Home » , » Cara Merawat Laptop dalam 7 Langkah Mudah

Cara Merawat Laptop dalam 7 Langkah Mudah

Anda pasti mempunyai laptop kan? Apakah anda telah merawatnya dengan baik? Perawatan yang maik untuk laptop kita sangat diperlukan karena laptop kita lah yang menyimpan segala sesuatu yang kita kerjakan, laptop kita juga lah yang selalu menemani kita mneggarap segala sesuatu pekerjaan sehingga lebih mudah.

Tahukah anda bahwa laptop adalah perangkat yang paling mungkin unutk menyimpan bibit kuman dan penyakit? Bagaimana tidak, laptop kita selalu berhubungan dengan kondisi yang memungkinkan banyak kuman menempel. Contohnya ketika anda membawa laptop anda ke café atau mall yang menyediakan hotspot, belum tentu alas tempat anda meletakkan laptop anda bersih dari kuman maupun bakteri. Belum lagi apabila anda membawanya ketempat terbuka, maka debu-debu akan dengan sangat gampang menempel pada laptop kita.

Lucunya tanpa kita sadari kita seringkali makan maupun ngemil didepan laptop kita, sedangkan kita juga sedang sibuk menulis sesuatu pada laptop kita. Tahukah apa itu artinya? Artinya adalah anda sedang memasukkan segala bibit penyakit pada mulut anda. Kenapa? karena keyboard dari laptop kita juga adalah salah satu sarang kuman pada laptop kita. Bayangkan saat anda bersin kemudian anda tutupi hidung anda dengan tangan, kemudian anda melanjutkan pekerjaan anda. Itu baru dari hidung anda, belum dari hidung teman-teman anda yang kadang meminjam atau memakai laptop anda.
Karena itulah kebiasaan merawat laptop harus sangat dibiasakan. Selain karena dapat menghindarkan kita dari bibit-bibit penyakit yang tumbuh pada laptop kita, tetapi juga dapat meningkatkan performa laptop kita. Kondisi laptop yang tidak terawat dapat saja menyebabkan kerusakan pada laptop kita. Contohnya kondisi lubang ventilasi yang tidak terawat dan dipenuhi debu, lubang ventilasi yang seperti ini akan menyebabkan laptop kita cepat panas sehingga memperpendek umur laptop kita.

Untuk itulah berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara merawat laptop dengan 7 langkah mudah agar anda selalu bisa merawat laptop anda sendiri. Langkah-langkah yang akan dibagi dapat anda praktekkan bahkan ditempat anda sendiri dengan menggunakan bahan-bahan dan alat yang sederhana.

1. Hindari tekanan berlebihan
Tekanan yang berlebihan pada laptop tentu mengakibatkan resiko tersendiri untuk laptop. Biasakan untuk memposisikan diri anda lebih tinggi daripada laptop, sehingga menghindari adanya tekanan yang berlebihanpada laptop. Jika memang anda harus menggunakan laptop dengn posisi tidur tengkurap maka usahakan untuk mengganjal badan anda dengan bantal dan tetap posisikan anda lebih tinggi dari keyboard laptop.

2. Gunakan di alas yang datar dan padat.
Penggunaan dialas yang datar pada dasarnya juga menghindarkan kita dari penekanan yang berlebihan pada laptop, karena sebenarnya pada saat kita menggunakan laptop di kasur aau tempat bergelombang lainnya kita akan secara tidak sadar lebih menekan laptop agar tidak bergerak-gerak dari posisisinya. Itulah yang malah berbahaya untuk laptop.
3. Berilah pelindung layar dan keyboard
Perlindungan untuk keyboard dan layar juga adalah yang utama. Usahakan untuk membeli kedua alat perlindungan ini yang sesuai dengan spesifikasi laptop kita sehingga akan lebih mudah dipasang dan lebih tahan lama karena sudah pas.

4. Jauhkan dari radiasi elektromagnetik
Radiasi elektromagnetik dari Handphone dapat secara perlaan merusak laptop kita, karena itu sangat dilarang untuk meletakkan handphone diatas laptop baik dalam keadaan laptop menyala maupun mati.

5. Aturlah kelistrikan laptop.
Jika anda merasa kelistrikan dirumah anda jarang mati mendadak dan anda memang membutuhkan laptop anda untuk bekerja secara kontinyu selama berjam-jam, maka saya masih memperbolehkan anda untuk melepas baterai laptop dan menggunakan kelistrikan laptop langsung dari charger. Tetapi jika dua kondisi diatas tidak terpenuhi maka selalu gunakan baterai laptop anda, dan selalu isi daya baterai anda sebelum habis sepenuhnya.

6. Pakailah kipas atau cooling pad.
Kipas atau cooling pad secara tidak langsung membantu pendinginan laptop. Udara yang dikeluarkan laptop melalui saluran ventilasi biasanya tidak langsung pergi tetapi masih berkumpul disekitar lubang ventilasi, karena itu kadang udara panas tersebut tersedot lagi kedalam. Untuk itulah kita gunakan cooling pad dan kipas angin pada laptop.

7. Bersihkan keyboard dan badan laptop secara berkala.
Untuk pembersihan keyboard secara rutin dapat anda lakukan dengan menggunakan blower mini dengan cara menyemprotkan angin kepada sekeliling keyboard dan sela-sela tombolnya. Sedangkan untuk badan laptop sebainya anda gunakan kompressor atau pompa angin untuk motor dan meyemprotkan angin disekitar lubang ventilasi laptop anda.

Featured