Home » » Cara Memperbesar Ram Android Dengan SD Card

Cara Memperbesar Ram Android Dengan SD Card

Enaknya pakai android itu kita bisa melakukan banyak hal dari aplikasi yang gratis banyak sekali, lalu juga bisa dengan membuat aplikasi sendiri bahkan. Bisa juga dapatkan aplikasi dengan menggunakan apk sendiri tanpa harus melalui playstorenya google. Salah satu kebisaan lainnya yang juga sangat dahsyat adalah bisa dilakukannya root sehingga banyak sekali yang bisa diubah, yaitu sampai hardwarenya pun dapat kita edit, maksudnya edit di sini ialah kita bisa melakukan manipulasi atau rekayasa sehingga kemampuannya maksimal atau bisa ditambah melalui kemampuan normalnya.

Yang akan kita bahas kali ini adalah ram, ram berbeda dengan rom, letak perbedaannya ialah kalau rom itu memori untuk menyimpan file, rom bisa saja kita anggap sebagai rak atau lemari, nah data-data atau file ialah buku sebagai pengisi lemari tersebut. Rom yang penuh dapat memperlambat proses karena kita harus scan dulu slot lemari itu mana yang kosong, kira-kira penjelasannya bila dianalogikan sebagai lemari itu rom seperti itu. Beda halnya dengan ram, ram singkatan dari random akses memori. Random access memory ini adalah kemampuan untuk mengerjakan berbagai hal dalam satu waktu. Ram yang besar dapat sangat mempercepat android kita, enaknya kini kita bisa mengakali menambah ram dengan menggunakan sd card. Dengan ram yang lebih besar karena sudah kita perbesar ini maka dapat menghilangkan masalah sering hang, android yang lambat menjadi cepat, android yang sering error atau crash, dan membuat yang tidak bisa main game berat dan besar menjadi bisa dengan cepat dan lancar tidak freeze atau patah-patah saat bermain.

Langkah untuk mempercepat android dengan sd card tidak bisa langsung saja dilakukan, langkah pertama adalah dengan melakukan root terhadap smartphone android kita, tidak semua smartphone dapat melakukan ini sehingga memang nanti ini tidak dapat digunakan di semuar smartphone, lalu dengan root juga tidak semua pemilik smartphone mau melakukan hal tersebut. Melakukan root ada resiko, yang pertama harus dilalui adalah kemungkinan tidak berhasilnya root sehingga nanti smartphonenya tidak dapat digunakan, sehingga nanti akan menjadi sia-sia jadi pikirkan terlebih dahulu secara matang untuk hal ini. Kalau yang sudah terbiasa melakukan root atau smartphoneya sudah di root dapat melangkah ke cara selanjutnya.

Mempersiapkan sd card, nah soal sd card ini harus ada. Dalam memilih sd card, mungkin ada yang baru tahu, tidak semua sd card cocok di smartphone. Ada yang smartphone android yang tidak memperbolehkan adanya sd card. Lalu juga misalnya yang ada slot sd card, dia tidak dapat melakukan akses terhadap sd card. Sd card itu ada banyak macamnya, misalnya micro sd card ultra, masih banyak smartphone yang belum dapat menggunakan sd card tipe seperti itu. Karena teknologinya masih baru, jadi pastikan dulu sd card yang anda beli dapat mengakses sd cardnya. Beli juga sd card yang ukurannya besar, karena nanti selain digunakan untuk menyimpan data juga digunakan untuk sebagai ram, jadi yang digunakan sebagai ram tidak bsia digunakan untuk menyimpan data.

Langkah pertama adalah masukan sd card ke dalam smartphonenya, lalu lakukan root terhadap smartphone androidnya. Lakukan root tergantung tipe android masing masing dan smartphone masing-masing. Bila root telah berhasil silahkan install dulu rom yang sesuai dengan tipe hp android anda. Android yang ingin digunakan itu silahkan dilakukan dulu partisi, untuk melakukan partisi terhadap sd card ada aplikasinya di playstore silahkan dicari. Saya sarankan minimal 1 gb untuk partisi sebagai ram, jangan terlalu besar juga karena akan terlalu lama dan kemungkinan error cukup besar.

Bila sudah dipartisi, silahkan cari aplikasi di playstore yang untuk membuat sd card menjadi ram, namanya saya lupa tapi bisa karena saya sudah mencobanya sendiri. Kecepatan di samsung galaxy spica saya jadi lebih cepat dari biasanya sebelum ram nya ditambah dengan menggunakan sd card. Ram yang asalnya hanya 128 mb sekarang jadi 1 giga lebih. Saya agak kesulitan awalnya tapi karena sungguh-sungguh ingin akhirnya bisa juga. Ram sekarang jadi lebih sering lega dan dapat mengerjakan aplikasi lebih banyak, untuk lebih cepat lagi juga saya sarankan untuk membuat prosesor bekerja di level tinggi dengan aplikasi untuk menset clock dari prosesor kita. Semoga cara untuk memperbesar atau menambah ram android dengan menggunakan sd card ini dapat membuat android anda tambah cepat. Dapat dilakukan di smartphone atau tablet android samsung, mito, advan, sony, imo, htc, lg, nexian dan hape lokal lain.

Featured