Home » , » Tutorial Cara Menginstal OS Ubuntu

Tutorial Cara Menginstal OS Ubuntu

Cara instal Ubuntu - Anda pengguna komputer pasti sudah mengetahui kegunaan dari sebuah OS pada komputer.  OS atau operation system ini merupakan otak untuk menjalankan semua aplikasi. Dari OS ini semua hardware dapat terdeteksi dan semua software dapat berjalan dengan semestinya seperti yang telah diprogramkan. Pada awal kita mengenal komputer pasti anda telah mengenal OS yang bernama Windows. OS yang telah melegenda disebagian besar dunia ini menjadi rujukan utama dalam penggunaan OS, namun bila anda mulai merasa bosan dengan OS tersebut anda dapat mengubah OS dalam komputer anda.


Salah satu yang menjadi referensi adalah Sistem Operasi dengan berbasis Linux yang sekarang terkenal dengan nama Ubuntu. OS ini menggunakan sistem terbuka dan yang paling penting adalah os ini tidak dapat terinfeksi oleh virus dalam bentuk apapun.  Seperti halnya dengan OS windows yang memiliki variasi seperti windows xp, vista, seven Ubuntu memiliki variasi tersendiri. Namun variasi yang dihasilkan bukan dari hasil pengembangan perusahaan tapi hasil dari pemilik komputer. Ini merupakan kelebihan dari sistem open source. Untuk menginstal OS Ubuntu tidaklah sulit bahkaan bisa dikatakan OS Ubuntu merupakan OS yang paling sederhana dalam penggunaan dan dalam instalasi kedalam komputer. 

Dalam artikel kali ini akan memberikan tutorial bagi anda yang ingin menginstal OS Ubuntu kedalam komputer anda. 
  1. Pertama silakan anda mencari program ubuntu yang bisa anda dapatkan dengan mengunduh pada internet.  Silakan anda download di www.ubuntu.com/desktop/get-ubuntu/download 
  2. silakan download aplikasi Wubi. Silakan anda download di http://www.tahutek.net/2010/07/ubuntu-membuat-paket-aplikasi-ubuntu.html 
  3. Pindah kedalam CD atau flash disk sebagai media penyimpanan. Bila anda tidak mempunyai CD room menggunakan flash disk juga dapat dilakukan.
  4. Setelah anda mengunduh yang diperintahkan, jalankan Wubi
  5. Pilihlah dimana anda akan menaruh hasil instalasi tersebut.  Usahakan anda memiliki sisa penyimpanan untuk data-data ubuntu.
  6. Tunggu proses instalasi hingga selesai.
  7. Pilih reboot 
  8. Pilihlah Ubuntu sebagai OS yang akan dijalankan.
  9. Ubuntu sudah bisa anda gunakan
Pada saat instalasi kita tidak perlu menghapus OS sebelumnya, komputer anda dapat menampung beberapa OS. Gunakanlah sebagai perbandingan mana yang sekiranya sangat cocok dengan kompter anda. Demikian sedikit tutorial cara install ubuntu yang dapat kami sajikan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


Featured