Home » » Cara Hilangkan Garis Layar Komputer

Cara Hilangkan Garis Layar Komputer

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan tips cara hilangkan garis layar komputer. Memang perkembangan teknologi sekarang ini telah menunjukkan perkembangan secara pesat. Akan tetapi, beberapa masalah yang timbul pada komputer Anda terkadang membuat Anda menjadi jengkel dalam menghadapinya. Misalnya saja saat Anda menggunakan komputer tersebut, kemudian secara tiba – tiba mucul banyak sekali garis – garis pada layar monitor komputer Anda. 

Tentu saja, masalah ini akan sangat mengganggu Anda dan membuat Anda pusing untuk mengatasinya. Mungkin Anda langsung berpikiran untuk mengganti layar monitor komputer Anda tersebut dengan yang lebih bagus, namun perlu Anda ketahui jika masalah timbulnya garis – garis pada layar komputer Anda itu tidak berarti berasal dari monitor komputer Anda. Nah, apabila Anda sudah mengganti monitor Anda dan masih saja ada garis – garis tersebut, maka penyebab kerusakan ini bukan berasal dari monitor Anda melainkan mungkin saja ada kerusakan ataupun error pada hardware CPU komputer Anda.

Cara Hilangkan Garis Layar Komputer


Penyebab Dari Layar Monitor Menjadi Bergaris


Pada kasus ini, monitor yang bergaris disebabkan tidak hanya dari masalah pada layar monitor yang rusak ataupun sudah berusia. Karena ada kemungkinan lain yang bisa menjadi penyebabnya dan untuk hal ini Anda bisa mencarinya sendiri. Yang pertama, Anda bisa melakukan pengecekan pada kabel yang terpasang di belakang komponen. Mungkin saja terdapat kerusakan yang ditimbulkan oleh kabel – kabel tersebut. Dan yang kedua, apabila Anda sudah menggantinya dengan kabel yang baru dan tidak terjadi apa – apa kemudian, maka mungkin saja masalah tersebut timbul dari dalam CPU komputer Anda, yakni VGA card. Adapun VGA ini adalah komponen yang menjadi kunci dalam menampilkan grafik terhadap gambar di komputer. 

Solusi Dari Menghilangkan Garis Layar Komputer


Setelah mengetahui apa saja penyebab dari masalah ini, maka langkah selanjutnya adalah mencari cara hilangkan garis layar komputer tersebut. Pertama, Anda bisa membuka CPU Anda dan mencari slot VGA dan pastikan jika komputer Anda tidak sedang dialiri listrik untuk berjaga – jaga supaya Anda tidak kesetrum. Selanjutnya Anda bisa melihat apakah posisi dari VGA tersebut sudah benar. Lalu Anda bisa lepas dan kembali kemudian nyalakan, jika layar monitor Anda masih sama maka Anda bisa mematikannya kembali. Layar komputer yang bergaris tersebut berarti dipengaruhi VGA Anda dan jalan terakhir untuk mengatasinya adalah dengan mengganti VGA Anda tersebut dengan VGA yang baru. 

Cara hilangkan garis layar komputer memang akhirnya mengharuskan Anda untuk mengganti VGA Anda dengan yang baru. Akan tetapi, ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan satu per satu supaya tidak menimbulkan permasalahan dalam pembeliannya. Nah, semoga ulasan mengenai cara dalam mengatasi layar monitor komputer yang bergaris ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Featured