihlah file-file yang anda anggap penting. Simpanlah dikomputer anda, langkah ini diperlukan karena dalam proses partisi nantinya SD card anda akan di format ulang. Sehingga data yang terdapat di memori akan hilang. 
  • Setelah membackup dan menginstal aplikasi tersebut, silakan hubungkan memori anda kekomputer. Bisa langsung dari hp android dengan kabel usb atau menggunakan card reader. Terserah anda pilihlah yang sekiranya menurut anda paling aman.
  • Masuk aplikasi mini tool anda
  • Pilihlah partisi dengan format FAT32. Format ini memiliki fungsi untuk menyimpan data seperti JPG, MP3, File Office, 3GP, MP4,dan sebagainya. 
  • Klik memori yang akan dipartisi, silakan delete all partition, bila sudah kembali k memori tanda silakan klik create.
  • Setelah muncul kotak create new partition, silakan ikuti perintah ini. Create AS: isikan Primary, File System: isikan FAT32. Location dan size pada FAT32 silakan isi terserah anda. klik ok
  • Partisi selanjutnya hampir sama namun berbeda format. Bila tadi adalah FAT 32 maka partisi kedua memakai ext2. Untuk memindahkan data sistem ke memori eksternal. Isikan kurang dari 1G saja. Ketiga gunakan format Linux Swap yang bertujaun untuk meningkatkan performa memori anda.
  • Klik apply dan tunggu sampai selesai.
Demikian diatas sedikit tips bagi anda tentang cara partisi memori eksternal android semoga dapat bermanfaat bagi kita semua pecinta smartphone android.

Featured