Home » » Tutorial Membuat Launcher Pada Ubuntu

Tutorial Membuat Launcher Pada Ubuntu

Launcher Pada Ubuntu - Ubuntu OS berbasis linux ini semakin menjadi pilihan para pengguna komputer. Disamping digunakan orang yang sudah professional namun banyak juga orang yang ingin  coba untuk menggunakan Ubuntu. Dalam proses instalasi Ubuntu biasanya dengan membaca tutorial sedikit saja akan dapat mengistalasi. Biasanya kendala yang akan diterima bagi pengguna ubuntu adalah pada saat pertama kali menggunakan, bahkan pada saat tampilan desktop tampak jauh berbeda dengan OS windows yang sebelumnya digunakan. Banyak tombol yang belum terbiasa dengan beberapa penggunaan kata kata yang sangat asing dimata kita. Menjadi bingung ketika kita akan membuat launcher pada ubuntu dari  salah satu program untuk menunjang kerja kita.


Para pengguna Ubuntu harus senantiasa untuk mengenali istilah kata-kata dalam bahasa pemograman di ubuntu. Kata launcher mungkin terdengar asing, namun sebenarnya merupakan shortcut dalam bahasa Microsoft windows. Mungkin pada saat anda menggunkan OS windows anda dapat membuat launcher dengan klik kanan pilih create shortcut dan tinggal pilih directory program yang ingin anda tuju. Namun akan terasa berbeda bila anda menggunkan ubuntu, itu membuat  shortcut memiliki cara yang tersendiri dan cara yang berbeda dari windows.  Sebenarnya Ubuntu pada dasarnya memiliki kemudahan dan kesamaan dalam membuat launcer pada ubuntu. Sebelum menggunakna aplikasi unity, dalam membuat launcher tidak harus berbelit bahkan cukup mudah seperti anda membuat new shortcut pada OS windows. Namun untuk saat ini ubuntu mengambil langkah inovasatif dengan merubah dan menggunakan aplikasi unity.

Untuk itu ada beberapa trik untuk mengatasi kebingungan yang akan dirasakan oleh pengguna os ubuntu. Simak beberapa langkah kecil dalam membuat launcher Ubuntu.
  • Untuk membuat aplikasi launcher pada desktop anda, silaka untuk menginstal gnome panel. Karena peranan gnome panel sudah tergantikan  oleh unity panel. Berikut perintah sederhana: sudo apt->get install->no install -> recommends -> gnome panel
  • Setelah perintah diatas telah selesai lanjutkan perintah berikut ini : gnmae->desktop->item->edit->desktop->create new
  • Setelah anda mengetik yang diminta pada no 2 akan muncul kotak dialog
  • Silakan anda isikan apa yang akan anda buat. Mulai dari nama, icon anda dapat memasangnya.
  • Setelah selesai silakan tekan ok. Launcher telah terpampang di desktop ubuntu.
Demikian sedikit tips membuat launcher pada Ubuntu semoga dapat bermanfaat bagi kita semua pecinta teknologi.

Featured