Home » , » Cara Merawat LCD Laptop Supaya Awet

Cara Merawat LCD Laptop Supaya Awet

Cara Merawat LCD Laptop - Dalam sebuat perangkat Laptop terdapat beberapa buah komponen, salah satunya adalah Liquid Crystal Display ( LCD ). LCD pada Laptop merupakan satu komponen yang cukup mahal harganya, apabila terjadi kerusakan dan mengakibatkan penggantian pada satu komponen tersebut. Rusaknya LCD Laptop ini memang dapat disebabkan oleh banyak faktor, bisa dikarenakan faktor bawaan pada saat pembelian, ataupun faktor manusia penggunanya. 


Hal tersebut merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna laptop. Masalah lain adalah seperti LCD bergaris, tampilan bergetar, warna kurang tajam dan missing color. Beberapa masalah tersebut sebagian besar disebabkan oleh LCD yang masih menggunakan inventer atau neon sebagai backlightnya dan beberapa masalah kerusakan tersebut susah ditangani kecuali dengan cara menggantinya.

Penyebab Rusaknya LCD Laptop

Tunggu sebentar, sebelum kita langsung ke cara merawat LCD laptop ada beberapa pengalaman mengatakan, kerusakan LCD Laptop disebabkan oleh VGA moduleya kuarang baik secara kualitas. VGA module tersusun dari beberpaka komponen, seperti VGA chipset, kabel flexible, konektor flexible ke LCD, konektor flexible ke mainboard dan inverter. Ini merupakan beberapa jenis kerusakan LCD laptop karena bawaan dari pabrikannya.

Adapun faktor penyebab lain rusaknya LCD pada laptop adalah karena penggunaan dan cara merawat LCD laptop yang kurang benar. Laptop tidak boleh disamakan dengan PC desktop yang lebih kuat dan tahan apabila kita menyalakan seharian penuh. Semakin lama Laptop dinyalakan akan berakibat pada panas ayang berlebihan dalam komponen komponen laptop tersebut. Meski sudah didukung dengan faktor pendingin pada upaya perawatan laptop tersebut.

Berikut beberapa tips merawat LCD Laptop :

  • Pertama bersihkan LCD Laptop anda secara berkala dengan menggunakan cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan LCD Laptop anda.
  • Jangan menggunakan Laptop anda lebih dari 3 jam berturut turut, matikan kira – kira 10 menit kemudian nyalakan kembali.
  • Untuk kebutuhan penggunaan yang lama gunakan coolingpad pada Laptop anda.
  • Gunakan contras dan brightness sedang pada LCD anda.
  • Atur LCD time off ketika Laptop tidak digunakan dimenu power option windows.
  • Dan yang terakhir membuka menutup panda LCD Laptop anda dengan benar dengan memegang kadua sisi kanan dan kiri, bukan dari atasnya. Karena bagian atas blok rentan rusak.
Berikut diatas merupakan sedikit ulasan mengenai tips merawat LCD pada laptop, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang memiliki laptop.

Featured