Home » » Cara Mengatasi Masalah Pada Android

Cara Mengatasi Masalah Pada Android

Sebagai pengguna beberapa sistem operasi, saya sudah mencoba BB dan android, juga pernah pakai iphone, lalu juga sekarang sedang menggunakan windows phone. Saya mulai menggunakan android sejak tahun 2010, dan masih saya gunakan juga sampai sekarang, kalau boleh saya bilang paling stabil itu yang windows phone, bahkan iphone juga kalah, tapi memang masih kurang enak menggunakan windows phone karena untuk mencapai sesuatu aplikasi atau membuka data kadang tidak secepat yang lain. Kalau urusan cepat, yang paling bagus menurut saya BB, walaupun sekarang tidak populer, tapi tetap saja itu yang paling cepat. Orang kan memilih OS bukan karena cepat atau tidaknya saja melainkan juga fungsi lain, biar lambat asal ada. Di BB itu cepat dan cocok untuk berbisnis, ringkas dan autotextnya lebih bagus dr keyboard 3rd party di android.

BB 7 sering bermasalah dari mulai aplikasi yang suka error bila sedang digunakan, layar putih, lag, jam pasir tidak kunjung berhenti, email tidak bisa terdownload dan lainnya. Tapi BB kalau tidak install apa-apa itu sangat membantu dalam bisnis. OS yang paling sering bermasalah lainnya adalah android, kalau install macam-macam tidak terlalu sering bermasalah, untuk mengatasi masalah di BB dan android biasanya cara praktis tapi mengganggu sekali ialah dengan reset factory dimana semua aplikasi dan memory jadi 0 lagi sehingga hape menjadi ringan dan aplikasi yang suka bikin error akan hilang. Terdapat masalah seperti layar putih semua, hang, layar hitam semua, layar biru atau blue screen, restart terus menerus, ah banyak pengalaman saya menggunakan beberapa smartphone.

Untuk BB yang os 7, kalau yg os 10 saya belum coba dalam jangka waktu lama, keburu memilih mencoba windows phone. Cara menghilangkan masalah restart terus menerus, bisa dengan cara menginstall ulang atau sekalian saja update OS terbarunya. Kalau untuk android sendiri saya ada beberapa cara menghilangkan atau mengatasi masalah.

Cara mengatasi masalah sering error atau keluar aplikasi sendiri
Untuk masalah yang ini cara pertamanya adalah dengan melakukan cara keluar dari aplikasi itu, cek segera update di playstore barangkali ada update terbaru yang salah satu kegunaannya adalah mengatasi masalah tersebut, pengembang game biasanya dalam beberapa waktu sekali akan melakukan update dalam rangka memperbaiki aplikasinya dari berbagai macam error, mungkin error seperti keluar aplikasi sendiri adalah hanya salah satu dari beberapa masalah, misalnya ada masalah saat membeli barang sudah keluar uang dari kartu kredit tapi barang yang dibeli tidak diterima yang dimana itu adalah masalah yang sangat gawat untuk sebuah aplikasi.

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan install ulang aplikasi yang anda pikir bermasalah itu, lalu install dengan update terbaru dari playstore. Kalau ada yang berbayar saya sarankan yang berbayar, karena pengembang lebih serius mengerjakan yang berbayar dibandingkan yang gratis. Apalagi kalau di dalam yang gratis tidak ada sistem atau teknik menghasilkan uang dari aplikasi gratisan seperti menjual sesuatu fungsi atau kalau di game itu karakter atau skill. Install ulang kadang diperlukan bila saat kita sering error lalu coba kita update itu tidak bisa, biasanya ada file yang tidak terinstall sempurna saat install yang pertama, dapat disebabkan oleh sinyal yang jelek atau data di playstore saat install itu sedang update sehingga datanya yang masuk ke hape jadi gagal tertransfer dengan baik ke hape anda. Ada catatan bila anda menginstall ulang, pastikan ada file save atau data tentang aplikasi itu di hp atau sd card anda agar bila install ulang sudah selesai anda tidak perlu mengulan dari awal entah itu game atau data-data aplikasi non gamenya.

Cara simple yang sederhana dan kadang ampuh untuk beberapa kasus adalah dengan mengecilkan spesifikasi di bagian option, kan terkadang smartphone kita tidak secanggih yang diharapkan pengembang untuk dapat dipakai. Sehingga ada fitur yang sebenarnya hape kita tidak sanggup lakukan, yaitu dengan mengecilkan speknya maka dapat berjalan lagi dengan baik. Misalnya saat bermain game, kualitas gambar dibuat menjadi low, bayangan ditiadakan, detil dibuat tidak terlalu bagus. Memang mengurangi kenyamanan tapi sebanding dengan aplikasi tersebut jadi bisa bekerja dengan baik.

Cara mengatasi android yang suka freeze atau hang
Android itu relatif lebih berat dibanding sistem operasi lainnya yaitu windows phone iphone dan blackberry, oleh karena itu walau spesifikasi hardware sudah sama atau lebih besar dibanding smartphone sistem operasi lain tetap saja android akan lebih suka hang atau freeze, karena untuk menjalankan softwarenya membutuhkan memori yang tidak kecil. Ada dua hal dalam hal ini yang berpengaruh, yaitu memilih smartphone dengan prosesor dan ram yang besar.

Kalau tidak bisa karena data yang terbatas atau sudah terlanjur mendapat android yang prosessor dan ram yang tidak terlalu besar, maka caranya adalah dengan melakukan restart terlbih dahulu sebelum menggunakan aplikasi yang berat itu, atau ada cara praktis lainnya yaitu menginstall aplikasi pelega ram dalam android, ada FAST REBOOT atau pakai CLEAN MASTER. Kalau masih tidak bisa juga coba cari alternatif dari aplikasi itu, kadang ada apliaksi yang serupa dan fungsinya sama tapi lebih berat karena mementingkan penampilan. Misalnya aplikasi notes, ada evernote yang berat untuk smartphone yang low end, tapi ada juga notes standarseperti text edit yang sangat ringan, toh sama-sama aplikasi notes.

Cara mengatasi android yang memori untuk fotonya suka habis
Untuk android terkadang memorinya suka habis, suka ada info saat memfoto itu memori sudah habis padahal masih ada banyak memori di hp kita. Cara mengatasinya adalah dengan menghapus foto-foto yang tidak penting atau tidak pernah dilihat atau pindahkan ke tempat lain seperti laptop atau FB atau smartphone lain yang memorinya masih ada, Terkadang kalau lagi error itu android sering mendeteksi bahwa kekurangan memori, padahal tidak, itu dia salah satu kelemahan android yang parah selain dari sering error karena lambat dan berat.

Cara selanjutnya adalah memasang sd card lalu melakukan setting di hape kalau bila melakukan foto, video, atau download langsung segera dimasukan ke sd card dan bukan memori hape. Sd cardnya juga pastikan yang cocok dan dapat diterima oleh smartphone anda, banyak sd card versi terbaru yang tidak dapat dideteksi oleh android versi lama.

Solusi untuk masalah pada android
Berbagai macam masalah dan terdapat berbagai macam solusinya, yang paling ampuh dan umumnya dapat memperbaiki hampir semua masalah tersebut adalah dengan melakukan factory reset dimana nanti akan menjadi seperti baru terlahir kembali dari pabrik, semua aplikasi dan memori masih lowong dan yang membuat error biasanya sedang tidak ada, bila sudah begini anda dapat menjadi lebih selektif dalam memilih aplikasi mana yang mau dan dibutuhkan saja dan tidak mengulangi menginstall aplikasi yang barangkali ada malware atau virusnya yang membuat hape menjadi lebih lambat.

Cara di atas sangat efektif untuk membuat android menjadi lebih segar dan cepat lagi, tapi data anda akan hilang jadi pastika sudah memindahkan data ke sd card yang pentingnya dan saat factory reset disarankan keluarkan sd card dari smartphone anda. Solusi yang serupa tapi tidak sama ialah dengan melakukan update, walau factory reset lebih ampuh, tapi update ke sistem operasi terbaru dari provider anda juga adalah solusi yang mantap dan dapat dicoba oleh anda agar androidnya terbebas dari masalah.

Featured