Home » » Cara Mempercepat Booting Android Dengan Rescan Media Root

Cara Mempercepat Booting Android Dengan Rescan Media Root

Mempercepat Booting Android - Sering kali proses loading perangkat berbasis Android menuju homescreen begitu lama seusai reboot. Seusai muncul "Media scanner is running" pada notifikasi maka perangkat Android baru siap dan bisa untuk dioperasikan. Mungkin ini yang menjadi salah satu keresahan bagi pengguna Android harus menunggu dengan waktu yang agak lama untuk dapat memulai proses pengoperasian perangkat Android anda. Proses tersebut merupakan suatu proses melakukan scanning dari SDcard mencari file-file didalamnya berupa musik, gambar dan file lainnya. Dapat kita gambarkan jika kapasitas dari SDcard semakin besar maka proses scanning akan berlangsung lebih lama.

Proses scanning dari SDcard diatas merupakan keluhan yang sering dialami oleh pengguna perangkat Android, maka perlu dilakukan upaya untuk mempercepat proses booting Android agar tidak menunggu begitu lama sesudah reboot. Mengatasi hal tersebut dapat anda manfaatkan salah satu aplikasi yang terdapat pada playstore yaitu "Rescan Media Root". Rescan Media Root merupakan salah satu aplikasi yang dibuat untuk membantu anda dalam mempercepat proses booting perangkat Android. Namun tidak menutup kemungkinan pula dari sekian banyak yang menyukai aplikasi ini karena dapat bekerja 100%, disisi lain banyak pula yang gagal atau kurang puas dengan aplikasi ini. Itu semua tergantung dari perangkat Android yang dimiliki serta cara penggunaannya.


Tutorial  Mempercepat Booting Android Dengan Rescan Media Root


  • Langkah pertama silakan anda menginstal terlebih dahulu aplikasi Rescan Media Root yang terdapat pada Google Play Store.
  • Jika sudah terinstal pada perangkat Android anda silakan aktifkan  USB Debugging. Caranya yaitu masuk pada menu Setting >> Applications >> Development >> checklist USB debugging.
  • Silakan anda buka aplikasi Rescan Media Root, kemudian pilih Disable Media Scanner.
  • Untuk keluar dari aplikasi ini anda cukup menekan tombol "Back" lalu tunggu sekitar 5 detik untuk keluar dari aplikasi ini.
Catatan tambahan bagi anda yang sudah melakukan cara diatas namun ketika membuka galery, file foto, musik dan lainnya ternyata filenya tidak ada atau tidak muncul maka yang perlu anda lakukan yaitu membuka kembali aplikasi tersebut maka scanning akan berjalan secara otomatis. Jika file galery tetap tidak muncul, maka pilih Re-enable Media Scanner.

Salah satu aplikasi tersebut merupakan upaya  mempercepat Booting Android yang dapat anda lakukan dengan sederhana. Mungkin masih banyak aplikasi lain yang serupa, silakan anda coba dan rasakan hasil atau perbedaannya pada perangkat android yang anda miliki. Semoga sedikit tips mempercepat booting android diatas dapat bermanfaat bagi kita semua pecinta teknologi.

Featured