Home » » Pengertian Software | Perangkat Lunak Komputer

Pengertian Software | Perangkat Lunak Komputer

Pengertian Software atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai perangkat lunak adalah sistem yang dibuat oleh manusia untuk dijalankan melalui perangkat keras. Software ditanamkan pada perangkat keras sehingga pada perangkat keras tersebut akan melakukan sistem yang dikehendaki oleh pembuat software.

Jika anda pernah memberikan instruksi kepada teman anda untuk berlari memutari taman sebanyak 6 kali, itu sudah dapat dijadikan perumpamaan software bagi orang yang akan melakukannya. Tetapi software ini dilakukan dengan bahasa pemrograman dan dikerjakan oleh mesin. Perbedaan lainnya adalah jika anda mengatakan kepada teman anda untuk berlari sebanyak 6 putaran, teman anda bisa saja untuk menolak, atau dapat pula mengalami kelelahan saat mencapai putaran ketiga sehingga ia berhenti dan tidak mau melanjutkan lagi. Tetapi tidak dengan software, hardware yang diberikan instruksi oleh software akan selalu mengikuti perintahnya dan melakukan sampai tuntas atau akan rusak ditengah jalan ketika memang perintah yang diberikan oleh software tidak dapat dilakukannya.

Software dibagi dalam beberapa tingkatan sesuai dengan kedekatannya dengan tingkat penggunaannya oleh manusia.
  1. Firmware atau driver yaitu lapisan software yang paling dekat dengan perangkat keras. Software ini berfungsi untuk menuntun software lain untuk dapat menggerakkan perangkat keras yang direpresentasikannya.
  2. Sistem Operasi adalah lapisan diatasnya, pada lapisan ini driver dan firmware dikumpulkan dan dibuatkan sebuah bank data. Pada lapisan ini pula software ditingkat lebih tinggi dapat dijalankan, sehingga software tingkat tinggi tersebut dapat mengambil data mengenai perangkat keras pada sistem oerasi yang mengelolanya.
  3. Aplikasi, atau dalam bahasa awam disebut software, yaitu sebuah program yang dibuat manusia untuk membantu mengerjakan satu pekerjaan. Aplikasi adalah program dengan tingkatan paling tinggi, karena memang aplikasi dibuat khusus untuk satu tujuan saja. Sehingga satu aplikasi dapat berbeda dengan aplikasi lain.

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah seperangkat bahasa atau alat komunikasi yang digunakan oleh manusia untuk membuat sebuah program. Sebuah program dibuat menggunakan serangkaian instruksi yang disusun sedemikian rupa sehingga pada saat dibaca atau dieksekusi oleh perangkat keras, perangkat keras tersebut akan melakukan apa yang dikehendaki oleh pembuat perintahnya.

Bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga tingkatan, tingkatan ini dibuat berdasarkan seberapa dekat bahasa yang dipakai dengan bahasa manusia. Semakin rendah tingkatan sebuah bahasa pemrograman maka bahasa atau instruksi yang dipakai akan semakin tidak mengunakan bahasa yang digunakan manusia sehari – hari, sebaliknya semakin tinggi bahasa pemrograman maka akan instruksi yang digunakan akan semakin mirip dengan bahasa kita sehari hari. Dan bahasa Pemrograman tersebut adalah :
  1. Bahasa Pemrograman tingkat rendah. Bahasa pemrograman ini ditemukan saat komputer mengalami fase generasi kedua. Pada tingkat bahasa ini manusia masih harus semakin menjadi mesin, sehingga dibutuhkan seseorang yang memang ahli dalam melogika sebuah permasalahan untuk diterjemahkan kepada mesin menggunakan bahasa pemrograman ini. bahasa secara fisiknya juga tidak menggunakan kata – kata yang biasa kita pakai sehari –hari seperti contohnya MOV, Sub, JGE, dan lain – lain. Bahasa pemrograman ini digunakan oleh program Assembler/Assembly.
  2. Bahasa pemrograman tingkat menengah. Pada fase ini telah ditemukan sebuah aplikasi untuk menterjemahkan bahasa tingkat rendah sehingga lebih dapat dimengerti oleh manusia, begitu pula logika dari perintahnya telah ammpu diterjemahkan sendiri oleh mesin melalui aplikasi ini. Contoh bahasa yang dipakai adalah int, return, start, dan aplikasi yang menggunakannya adalah C++, COBOL, Fortran, dan sebagainya.
  3. Bahasa pemrograman tingkat tinggi. Pada tingkatan ini manusia dapat lebih mengenali perintahnya karena pada tingkatan ini adalah terjemahan dari tingkat menengah sehingga kata – kata yang dipakaipun lebih mirip bahasa yang digunakan sehari – hari. Pada bahasa pemrograman tingkat ini telah diberikan juga User Interface (UI) sehingga semakin mudah untuk manusia membuat sebuah program melalui aplikasi dengan tingkat bahasa pemrograman tingkat tinggi. Contoh aplikasi yang menggunaka bahasa ini adalah Visual Basic, Java, Delphi, dan lain – lain.

Selain ketiga bahasa tersebut sebenarnya masih ada bahasa mesin, yaitu bahasa mesin murni yang digunakan oleh mesin untuk berkomunikasi. Bahasa ini hanya dimengerti mereka yang memang telah belajar mengenai bahasa mesin dari dasar. Contoh bahasa mesin ini adalah 0011001010010. Dari bilangan tersebut lah sebenarnya sebuah mesin baru mengerti dan menjalankan instruksinya.

Jenis-Jenis Software

Software menurut jenis penggunaannya dibagi menjadi beberapa golongan, yaitu:
Software Aplikasi
Software Aplikasi berarti sebuah software yang dapat kita aplikasikan untuk mengerjakan sesuatu. Software aplikasi dibuat dengan satu tujuan khusus sehingga software jenis ini memiliki banyak sekali ragam dengan tujuan yang berbeda – beda.

Software Sistem Operasi
Software Sistem operasi adalah software yang berfungsi mengatur sistem perangkat keras yang ada dalam komputer. Pada Software sistem operasi inilah Software aplikasi diterjemahkan kepada software tingakt  lebih rendah untuk menggerakkan sebuah perangkat keras.

Software Pengembangan Perangkat Lunak
Software ini adalah software yang digunakan untuk membuat software baru. Pada software ini dapat kita temukan bahasa pemrograman dan compiler untuk membuat sebuah Software baru.

Software Pengendali Perangkat Keras
Software ini adalah sebagai penuntun software lain untuk berkomunikasi dengan perangkat keras, pada tingkatan ini biasanya Software ini dibuat oleh pembuat perangkat keras itu sendiri karena mereka lah yang mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dangan perangkat keras buatan mereka.

Software Menetap
Software ini adalah Software yang telah dibenamkan kepada suatu alat sehingga alat tersebut mampu mengerjakan satu pekerjaan. Software ini biasanya memakai instruksi yang sederhana karena memang tugas yang dilakukan hanya tugas sederhana, seperti contohnya Software untuk membaca lagu di MP3 player.

Software Perusak
Software ini biasanya dibuat oleh programmer yang telah handal dan memiliki niat untuk merusak komputer melalui program yang dibuatnya. Motif programmmer tersebut bukan hanya karena iseng atau melakukannya karena suka tetapi karen ada motif bisnis didalamnya. Dengan mengirimkan Software perusak sehingga ia dapat menjual software lain yang dapat menghentikan kerusakan dari Software yang ia buat sendiri.

Featured

Blog Archive