Home » , » Tips Membeli Kamera DSLR Second

Tips Membeli Kamera DSLR Second

Anda yang ingin mendalami dunia fotografi namun hanya memiliki kamera digital pasti belum puas untuk berkreasi. Kamera DSLR pasti menjadi impian anda untuk memilikinya, banyak pilihan dari produsen kamera yang menawarkan produk mereka dengan teknologi canggih. Imbas dari teknologi yang canggih tersebut adalah uang yang harus anda keluarkan untuk membeli sebuah kamera DSLR akan semakin banyak. Untuk menyiasati ini cara lain adalah membeli kamera DSLR bekas. Dengan cara ini sebenarnya sangat mudah untuk meringankan anda namun anda harus tetap waspada dan cermat dalam memilih kamera bekas. Kamera sendiri dapat diibaratkan dengan senjata bagi anda seorang fotografer pemula atau professional.

Ada beberapa tips membeli kamera DSLR bekas, mari kita lihat tips sedehana ini:
  • Lihat kembali kondisi umum kamera DSLR yang akan anda beli. Sebagus-bagusnya kamera tersebut anda tetap harus waspada dan cermat. Kondisi umu meliputi cat yang melapisi kamera tersebut apa sudah pudar atau mengelupas. Bila anda memnemukan kondisi ini berarti kemera tersebut seing dipakai dan umur dari kamera itu sendiri tinggal sedikit.
  • Selanjutnya mari anda cek keadaan mirror reflek. Bagian ini boleh dikatakan penting karena tempat anda membidik target. Indikasi mirrorreflex itu bagus adalah tidak adanya keretakan yang tampak, kebanyakan orang menjual kemeranya karena bagian ini mengalami kerusakan. Namun jangan takut tes kembali saja apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.
  • Cek system auto focus kamera tersebut. Fitur yang satu ini adalah fitur yang paling mudah digunakan dan sering digunakan. Lakukan dengan cara sederhana yaitu silakan cek pada view findernya lihat apakah pada titik auto focusnya masih berfungsi dengan setelan dan respon yang dihasilkan masih tepat. Setelah auto focus berfungsi lihat kembali view finder kamera tersebut pastikan view finder dalam keadaan bersih dan tidak mengalami sedikit kecacatan. Bila anda sudah membeli dan baru mengetahuinya, anda akan merasakan hasil jepretan anda tidak maksimal.
  • Tes berikutnya coba anda beralih ke tombol shutter. Bila anda sudah hafal untuk setingan seperti teknik planning, freeze cobalah anda gunakan memfoto dengan beberapa teknik tersebut. Tujuannya apakah tombol shutter tersebut merespon dengan baik tiap kecepatan yang telah anda tentukan. Jangan anda ambil jika tombol shutter tersebut dalam kondisi pernah dibongkar, karena secara komponen sudah berbeda dengan aslinya.
  • Selanjutnya anda cek mode eksposure apakah masih berfungsi dengan baik, karena daya pikat kamera ini terletak pada mode ekposure yang dapat membantu anda dalam memudahkan pengambilan foto sesuai dengan keinginan anda. LCD monitor juga harus anda cek dengan teliti dengan cara silakan anda mecoba foto apapun disekeliling gambar setalah itu lcd pasti menampilkan hasil dari foto anda, dengan cara ini anda dapat mengurangi resiko dead pixel pada lcd anda.
  • Selanjutnya cek kembali mount lensa kamera DSLR. Pastikan masih berjalan sempurna sebagai mana mestinya dan lajutkan periksa gird an pin levelnya.
  • Cek kembali sd card apakah masih dapat bekerja dengan baik dapat menyimpan foto selain itu periksa kembali port usb, trigger flash,hot shoe apakah terdapat karat dan berfungsi normal.
  • Terakhir cek seluruh tombol yang ada apakah masih berfungsi dengan baik dan silakan bernegosiasi dengan penjual untuk kesepakatan harga.

Featured