Home » , » Cara Menghasilkan Foto Yang Bagus Dengan Smartphone

Cara Menghasilkan Foto Yang Bagus Dengan Smartphone

Tren penggunaan kamera di handphone atau lebih tepatnya smartphone semakin tinggi dikarenakan kemampuannya untuk mengambil gambar itu kini sudah hampir menyamai kamera saku, jadi daripada ribet membawa smartphone dan juga kamera, kebanyakan orang sekarang sudah banyak yang membawa smartphone saja sebagai alat untuk memotret kegiatan atau benda-benda menarik lainnya. Paling tidak kemampuan smartphone sudah mencukupi untuk kebanyakan orang awam.

Tentunya dalam berkegiatan atau mengingat memori, kita ingin punya sesuatu yang luar biasa. Misalnya kita ingin memfoto anak yang sedang ulang tahun, kini tinggal pakai smartphone saja karena bisa langsung dishare dan bahkan bisa ditonton di tv ukuran layar besar kalau mau karena sudah mulai dipasarkan tv-tv berbasis android bertemakan smart tv yang dapat mengakomodir hal tersebut. Untuk mendapatkan gambar yang bagus dalam hasilnya nanti, ada beberapa hal yang akan saya bagikan kepada anda supaya hasil fotonya tambah keren.


Bersihkan lensa dari smartphone anda
Untuk menghasilkan foto yang bebas buram, coba lensa dari kamera anda dibersihkan terlebih dahulu karena terkadang terdapat bekas jari, bnah bekas jari tersebut akan menghalangi cahaya masuk dan akhirnya gambar menjadi agak buram dikarenakan ada lapisan lemak, jadi gambar hasil jepretannya agak gelap atau terjadi perubahan ukuran asli dengan di gambar foto anda. Tangan manusia itu kan berlemak, lemak itu adalah minyak, mudah sekali meninggalkan jejak di lensa berupa tapak sidik jari karena pemakaian kita sehari-hari padahal tidak dimaksudkan untuk melakukan hal tersebut.

Tata pencahayaan yang cocok untuk mengambil foto
Peran pencahayaan sangat penting dalam mengambil foto yang bagus, bukan sekedar agar objek yang difoto jadi terlihat lebih baik melainkan juga ada maksud lain, yaitu mendapatkan hasil yang lebih artistik. Hasil yang lebih artistik itu sangat bagus karena sangat menghibur, membuat yang melihat gambar tersebut akan menjadi senang, dan tentunya yang difoto juga akan lebih senang. Misalkan kita memfoto anak kita yang lucu dan cantik, perempuan ini akan terlihat sebagai perempuan biasa yang difoto bila pencahayaan tidak jelas. Tapi bila menggunakan pencahayaan yang baik, umumnya ada 3 pencahayaan dalam fotografi, yaitu depan, belakang, dan suasana. Itu sih idealnya. Itu tips-tipsnya tapi bila tidak memungkinkan ya tentu tidak apa.

Jangan gunakan digital zoom
Digital zoom diciptakan agar bisa melakukan zoom untuk mendapat hasil yang lebih bagus, akan tetapi kerugian dari digital zoom adalah memperbesar gambar dengan cara memperkecil pixel yang dilihat sehingga nanti hasil foto akan menjadi agak pecah. Kalau mau gambar lebih besar bisa dengan cara mendekati objek, atau kalau ada pilih smartphone yang ada optical zoom seperti lumia 1020 dikarenakan kalau optical zoom itu hardwarenya yang melakukan zoom, lensanya itu berakomodasi berubah ukuran mendekat menjauh atau mencekung atau cembung dan lainnya.

Pergunakan flash anda dengan bijak
Flash itu banyak gunanya, di tempat gelap yang kalau tidak bisa ambil gambar maka akan sangat berguna, di sisi lain bila menggunakan flash terkadang objek yang difoto akan lebih bersinar dan terdapat 2 kemungkinan, bisa terjadi lebih bagus atau bisa jadi jadi terlalu silau. Jadi adalah hal biasa untuk mengambil gambar berulang kali, misalnya yang pertama dengan flash dan yang kedua tidak menggunakan flash.

Memilih smartphone dengan kamera yang bagus
Ada sedikit smartphone yang saya pikir sudah bagusnya seperti kamera saku kebanyakan, yaitu iphone 5 atau yg 5s lebih baik lagi, lalu galaxy s4 ke atas, lumia 1020, dan sony experia z1 atau z2. Selain itu saya pikir belum bisa menyamai kamera saku karena hardware dan software yang selain itu masih belum mencukupi. Mungkin cukup saja sih mengambil foto dengan bagus, tapi kalau patokannya dengan kamera saku maksud saya yang masih belum menyamai, beberapa nama yang saya sebut di atas itu sudah bisa menyamai bahkan menandingi.

Untuk memilih smartphone yang bagus dalam fotografi itu bisa dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Pilih yang sensornya lebih besar. Nah apa itu sensor yang lebih besar, biasanya dalam spec atau dalam kardusnya dijelaskan bahwa ada yang namanya aperture, atau f/2 atau yang begitu-begitu, itu artinya f dibagi 2. Dengan adanya itu kisa bisa tahu ukurannya dari sensor, makin kecil angka di setelah garis miring itu, berarti semakin besar sensornya. Misalnya f/1.8 berarti sensornya lebih besar dibanding yang /2. Makin kecil angka setelah garis miring maka semakin bagus intinya.
  2. Kualitas sensor, tiap handset device itu sensornya beda yang memproduksi, sejauh ini iphone selalu pakai yang sensor buatan sony, sedangkan sony sendiri saya perhatikan hampir selalu menggunakan yang kualitasnya dibawah apple, mungkin itu salah satu perjanjian kersajama mereka. Bisa juga selain karena sensornya melainkan softwarenya.
  3. Software pengolah data gambar juga harus jadi perhatian, merek seperti iphone tidak share hardware dan softwarenya kepada orang lain sehingga hardware dan software hanya sedikit yang harus dibenahi, jadi bisa fokus ke memproduksi software pengolah foto yang bagus. Beda dengan android, sampai sekarang masih kalah karena perlu banyak perubahan dari softwarenya agar dapat sesuai dengan hardware sensor dan lensanya untuk mendapat hasil yang bagus, sejauh ini handset yang android masih belum bisa, mungkin di depan akan bisa menghasilkan foto sebagus yang iphone.
  4. Mega pixel, ini tuh sangat penting untuk mendapat detil yang bagus, bila kita detilnya bisa bagus, maka saat zoom out pun akan bagus juga. Semakin besar mega pixel umumnya akan menghasilkan gambar yang lebih bagus, tapi kalau hanya 1 poin ini yang diperhatikan maka tidak bagus juga. Foto 5 megapixel imo saya yang murah, tidak sama hasilnya dengan nokia e5 saya yang sama-sama 5 megapixel, yang nokia jauh lebih bagus. Berbeda banget pokoknya hasilnya, membuktikan bukan hanya mengapixel yang berpengaruh membuat foto yang bagus.
  5. Lensa dalam smartphone juga berpengaruh, contoh yang bagus adalah lumia 1020
     atau nokia 808 yang bodynya agak tebal karena menggunakan lensa yang agar banyak dan dapat berakomodasi, nah dengan modal lensa seperti itu maka hasil dari foto akan semakin bagus karena bisa sesuai dengan kondisi saat melakukan foto. Model lensa dan jarak antar lensa yang digunakan untuk mengambil di suasana gelap dan terang itu berbeda, dengan lensa di 2 hp itu maka dapat menyesuaikan dengan baik. 
  6. Dan tentunya teknik memfoto atau memotret yang baik dan benar perlu anda ketahui.

Featured