Home » » Cara Membuat Stylus Pen Sendiri

Cara Membuat Stylus Pen Sendiri

Cara membuat stylus pen sendiri – Melihat perkembangan teknologi yang saat ini semakin canggih dari jaman ke jaman tentu kita akan dihadapi dengan penggunaan barang-barang teknologi di sekitar kita yang sangat membantu dan praktis. Apabila dulu handphone layar sentuh atau touch screen kara kerjanya identik dengan tekanan, baik itu menggunakan kuku jari ataupun benda keras lain yang dapat digunakan. namun sering dengan perkembangan zaman yang semakin maju layar gadget dapat disentuh dengan memainkan tekanan perasaan di setiap ujung jari.

Cara Membuat Stylus Pen Sendiri


Sistem kerja sentuhan layar handphone masa kini berdasarkan dari informasi yang didapatkan merupakan layar kapasitif. Layar ini akan bekerja dengan memanfaatkan listrik statis di tubuh kita. Jadi, sistem kapasitif ini memiliki sebuah lapisan pembungkus yang merupakan suatu kunci dari cara kerjanya. Fungsinya sebagai pembungkus yang bersifat capasitive pada seluruh permukaanya.

Panel touchscreen ini juga dilengkapi dengan sebuah lapisan pembungus berbahan indium tinoxide yang dapat meneruskan arus listrik secara kontinu untuk nantinya ditujukan ke sensornya. Lapisan ini juga dapat memanfaatkan sifat capacitive dari tangan atau tubuh manusia, oleh karena itu lapisan ini diperkerjakan sebaga sensor sentuhan untuk touchscreen jenis ini.

Apabila lapisan ini berada dalam status normal (tanpa adanya sentuhan tangan), maka sensor tersebut akan mengingat sebuah nilai arus listrik yang dijadikan referensi. Di saat jari tangan anda menyentuh permukaan lapisan ini, maka nilai dari referensi tersebut akan berubah karena adanya arus-arus listri yang berubah yang masuk ke sensor. Informasi dari kejadian ini tentunya yang berupa arus listrik akan diterima oleh sensor yang akan diteruskan ke sebuah controller. Lantas bagaimana teknik membuat sylus pen sendiri?

Bagaimana Cara Membuat Stylus Pen Sendiri ?


Apabila anda telah membaca seputar informasi sistem kerja touchscreen. Maka selanjutnya kami akan memberikan cara membuat stylus pen sendiri. untuk membuat pen touch ini kita hanya membutuhkan 2 bahan yaitu berupa pena (yang dipegang) dan bahan lunak yang dapat dilembabkan seperti kain, spon atau kertas. Agar lebih memudahkan untuk membuat pen touch ini, gunakanlah pen yang sifatnya konduktor atau yang dapat mengantarkan arus (berbahan alumunium/besi) agar lebih efisien. Sebagai contoh kami menggunakan bekas antena remote controll mainan atau antena radio dan sejenisnya.

Lalu teknik membuat sylus pen sendiri ini pada ujung pennya dimasukkan kertas tisu atau spon atau kain. Kita membutuhkan bahan yang lunak untuk nantinya dapat ditempelkan pada ujung pena dengan tujuan untuk menghindari goresan yang mungkin saja dapat terjadi pada screen. Agar bahan lunak tadi tidak menyalurkan daya elektrik maka anda membutuhkan sedikit air demi membasahi kertas ataupun spon yang telah kita buat tadi. Namun, cukup dilembabkan saja dan jangan terlalu basah.


Sekarang stylus buatan anda sudah dapat digunakan. Informasi cara membuat stylus pen sendiri ini merupakan untuk pengetahuan saja, hasilnya juga belum tentu maksimal. jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka dapat membeli pen touch screen di toko hp terdekat

Featured