Home » » Pengertian Komputer dan Sejarah Perkembangannya

Pengertian Komputer dan Sejarah Perkembangannya

Pengertian Komputer yang kita kenal sekarang sebenarnya berasal dari bahasa inggris yaitu compute atau to compute, tetapi ada yang menyatakan bahwa kata tersebut berasal dari bahasa yunani yaitu computare yang juga berarti menghitung atau perhitungan.

Komputer awalnya memang berasal dari mesin hitung. Tetapi meskipun begitu, komputer yang kita kenal saat ini telah mengalami begitu banyak perubahan sehingga kegunaannya tidak lagi hanya untuk menghitung tetapi lebih luas lagi yaitu untuk membantu pekerjaan manusia di bidang elektronik.

Komputer mempunyai beberapa sifat dasar jika kita mencermatinya.
  1. Berfungsi untuk menghitung
  2. Mengerjakan suatu pekerjaan yang telah ditentukan sebelumnya
  3. Mampu diprogram ulang
  4. Memiliki perangkat keras dan perangkat lunak (sistem)

Saat ini komputer sudah bukan barang yang asing bagi semua orang. Sekarang pengenalan komputer talah ada sejak kecil, mulai dari sekolah dasar atau pendidikan usia dini sekarang telah mengenalkan komputer kepada siswa siswinya. Memang upaya terseebut benar, karena komputer semakin hari akan semakin dibutuhkan oleh masyarakat dan kehidupan kita kedepan akan semakin bergantung kepada benda mati bernama komputer ini.

Sejarah dan Perkembangan Komputer

Sejarah komputer tidak dapat kita lepaskan dari adanya mesin hitung pada masa lalu. Kemudian pada perkembangannya mesin hitung ini digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah sederhana dengan berbagai metode.

Komputer pertama kali ditemukan dengan konsep bahwa sebuah komputer adalah mesin hitung yang dapat diberikan sebuah perintah atau diprogram melalui suatu metode sehingga komputer tersebut dapat melakukan perintah yang sama berulang-ulang. Perkembangannya kemudian, pengertian komputer menjadi sebuah alat hitung dengan sebuah program untuk menghitung yang dapat diprogram ulang untuk melakukan pekerjaan menghitung yang lain. Dengan tambahan dapat diprogram ulang pada saat ini sebenarnya alat hitung ini telah mencapai tingkat sempurna untuk dikatakan sebagai sebuah komputer.

Lalu bagaimanakah perkembangan komputer dari awal sampai kita kenal seperti sekarang ini? Para paka komputer meyakini bahwa perkembangan komputer dapat dibagi menjadi lima generasi, yaitu:

1. Generasi Pertama
Komputer generasi pertama adalah komputer dengan program paling sederhana. Komputer pada generasi pertama masih mengacu pada konsep awal komputer yaitu menghitung. Meskipun komputer generasi pertama telah mampu untuk diprogram dan diprogram ulang tetapi program yang diberikan masih berkutat bagaimana cara agar komputer dapat menyelesaikan perhitungan rumit menjadi sederhana. 

Komputer dari generasi pertama mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  • Sirkuitnya terbuat dari bebrapa buah tabung yang sangat besar.
  • Bahasa program yang digunakan adalah bahasa mesin (ASSEMBLER).
  • Ukuran komputer sangat besar.
  • Cepat panas meskipun proses perhitungan sangat lambat.
  • Memerlukan dayalistrik yang sangat besar
Generasi pertama ini berlangsung dari tahun 1946 – 1959.

2. Generasi Kedua
Komputer generasi kedua merupakan sebuah perkembangan yang sangat signifikan dibidang komputer. Jika pada generasi pertama sebuah komputer mampu memakan tempat hingga satu ruangan, tetapi pada komputer generasi kedua ini komputer sudah mulai menyusut hingga sebesar lemari pakaian.

Pada generasi kedua ini tabung-tabung yang ada generasi pertama digunakan untuk sirkuit, sekarang telah diganti dengan transistor-transistor. Dengan pemakaian transistor ini penggunaan daya listrik semakin berkurang, dan proses kerja komputer juga semakin cepat. Pada generasi ini juga telah ditemukan bahasa program tingkat menengah untuk lebih menjembatani para pembuat program dengan mesinnya.

3. Generasi Ketiga
Pada generasi ketiga, komputer telah menyusut kembali, dan bahasa pemrograman juga semakin maju. Transistor pada generasi kedua telah diganti dengan Integrated Circuit (IC). Jenis IC yang digunakan masih sebatas Small Scale Integrated Circuit (SSIC) dan Medium Scale Integrated Circuit (MSIC). Yang berbeda dari generasi ketiga adalah diperkenalkannya memori yang berasal dari bahan semikonduktor sehingga dapat mengerjakan lebih banyak pekerjaan dengan lebih cepat. Pada generasi ketiga juga diperkenalkan fitur Direct Memory Acces (DMA) yang memungkinkan program berjalan pada memory dan tidak membebani Prosessor.

4. Generasi Keempat
Pada Generasi Keempat Bentuk kompter sudah semakin mirip dengan Personal Computer (PC) yang kita kenal saat ini. IC sudah mencapai tingkatan Large Scale Integrated Circuit (LSIC) dan bahasa pemrograman yang digunakan juga semakin tinggi (semakin mirip bahasa manusia). Perubahan yang signifikan yang terjadi pada generasi kempat ini adalah bentuk prosesssornya yang sudah mengadopsi sistem mikroprosessor seperti yang dipunyai PC kita saat ini. Dan juga telah mulai diperkenalkannya Sistem Operasi / Operating Sistem (OS), dan OS pertama yang hadir  adalah Disk Operating Sistem (DOS). Disebut DOS karea memang penggunaan OSnya harus melalui Piringan atau Disk.

5. Generasi Kelima
Ada yang mengatakan bahwa generasi kelima adalah generasi yang kita sedang berada sekarang ini, tetapi beberapa juga mengtakan bahwa generasi kelima adalah perkembangan dari sistem DOS yang User Interfacenya tidak memakai kursor menjadi OS yang User Interfacenya menggunakan kursor yang digerakkan melaluai pernagkat yang kita kenal sebagai mouse. Tetapi secara pribadi saya lebih condong kepada pendapat pertama karena menurut saya bahwa perkembangan User Interface (UI) adalah hanya perkembangan bentuk inputan, bukan perkembangan dari sistem komputer itu sendiri. Jadi yang dimaksud generasi kelima adalah komputer yang anda gunakan sekarang.

6. Generasi Keenam
Generasi Keenam adalah generasi impian. Dimana didalam generasi ini diharapkan komputer telah mempunyai “otak buatan” atau sekarang disebut Artificial Intelegent (AI). Dengan dikembangkannya AI diharapkan Komputer dapat “berfikir” sendiri untuk memecahkan segala sesuatu masalah yang dihadapi oleh manusia.

Dengan mengetahui sejarah perkembangan komputer kini kita dapat mengetahui pengertian komputer dari masa kemasa, sehingga kita semakin tahu bagaimana kerja komputer dan inti tujuan dari pebuatan komputer.

Jenis Komputer Sesuai Fungsi dan Kemampuannya

Komputer saat ini dapat dibedakan menjadi 3 macam jika dilihat dari fungsi dan kemampuannya.
1. Komputer Perkantoran.
Komputer perkantoran adalah jenis komputer dengan spesifikasi sistem yang minimalis. Komputer perkantoran tidak banyak membutuhkan perangkat yang canggih karena tujuan utama dari komputer ini adalah untuk mengerjakan tugas kantor sehari-hari. Harga yang murah juga menjadi pertimbangan untuk merakit komputer ini.

2. Komputer Multimedia.
Komputer multimedia memerlukan pernagkat yang lebih canggih daripada komputer perkantoran. Pada komputer multimedia dibutuhkan komponen-komponen yang mampu menunjang kebutuhan multimedia penggunanya. Komputer jenis ini masih selalu berkembang seiring perkembangan multimedia sekarang ini. 

3. Komputer Server.
Komputer ini digunakan untuk melayani permintaan data oleh client dalam jaringan sehingga komputer jenis ini menitikberatkan kemampuannya pada kecepatan akses datanya. Komputer jenis ini biasanya memiliki spesifikasi super komputer atau dapat dikatakan super canggih, sehingga harga dari komputer ini juga paling mahal diantara yang lainya.

Featured