Home » » Aplikasi Gratisan Google yang Seharusnya Digunakan Mahasiswa

Aplikasi Gratisan Google yang Seharusnya Digunakan Mahasiswa

Menjadi mahasiswa masa kini adalah hal yang sngat berbeda dari menjadi mahasiswa di tahun-tahun sebelum berkembangnya computer dan internet. Ibarat punya perpustakaan di meja sendiri, siapapun bisa mendapatkan ilmu seluas samudra dengan sekali klik melalui jaringan internet.
Orang bilang, "coba search aja di Google!" untuk hampir segala hal termasuk urusan kampus tentunya. Nah, selain sebagai pusat peng-index, Google juga menawarkan banyak aplikasi yang bisa menunjang kuliah. Tentu saja semuanya masih tetap gratisan!



Google Drive (https://drive.google.com)
  1. Membuat proyek dan paper berkelompok secata kolaboratif
Katakan selamat tinggal untuk e-mail yang penuh dengan attachment dan sibuknya reply dari semua anggota kelompok. Kita sekarang bisa mengerjakan satu paper yang sama atau proyek yang sama di waktu yang sama dengan menggunakan Google Drive. Ini adalah langkah tepat untuk mencari sumber-sumber kutipan/materi dari sumber-sumber ilmiah kamu juga, karena di membuat document di Google docs bisa terhubung ke Google scholar yang meng-index website-website akademik yang menunjang

  1. Catetan Kuliah dan Pelajaran
    Nggak perlu lagi ketakuta hilang catatan. Dengan smartphone berbasis android, kamu bisa menulis semua catetan kuliah di Google drive, membagikannya dengan teman sekelas, serta yang paling penting adalah nggak takut kehilangan catetan berharga itu buat bahan materi ujian.
  2. Repository Dokumen Kelompok
    Kita bisa membuat repository dokumen kelompok, UKM, atau BEM dengan format
    shared collection sehingga semua anggota dalam kelompok bisa mengakses dokumen yang diperlukanhttp://borisvukov.files.wordpress.com/2010/12/document_pile.jpg
  3. Save CV Kita di Google Drive dan siap wawancara kapanpun di mana pun.
    Nggak perlu khawatir dalam sewaktu-waktu lupa untuk bawa resume/CV padahal ada "orang keren" di sekeliling. Simpan saja di Google Drive supaya kita bisa mengaksesnya dari mana aja, lewat alat/gadge apa aja dan di waktu apapun!

  4. Membuat Transparansi Keuangan
    Masalah keuangan adalah isu yang sangat sensitif di kalangan sebuah organisasi. Maka dari itu, sangat perlu untuk membuat transparansi keuangan sehingga semua orang di organisasi bisa meningkatkan perecayaan antaranggota. Membuat finance budgeting dengan  Google Drive spreadsheet bisa menjadi pilihan cerdas!
  5. Mengumpulkan Data  Diri
    Lelah dengan mengumpulkan data satu per satu? Sudah, lupakan saja tugas menjadi sekretaris yang kerjaannya menuls panjang. Lebih baik, coba dnegan minta tolong setiap orang untuk mengisi data diri mereka sendiri-sendiri dengan Google Form. Hasilnya, semua data yang telah disubmit melalui Google Form bisa dilihat di spreadsheet dan siap digunakan!
  6. Membuat Flashcards untuk Persiapan Ujian
    Dengan menggunakan Flash Cards Gadget yang disediakan do Google Drive, kita bisa belajar bahasa untuk tes UN, TOEFL dll. Kita juga bisa share semua flashcard dengan teman sekelas. (
    Dapatkan flash card di sini)
  7. Selamatkan diri dari teman yang lupa bawa flashdrive ke presentasi!"Shit always happen on the day!"  Kadang, persiapan yang mepet membuat hal-hal kecil terlewatkan. Yang paling fatal adalah kalau di hari presentasi teman yang ditugaskan untuk membawa materi presentasi tidak datang karena masalah yang di luar kendali. Jangan sampai gagal presentasi. Simpan presentasi kelompok di Google Drive dan gunakan kolaborasi bersama teman-teman di lokasi yang berbeda tanpa harus mengirimkan attachment di email!

Google Calendar (http://calendar.google.com/)
Kelebihan Google Calendar adalah Integrasi dengan email dan ponsel cerdas Android. Dengan Google Calendar, kita juga bisa membuat notifikasi melalui email dan ponsel. Selalu pantau jadwal rutin dengan program widget di ponselmu!

  1. Google Calendar untuk Penggunaan Personal
    Tentu saja untuk mencatat semua jadwal kuliah yang tidak teratur. Misalnya ada kelas pengganti atau jadwal ujian. Jangan sampai skip! Bahaya banget! Manfaatkan pula label berwarna dalam kalender, supaya kita bisa membedakan keperluan di setiap jadwalnya. Mulai hidup teratur, ya!
  2. Google Calendar untuk penggunaan organisasi
    Dengan menggunakan Google calendar, kita bisa melakukan kolaborasi dengan semua anggota dalam organisasi yang memiliki akun Google.
  3. Mengorganisasi Rapat
    Pilih satu admin untuk merencanakan dan mengorganisasi jadwal bersama. Misalnya ada satu rapat besar, hanya perlu masukan detail di kalender, kemudian ingatkan semua anggota organisasi untuk datang melalui email dan ponsel mereka. Tidak ada alasan lupa dan tidak tidak tahu jadwal, kan sekarang? Nah! No excuse! Selain itu, kita juga bisa membuat jadwal rapat rutin. Kalau ada catatan, bisa langsung diumumkan lewat aplikasi notes yang tersedia!
  4. Mengorganisasi daftar tugas, deadline dan tim
    Dengan  option task dalam Google calendar, kita bisa memilih mendaftar tugas-tugas yang ada di dalam organisasi.
  5. Mengimport Facebook Events ke Google calendar
    Dengan Google calendar, kita tidak perlu khawatir semua kegiatan yang pada awalnya terpusat di Facebook (misalnya biasanya adalah jadwal acara sosial) kemudian terpecah ke Google calendar. Untuk itu, coba gunakan fasilitas import!
  6. Pengingat dengan SMS!
    Pelupa? Gunakan HP sebagai pengingat yang antilupa! Kita bisa mendaftarkan HP kita kea kun Google dan menghubungkannya dengan Google kalender. Sehingga, setiap ada acara kita akan selalu diingatkan dengan ponsel kita meskipun kita mengatur jadwal itu melalui laptop. Jadwal pengingat juga bisa berulang kali!

Gmail! (http://mail.google.com)Google mail adalah titik awal menggunakan semua fasilitas Google yang gratisan dan keren-keren di aritkel ini. Nah, berikut ini adalah tips untuk memaksimalkan kegiatan kuliah kamu dengan Google calendar!
  1. Mengirim dari banyak akun yang berbeda
    Ingin belajar menjadi mahasiswa yang lebih profesional? Gunakan aplikasi untuk mengelola dua email dalam satu email. Cerdas kan?
  2. Gunakan Message Translation untuk Kuliah di Luar Negeri
    Kebanyakan mahasiswa yang ingin pergi belajar ke luar negeri atau berurusan dengan dosen selalu lupa bahwa ada tata cara yang berbeda dalam menuliskan sebuah suarat dalam bahasa Inggris. Selain itu, seringkali mereka tidak ingin menulis panjang-panjang karena takut salah berbahasa Inggris. Maka, guanakan fitur
    translate yang tersedia di Gmail labs untuk bisa ngobrol dengan host-family atau teman-teman di seluruh penjuru dunia
  3. Filtering
    Banyak mahasiswa yang meninggalkan kesempatan-kesempatan bagud untuk studi ke luar negeri, mendapatkan konferensi yang direkomendasi, bahkan kesulitan untuk menjadi tugas yang dikirm lewat email karena inbox mereka tertumpuk dengan notifikasi dari akun media sosial Twitter dan Facebook. Mulai atur kehidupan professional dengan melakukan filter. Misalnya, untuk notifikasi dari akun media sosial difilter dengan label
    Social Life. Saat benar2 membutuhkannya, barulah kita cek!

Aplikasi Google Talk
  1. Video Chat Google Talk
    Kita bisa menggunakan video chat untuk ngobrol dengan keluarga dan teman. Bisa juga bagi mereka yang sedang LDR.
  2. Telfon dan SMS dari Gmail
    Seringkali beberapa kecelakaan terjadi. Misalnya sinyal ponsel yang jelek atau ponsel yang hilang karena dicuri atau nyemplung. Gunakan fitur
    Call Phone yang ada di Gmail untuk bisa tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga, teman, rekan kerja.
  3. SMS
    Selain itu, kita juga bisa menggunakan mengaktifkan fitur
    send SMS lab yang ada di Gmail untuk mengirimkan pesan. Kalau ponsel sudah terkoneksi dengan Gmail karena menggunakan Android, lebih mudah lagi! Kamu bisa SMS-an dengan semua daftar kontak di ponsel yang sudah disinkronisasi dengan akun Gmail ini. Tidak perlu takut kehabisan pulsa terutama di masa-masa genting akhir bulan yang sepi pemasukan dan ramai acara kampus!

Google Sites (https://sites.google.com/)
Ada pula Google Sites yang akan memudahkan kamu untuk membuat website murah meriah dengan tampilan professional.
  1. Buletin Kampus
    Publikasikan bulletin kampus dengan Google Sites. Ini bisa memudahkan setiap orang di kampus mendengar berita-berita penting kampus
  2. ePortofolios
    Jaman sekarnag, jaman sudah terbuka. Kita bisa mulai "menjual diri" kita kepada para perekrut kerja yang semakin selektif dalam memilih calon pekerjanya. Terutama bagi mahasiswa yang saat ini menduduki tingakt akhir di kampusnya, persiapkan portofolio diri yang baik. Menggunakan Google Sites untuk memperlihatkan portofolio kamu adalah langkah cerdas untuk menarik perhatian para perekrut. Lihat contohnya di sini http://www.clemson.edu/academics/programs/eportfolio/gallery.htm
  3. Membuat Website Keren Tanpa Coding adalah impian setiap mahasiswa yang ingin tampil keren dengan biaya murah (memilih untuk tidak meyewa jasa pembuatan website), dan itu bisa dilakukan dengan langkah Google sites. Kita bisa membuat sebuah website dengan menempelkan video, kalender, gadget-gadget yang dibuat oleh programmer andal Google. Semuanya gratis! Coba lihat contohnya di sini https://sites.google.com/a/slu.edu/sluskydivingclub/!
  4. Nomor tiga untuk proyek
    Yap! Hal yang sama seperti nomor tiga bis kamu lakukan untuk proyek sosial. Masukkan gambar dan buat semuanya transparan dan tetap menginspirasi!

Tips-tips lainnya bisa kamu dapatkan secara lengkap di http://www.google.com/edu/collegetips/



Featured