Home » » Penjelasan Lengkap VGA

Penjelasan Lengkap VGA

Socket VGA merupakan sebuah port pada komputer, biasa ditemukan baik pada motherboard atau pada sebuah video card pada motherboard. Socket ini digunakan untuk menghubungkan komputer pada sebuah perangkat video display. Sementara teknologi VGA telah menjadi standar untuk koneksi video pada komputer, batasan pada kualitas gambar telah menyebabkan sejumlah pengembangan standar lain, di mana tetap menggunakan koneksi fisik VGA sebagai konektornya. Socket VGA biasanya memiliki warna biru dan memiliki 15 port koneksi, yang akan digunakan untuk menghubungkan komputer dengan monitor melalui kabel VGA. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Video Graphic Array (VGA) telah menjadi standar untuk display grafis komputer.

Tidak hanya merujuk pada standarnya sendiri, VGA juga merujuk pada socket VGA dan kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat yang menggunakan standar ini. Terdapat sejumlah keunggulan teknologi yang dimiliki VGA dari pendahulunya. Standar VGA mampu menampilkan resolusi 800 x 600, di mana cukup rendah jika dibandingkan dengan teknologi grafis terkini, namun jauh lebih tinggi dibandingkan resolusi teknologi sebelumnya. VGA juga dapat menampilkan 256 warna, jauh lebih tinggi dibandingkan standar sebelumnya yang hanya dapat menampilkan sebatas 64 warna saja. Standar VGA masih digunakan oleh perangkat portabel dan komputer-komputer generasi lama. Dan socket VGA lah yang digunakan sebagai interface dalam standar ini. Semoga bermanfaat. VGA (Video Graphic Array) merupakan standar untuk resolusi warna pada monitor komputer, yang saat ini merupakan kompatibilitas paling rendah.


Sebagai contoh, ketika komputer membooting sistem operasi Windows, tampilan splash screen pembuka atau logo Windows ditampilkan pada mode VGA menggunakan pallete 32 warna dan resolusi sebsar 640 x 480. Setelah sistem dimuat secara penuh, maka driver video card mengambil alih untuk menampilkan resolusi yang lebih tinggi. Pada komputer generasi awal, monitor bersifat monochrome atau hanya terdiri dari dua warna. Kemudian teknologi tersebut berkembang dengan hadirnya Color Graphics Adapter (CGA) yang dikembangkan oleh IBM pada tahun 1991, yang menghasilkan pallete 4-bit dengan 8 warna dan resolusi maksimum sebesar 640 x 280. Semenjak itu, teknologi tampilan monitor terus berkembang hingga memiliki kemampuan untuk menampilkan begitu banyak kombinasi warna dengan resolusi yang begitu tinggi.

Menghasilkan kualitas gambar yang tajam, mendetail dan terlihat nyata. Standar display mulai berkembang pesat dengan pengelompokkan berdasarkan istilah “SVGA”. Monitor widescreen memiliki kode “W” sebagai akronimnya, misal menjadi “WXGA”. Dengan kartu video alias video card yang memiliki sebuah resolusi maksimum, begitu juga dengan monitor komputer. Ketika membeli sebuah video card atau monitor, pastikan bahwa standar tertinggi dari setiap perangkat tersebut kompatibel. Semoga bermanfaat. Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang apa itu kabel USB dan Kabel audio, Kali ini kita masih akan membahas seputra tentang kabel, namun yang akan dibahas pada artikel ini adalah kabel Video atau biasa kita kenal dengan kabel VGA. Sangat penting untuk anda mengetahui komponen dasar hardware seperti kabel ini, karena walaupun terlihat sepele, urusan kabel ini bisa menjadi urusan yang sangat besar jika anda tidak mengetahui jenisnya dan salah memasang pada perangkat anda. teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut mengenasi kabel VGA ini.

Salah satu konektor video yang paling umum untuk monitor komputer dan TV definisi tinggi adalah kabel VGA. Sebuah konektor VGA standar memiliki 15-pin dan selain menghubungkan komputer ke monitor, Anda juga dapat menggunakan kabel VGA untuk menghubungkan laptop Anda ke layar TV atau proyektor. Kabel konverter LSO tersedia untuk membiarkan monitor VGA terhubung ke komputer baru yang hanya keluaran HDMI atau DVI sinyal. Sebuah varian yang lebih kecil dari VGA adalah Mini-VGA, tersedia pada beberapa laptop tapi dengan bantuan sebuah konverter, Anda dapat menghubungkan monitor VGA standar untuk port mini-VGA laptop Anda.   Ada juga jenis kabel Video lainnya yaitu: DVI Monitor Port dan S-Video Semoga bermanfaat !  

Featured