Home » » Membuka Tabir Rahasia Service Menu Galaxy S3

Membuka Tabir Rahasia Service Menu Galaxy S3

Apakah anda termasuk yang suka mengotak – atik smartphone anda untuk mendapatkan kemampuan terbaiknya? Mungkin anda akan terkejut ketika anda mempunyai Galaxy S3, karena didalamnya anda akan dapat menemukan rahasia sebuah service yang mampu melakukan diagnostik yang disematkan secara default oleh Samsung.

Entah apakah ini berlaku juga kepada anda, tetapi untuk saya kadang saya melihat ada dead pixel pada layar smartphone saya atau kadang vibrasi ponsel tidak bekerja seperti seharusnya. Mungkin saya tidak selalu membutuhkan fitur – fitur ponsel saya tetapi saya hanya ingin memastikan bahwa ponsel saya berada pada kondisi terbaiknya.


Galaxy S3 membuat hal tersebut sangat mudah, tetapi lucunya Samsung tidak memberitahukan kita mengenai fiturnya ini sehingga memang tidak banyak pengguna Galaxy S3 yang menggunakannya.

Mengakses Services Menu Galaxy S3

Service menu Galaxy S3 dapat diaktifkan melalui serangkaian kode yang anda masukkan dengan virtual keypad Galaxy S3. Caranya adalah jalankan PhoneApp untuk menampilkan virtual keypad anda. Inputkan angka *#0*#. Segera setelah anda menginputkan angka atau kombinasi tersebut akan muncul dilayar anda 5x3 kotak yang menunjukkan opsi – opsi yang dapat anda pilih. Dan berikut adalah penjelasan dari tiap – tiap fungsi yang dapat anda pilih.

Tes warna pada layar
Tes warna layar adalah 3 pilihan teratas. Dengan tida warna yang dites anda dapat mengetahui apakah ada kerusakan warna pada layar Galaxy S3 anda.

Tes receiver dan vibrasi
Pada tes receiver Galaxy S3 anda akan mengeluarkan suara pendek melengking dari receivernya, jika bunyi tidak terdengar berarti mungkin receiver anda sedang mengalami kerusakan
Untuk tes vibrasi, pada saat anda menekan tombol, Galaxy S3 anda akan langsung bergetar dengan ringan dan sedikit panjang.

Tes dimming (tingkat cahaya) dan Mega cam
Untuk tes dimming, akan tampak tiga warna dilayar anda, tekan salah satu warna untuk mengurangi cahayayang digunakan menjadi setengah pada warna tersebut.
Tes MegaCam berarti mengetes apakah kamera belakang anda bekerja dengan baik. Pada saat anda menekan tombol secara otomatis kamera akan menyala.

Tes sensor – sensor Galaxy S3
Tes sensor dilakukan secara otomatis oleh Galaxy S3 anda. Sensor yang dites adalah  gyroscope, barometer, proximity, light sensor dan magnetic sensor.

Tes touch screen layar
Tes touch scree dimulai saat layar anda menampilkan kotak – kotak dimana anda harus menekan tepat pada salah satu kotak yang diberi tanda.

Tes kamera depan, LED dan frekuensi LCD
Tes kamera depan menggunakan metode yang sama seperti MegaCam test. Untuk test LED saat anda menekanlayar anda akan melihat LED merah hijau dan biru menyala. Untuk test frekuensi layar anda akan diberikan beberapa pilihan untuk mengatur frekuensi layar anda.

Featured