Home » , » Trik – Trik Tersembunyi Pada Windows XP

Trik – Trik Tersembunyi Pada Windows XP

Perkembangan di dunia komputer menunjukkan kemajuan yang begitu pesat. Banyaknya fitur dan menu yang terdapat pada komputer terkadang kita tidak mengetahui satu persatu dari setiap fungsi atau kegunaan menu tersebut. Bagi anda para penikmat Windows XP, berikut ini akan saya bagi beberapa trik agar anda dapat mempercepat kinerja komputer anda.


Matikan Fitur System Restore Windows.
System restore adalah sebuah tools yang bermanfaat dari Windows XP, akan tetapi karena kadang tools ini tidak pernah kita gunakan dan memakan ruangan memori cukup besar maka ada baiknya jika kita non aktifkan sistem ini. Caranya yaitu Klik kanan pada My computer, selanjutnya masuk pada tab System Restore. Kemudian Centang pilihan Turn off System Restore on All Drive dan pilih OK.
Dengan begini maka system restore point tidak terbentuk secara otomatis lagi.

Lakukan Defragmentasi pada PageFile
Fagmentasi pada PageFile juga kadang memperlambat kecepatan akses data, ini dikarenakan oleh data-data sampah  yang masih berada di PageFile atau mungkin data pada PagaFile masih digunakan tetapi tidak menyatu atau terfragmentasi. Jadi agar kinerja komputer kita lebih cepat kita harus menyatukannya dengan melakukan defragmentasi. Ini dapat anda lakukan dengan bantuan software pihak ketiga. Software tersebut akan dapat mendefragmentasi PageFile anda.

Mempercepat akses pada folder di Windows Explorer.
Folder – folder dalam windows explorer biasanya tidak diingat lagi konfigurasinya oleh windows XP oleh karena itu pada saat kita membuka kembali folder tersebut, windows XP kita akan lagi – lagi membuatkan pengaturan sementara untuk folder tersebut dan itu menambah waktu respon dari windows XP kita. Untuk mengatasinya adalah sebagai berikut.
  1. Tekan windows key+R kemudian ketikkan regedit. Cari pada Hkey_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlset\Control\Filesystem. 
  2. Buatlah DWORD VALUE caranya yaitu klik bagian kosong selanjutnya pilih DWORD VALUE. Kemudian berilah nama NtfsDisableLastAccessUpdate.
  3. Klik kanan pada value yang baru dibuat dan klik modify.
  4. Beri nilai 1dan klik OK
Mendisable fungsi windows sound.
Fitur ini sebenarnya tidak semuanya tidak berguna, hanya saja karena kita membutuhkan kecepatan maka kita dapat mematikan fitur ini. fitur ini dapat dimatikan dengan cara :
  1. Pada menu Control Panel, pilih Sound And Audio Devices.
  2. Klik tab Sounds dan pilih no sounds pada box sounds scheme.
  3. Jika muncul notifikasi, pilih saja No.
  4. Klik OK
Mempercepat booting
Fitur ini sebenarnya sudah merupakan fitur bawaan dari windows XP, hanya saja pengaktidannya tidak secara default tetapi harus kita trigger melalui tools regedit. Fitur ini adalah Boot Defrag, yaitu menata file-file yang akan dieksekusi saat terjadi booting sehingga booting dapat berjalan lebih maksimal. Berikut caranya dibawah ini:
  1. Pilih menu run pada start. Ketikkan Regedit kemudian enter.
  2. Masuk pada HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFWARE\Microsoft\Dfrg\BootOptmizeFunction
  3. Cari string dengan nama enable, kemudian klik kanan dan isikan Y. Enter.
  4. Sekarang silakan restart computer anda dan lihat hasilnya
Meningkatkan kinerja Swapfile
Untuk tweaking ini pada intinya adalah memanfaatkan setiap byte dari RAM kita sehingga penggunaannya akan lebih maksimal. Berikut petunjuknya dibawah ini:
  1. Ketik Msconfig pada Run kemudian enter.
  2. Pilih tab System.ini kemudian cari value 386enh.
  3. Expand value tersebut kemudian buatlah sebuah value baru dengan menekan tombol new.
  4. Beri nama ConservativeSwapfileUsage=1 kemudian klik OK
  5. Kemudian restart computer untuk melihat perubahannya.
Setelah anda merubah sesuatu pada Msconfig dan merestart komputer biasanya akan tampil jendela yang menunjukkan anda telah mengubah sistem anda, kemudian ditampilkan lagi jendela msconfig tersebut. untuk menghentikan looping ini anda cukup menekan cancel saat jendela Msconfig ini muncul.

Mempercepat tampilnya Menu XP
Tweak ini adalah tweak yang pertama kali saya dapat tentang merubah registry di registry editor. Dengan tweak ini kita dapat membuat menu kita tampil lebih responsif, sehingga nampak sepertinya kemampuan windows XP kita semakin cepat beberapa kali lipat. Caranya adalah:
  1. Buka Registry Editor.
  2. Masuk pada HKEY_CURRENT_USER\ControlPanel\Desktop\
  3. Klik kanan string MenuShowDelay kemudian pilih Modify.
  4. Angka default dari windows adalah 400, gantilah menjadi sekitar 50-70an. Dengan begitu menu windows akan tampil lebih responsif pada saat kita sorot.
Mempercepat eksekusi program
Tweak ini tidak selalu berjalan untuk semua program, tetapi program yang dapat menjalankan twaek ini akan bekerja lebih cepat dari biasanya. Caranya adalah dengan mencari shortcut program tersebut kemudian klik kanan dan pilih properties. Pada kotak target tambahkan dibelakangnya /prefetch:1 kemudian klik OK. Jika ternyata program tidak mendukung maka program tidak akan jalan, dan anda dapat menghapus tambahan tulisan tadi untuk mengembalikannya seperti semula.

Demikianlah tweak yang dapat saya bagikan untuk mendongkrak performa Windows XP anda, meskipun sekarang sudah 3 generasi terlampauai tetapi windows XP tetaplah menjadi pilihan sebagian kalangan. Semoga sedikit trik diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua pengguna dan pecinta teknologi.

Featured